5 Strategi Memulai Bisnis Online Modal Kecil

Oleh : developer


Bisnis online modal kecil sering kali ditanyakan oleh kita-kita yang ingin memulai usaha, Bro. Sebelum ingin memulai usaha dari internet ini, lebih baik simak tulisan ini yuk

Pernah terpikir mengapa Bro sering sekali berjumpa teman yang berkecimpung di bisnis online? Baik yang kecil-kecilan sampai ke yang serius bisnis online secara full time? Seiring semaraknya kemudahan berselancar di dunia maya, antusiasme dunia online pun juga semakin ramai. Yang dahulunya sepertinya terlihat sulit dan tidak pernah terpikirkan, sekarang mengakses world wide web mudah sekali, bahkan dengan genggaman tangan sendiri.

Bisnis Online Modal Kecil

 

Bisnis online sering disebut juga model bisnis modal kecil. Bukan berarti bukan bisnis yang baik dan menguntungkan, hanya saja memang banyak jenis bisnis online yang dapat dimulai dengan modal sedikit. Bahkan untuk beberapa jenis bisnis online terkadang tidak memerlukan modal sama sekali. Kali ini kami akan berikan sedikit gambaran untuk bro bagaimana memulai atau mengenali bisnis di era modern.

Beberapa strategi sebelum memulai bisnis online

1 Pelajari jenis barang/jasa yang akan Bro tawarkan

Bisa jadi yang menurut bro sebuah barang atau jasa ini sepertinya belum pernah ada yang memulai atau akan tinggi minatnya dipasaran, terkadang kita harus riset dahulu apakah jasa sejenis atau barang sejenis sudah banyak beredar di pasaran. Riset yang tepat dapat mempersiapkan diri untuk membuat strategi pemasaran dan harga/tarif yang kira-kira akan masuk ke segmen yang bro cari.

 

2 Maksimalkan modal yang Bro punya, walaupun itu adalah modal kecil

Terkadang banyak faktor yang membuat Bro merasa susah mau melangkah menjalankan bisnis sendiri. Faktor yang paling tinggi biasanya terbentur dengan modal. Bagi yang tidak memiliki modal banyak harus lebih memutar otak untuk bisa mensiasatinya. Banyak model bisnis dengan modal kecil dimulai dengan cara drop-shipping, dimana untuk berjualan seseorang tidak harus memegang barang/jasanya tapi dengan jara menjadi re-seller untuk distributor / importir atau penyedia layanan jasa tersebut. Walaupun ada konsiderasi profit tidak terlalu besar tapi kalau lancar Bro, pasti menghasilkan dan bisa menabung untuk memiliki modal sendiri kelak.

 

3 Pilih situs tempat memulai bisnis online secara bijak

Saat ini situs e-commerce yang tersedia di Indonesia sudah sangat banyak, juga bervariasi segmen dan prosedur berniaganya. Lakukan riset dengan bijak dimana situs yang bro nyaman dan cocok dengan tipe produk/jasa yang Bro tawarkan, dari yang berupa forum online seperti kaskus atau forum detik sampai ke user to user e-commerce platform seperti Tokopedia, Buka lapak, OLX dan banyak lagi. Ada baiknya Bro bergabung dan mencoba berbelanja dan bertransaksi agar dapat mempelajari mekanisme transaksi di masing-masing situs tersebut. Bahkan sosial media seperti Instagram atau Line@ bisa menjadi tempat untuk memulai bisnis.

 

4 Persiapkan mekanisme untuk melayani konsumen

Hal yang menyita waktu dalam bisnis online ada 3 hal. Pertama mempersiapkan barang/jasa yang akan dijual, karena Bro harus mempunyai foto yang baik, menulis deskripsi yang tepat, menyiapkan waktu untuk mengunggah nya ke dunia maya. Kedua adalah melayani konsumen secara langsung, baik via chat messenger atau social media. Hal ini pun banyak diakui sebagai bagian dari bisnis online yang paling menyita waktu dan konsentrasi. Ketiga adalah persiapan pengiriman, packaging yang teliti dalam mempersiapkan pesanan konsumen pun adalah sebuah proses yang krusial dalam bisnis online. Juga teliti dalam memilih jasa pengiriman barang, yang sesuai dengan biaya dan kebutuhan.

 

5 Selalu perhatikan tren bisnis online

Walaupun bro bisnis online dengan modal kecil, bukan berarti bro tidak memikirkan ekspansi untuk melebarkan sayap agar bisnis online bro semakin berkembang. Ada baiknya secara berkala membuat riset secara online, jenis-jenis bisnis onlie terbaru, cara bertransaksi yang lebih cepat dan efisien, serta cara mendapatkan exposure ke segmen yang bro cari dapat lebih tepat dan mengenai sasaran.

 

Jadi gimana Bro? Siap untuk memulai usaha sendiri? Tidak ada salahnya memulai bisnis online lho, karena dengan modal yang tidak banyak pun dapat memulai bisnis. Tapi ingat, salah satu kunci kesuksesan dalam berwirausaha adalah keuletan dan kesabaran. Semoga sukses!

Tinggalkan komentar Bro