Persiapan Wisata Ke Gunung Bromo

Oleh : Bun Gaul


Pernah terbayang menikmati matahari terbit pada ketinggian 2,000 meter diatas permukaan laut Bro? Persiapkan hal berikut ini agar Bro-liday wisata ke Gunung Bromo jadi lebih berkesan

Semeru, Bromo Batok dan Tengger adalah pusat wisata yang di Jawa TImur yang mendunia. Lokasi gunung berapi yang masih aktif ini adalah sisa peninggalan dari letusan gunung purba  yang bagi umat Hindu suku Tengger masih dianggap sebagai tempat sakral dan disucikan dengan perayaan ritual setahun sekali di Pura di kaki kawah Gunung Bromo.

Berikut adalah beberapa hal menarik yang Bro kumpulkan agar liburan Bro jadi lebih menarik sebelum merencanakan perjalanan untuk wisata ke Gunung Bromo.

  1. Matahari Terbit sangat memukau di Gunung Bromo
    Kalau Bro pikir matahari terbit dimana-mana saja sama, coba buktikan rasakan matahari terbit dari kawasan Gunung Bromo. Saat Matahari mulai terlihat dari ufuk timur, gumpalan awan dan kegelapan yang menyelimuti dengan suhu 0 sampai 15 derajad celcius perlahan akan diterangi dengan bola sempurna berwarna putih yang perlahan menjadi kuning kemerahan. Seketika lokasi kawah dan rentetan gunung akan pelan-pelan menampakkan dirinya bersamaan dengan sang surya. Menakjubkan. Momen tak terlupakan ini dapat Bro nikmati dari area Pananjakan. Jadi, pastikan Bro bawa kamera atau setidaknya kosongkan memori handphone agar puas mengabadikan foto dan video. Eit, kalo punya uang lebih sekalian aja sewa fotografer, Bro! Nggak nyesel lho!
  2. Tiga akses utama ke Gunung Bromo
    Apabila Bro mau berkendara sampai ke puncak, hanya ada 3 jalan utama menuju tempat wisata ini. Jalur dari kota Malang, Probolinggo dan Pasuruan. Untuk bro yang berjiwa petualang bisa melalui jalur kota Malang. Jalur ini adalah yang terpanjang, yang dilalui pun lumayan terjal dan berat, sangat disarankan untuk menyewa atau ikut kendaraan roda empat khusus yang sudah disediakan di area pintu masuk. Pastikan membawa uang yang cukup untuk menyewa kendaraan disini. Apabila ingin membawa kendaraan jenis jip atau 4×4 sendiri, sangat tidak disarankan karena akses menuju Bromo melarang mobil umum melintas. Kecuali kalo ingin mendaki ya, tapi pastikan melapor dan berhati-hati.
  3. Lautan Pasir
    Area Bromo Semeru Tengger terletak ditengah-tengah hamparan lautan pasir yang sangat luasdengan pemandangan yang luar biasa. Dataran lautan pasir ini menempati area 4 kabupaten, tepatnya 5,920 hektar. Pastikan Bro membawa perlengkapan yang penting seperti kacamata dan masker pernapasan agar dapat menikmati mengarungi lautan pasir baik berkendara maupun trekking.
  4. Pura di kaki kawah Bromo
    Suku Tengger yang menurut legenda dahulu di pulau Jawa di perintah oleh Raja Brawijaya dari Majapahit yang mempunyai anak perempuan bernama Rara Anteng yang menikah dengan Joko Seger, keturunan Brahmana. Ketika terjadi pergolakan di pulau Jawa, sebagian masyarakat yang setia pada agama Hindu melarikan diri ke pulau Bali. Sebagian lainnya menarik diri dari dunia keramaian dan bermukim di sebuah dataran tinggi di kaki Gunung Bromo, dipimpin oleh Roro Anteng dan Joko Seger, jadilah mereka suku Tengger, kependekan dari Anteng dan Seger. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo dan dilanjutkan ke puncak Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan kesepuluh menurut tanggalan Jawa. Jadi pastikan Bro menjadwalkan wisata Gunung Bromo sesuai dengan perayaan atau event tertentu. Di Bromo selalu ada event seperti Jazz Gunung setiap bulan Agustus atau Bromo Marathon.
  5. Perlengkapan
    Baju ganti, jaket, jas hujan kecil, kupluk, sarung, dan ransum adalah perbekalan yang penting untuk dibawa. Hawa di Bromo sangat dingin, jadi jangan diremehkan.
  6. Nikmati keindahan alam asli
    Sesekali kadang Bro perlu offline atau lepas dari koneksi internet, abadikan dengan foto momen-momen menakjubkan diatas sana. Ingat percuma main pokemon go disana bro, tidak ada monster rare disana seperti yang digossipkan

Jadi persiapkan untuk wisata Gunung Bromo sebaik mungkin ya agar liburan atau broliday-mu seru dan tidak terlupakan!

Tinggalkan komentar Bro