5 Tips mengatasi Kecanduan Gadget di kehidupan sehari-hari

Oleh : Benul Keras


Kecanduan Gadget

Bro !! paraaaah batt hp low nih, harus nyari tempat ngecharge plis!

Kalimat tadi sepertinya sudah tidak asing lagi ya, yak ” Millenial ” di jaman ini hampir keseluruhan orang menggunakan yang namanya smartphone! Tapi balik lagi apakah Bro sudah masuk di tahap kecanduan ? Pengaruh gadget memang banyak manfaatnya, namun dibalik itu juga perangkat gadget ini juga bisa mempengaruhi kesehatan juga bro! ada beberapa tips dari Bro-in.com untuk mengurangi ketergantungan atau kecandua gadget yang bisa memperngaruhi kualitas gaya hidup bro semua! simak yuk

1. TERTIB BRO!
ketika bro lagi mengerjakan sebuah pekerjaan kuliah, kantor atau pekerjaan rumah sekalipun, sebaiknya sih jaga jarak dulu bro sama gadget, letakan di tempat yang cukup susah terjangkau, dan matikan notifikasi pada aplikasi yang tidak bersifat urgent ( telefon masuk) . Tertib juga sama saja dengan ber-etika menggunakan smartphone, jangan gunakan smartphone ketika berkendara, pada saat meeting di kantor, dengan itu bro akan lebih fokus, cepat dan tidak terganggu. apabila bekerja dengan laptop, hindari buka situs sosial media atau situs yang tidak berhubung dengan pekerjaan bro! ada juga sih yang bilang Notifikasi itu seperti mantan bro, klo ngga diliat sayang, diliat jadi nagih.

2. BROLAHRAGA
Lagi waktu luang ? daripada main gadget, mendingan brolahraga aja, penuhi waktu senggang dengan kegiatan yang sehat, ngegym , jogging di sekitar kompleks,bersepeda atau bersih-bersih rumah! kegiatan ini ampuh banget mengusir rasa bosan ketika lagi matgay (mati gaya) tapi inget olahraga dan bersih-bersih rumah ngga usah sambil main gadget selfie atau snapchat, bahaya bro bisa jatuh, keserempet bahkan klo sambil ngepel bisa kena hiasan meja ! kalau untuk sekedar mendengarkan lagi melalui MP3 sudah pasti boleh, malahan menambah semangat!

3. PUNYA HOBI
Dulu waktu kita kecil suka tuh nulis, HOBI : berenang, nulis, menggambar, menyanyi dan lain-lainnya, mulai sekarang coba search komunitas hobi atau hal-hal baru yang bisa menjadi kesukaan baru dan positif, karena biasanya ketika kita mempelajari sesuatu yang baru kita pasti akan kreatif banget, apalagi pacar baru #eaaa

4. Uninstall Aplikasi Candu
Coba bro periksa kembali aplikasi apa aja sih yang paling bikin bro ngga mau lepas gadget? nah klo udah ketemu unsinstall aja, biasanya game bertipe endless akan lebih membuat kita candu dan tidak mau lepas gadget, coba uninstall ini dan kalau itu sosial media , selalu log-out ketika selesai melihat, ini akan mengurangi keinginan selalu melihat karena harus log-in kembali dan juga tetap menjaga privacy di jaihili teman!

5. Banyakin Hangout !
Jaman sekarang itu banyak banget yang bilang “teknologi mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat” nah sebaiknya mulai lah bikin meet-up yang lebih memberikan aktifitas kebersamaan, seperti nonton bioskop bareng, nonton konser, mungkin ngobrol sambil nyeruput kopi atau brolahraga bareng pasti bikin lebih seru kan atau perbanyak waktu dengan pacar tanpa gadget, manja-manjaan, cium-ciuman asal jangan lupa bro, sama aja kaya ngechrage smartphone klo udah penuh ya dicabut!

Nah, setelah baca tips diatas, hendaknya bro mulai puasa gadget, dan lebih luangkan waktu dengan dunia nyata. Gadget memang menjadi sebuah media yang mempermudah kita bro, tapi kita juga harus menikmati hidup di dunia nyata, bersentuhan, canda tawa lebih asik daripada sekedar emoticon, pujian keren lebih terasa daripada sekedar LIKE di jejaring sosial dan love itu lebih asik dirasain dan diraba bro ketimbang gambar hati merah jambu !
Selamat menempuh hidup bro! eh menikmati hidup nyata bro!

Tinggalkan komentar Bro