11 Tips Kredit Rumah Mudah

Oleh : Bun Gaul


Tips kredit rumah yang paling utama adalah komitmen dan kesabaran. Untuk memiliki rumah, sangat berbeda prosesnya dengan membeli barang yang lain

tips-kredit-rumah

Memiliki rumah baru bukan lagi impian yang tidak akan tercapai, Bro bisa mendapatkan rumah baru dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan kredit rumah. Untuk melakukan kredit Bro bisa menggunakan bank bank yang menawarkan kredit rumah atau dikenal dengan nama KPR. Ada 11 tips kredit rumah yang bisa Bro lakukan dengan cukup mudah, dengan menggunakan tips tersebut maka Bro akan bisa melakukan kredit dengan aman dan nyaman serta mudah. Untuk mendapatkan harga yang tepat dan sesuai dengan Bro, Bro bisa membandingkan antara bank satu dengan bank lainnya.

Dengan menggunakan kredit di bank maka Bro akan mendapatkan rumah baru impian Bro selama ini, untuk harga yang murah serta mendapatkan kenyamanan dan keamanan yang tepat maka Bro bisa melakukan 11 tipe kredit rumah berikut ini :

  • Ketika Bro memilih bank, pastikan bank yang Bro pilih memiliki kredibilitas bank yang baik, hal ini bisa dilihat banyaknya developer yang bekerja sama dengan bank tersebut. Bro juga bisa melakukan kredit di bank yang mana Bro menjadi nasabahnya, karena Bro akan mendapatkan potongan jika Bro kredit di tempat Bro menjadi nasabah.
  • Skim kredit juga bisa menjadi pilihan yang tepat, pilihlah bank yang memiliki skim kredit, sehingga akan sangat membantu Bro
  • Patikan besaran margin, karena biasanya margin pinjanaman yang rendah hanya sesaat saja, hanya untuk promosi semata, sehingga ketika tahun berganti maka besaran margin akan melonjak tinggi, jika hal ini terjadi maka akan membuat Bro bangkrut dan rugi.
  • Pilihlah plafond pinjaman yang cukup besar, sehingga akan sesuai harga rumah yang Bro inginkan.
  • Pilihlah jangka waktu kredit rumah yang sesuai, namun disarankan untuk memilih yang terpendek, jika jangka waktu terlalu panjang memang cicilan akan semakin kecil, namun bunga akan semakin besar sehingga Bro akan rugi.
  • Pastikan Bro memiliki dana dan mempersiapkan dana lain untuk proses awal KPR, biasanya biaya tersebut meliputi biaya survey, biaya provisi, dan biaya lainnya yang diperlukan
  • Selanjutnya Bro harus sesuaikan dengan nilai cicilan yang Bro mampu, biasanya bank akan memperlihatkan tabel biaya yang bisa Bro bayarkan, disana ada beberapa pilihan, dan pilihlah yang sesuai dengan kemampuan Bro.
  • Sebelum Bro kredit cobalah untuk konsultasi dahulu, apalagi bagi Bro yang mampu melunasi sebelum jatuh tempo, apakah ada biaya penalty atau tidak, kalau ada bank yang tidak ada biaya penalty maka lebih baik Bro memilih bank tersebut
  • Selanjutnya adalah masalah sertifikat rumah, silahkan diskusikan dengan bank sebelumnya, apakah diambil setelah kredit lunas atau bagaimana.
  • Pastikan Bro juga melengkapi semua dokumen lengkap ketika Bro telah memilih bank yang tepat
  • Pastikan Bro tidak melakukan kredit dengan memilih rumah yang harganya terlalu mahal untuk gaji Bro.

Selain 11 tips kredit rumah diatas, Bro juga harus mengetahui tips-tips agar pengajuan KPR Bro mudah untuk disetujui oleh Bank, walaupun Bro memilih bank yang sesuai, namun bank juga akan menyeleksi Bro.

Ada beberapa tips yang bisa Bro coba agar Bro lolos pengajuan tanpa halangan apapaun, berikut hal hal yang harus Bro lakukan :

  • Pastikan Bro melengkapi semua syarat dokumen dari bank tersebut, dengan berkas lengkap maka bank akan melihat besarnya keseriusan Bro dalam melakukan KPR.
  • Jika Bro memiliki riwayat transaksi tabungan yang stabil dan besar maka bisa menjadi point plus untuk mengajukan KPR, dengan riwayat keuangan yang baik pastinya bank tidak perlu berfikir ulang untuk pengajuan KPR Bro.
  • Selanjutnya jika Bro sudah menikah dan istri ataupun suami Bro sama sama bekerja maka Bro bisa join agar Bro bisa mendapatkan rumah yang lebih bagus dan lebih mahal.
  • Pilihlah rumah yang sesuai dengan gaji Bro, agar Bro tidak merasa terbebabi dengan besaran kredit yang akan dibayarkan.
  • Pastikan selama Bro melakukan kredit, jangan sampai Bro memiliki dan mengalami riwayat buruk dalam hal kredit.

Memiliki rumah baru dan sesuai impian pastinya sangat membahagiakan, namun hal ini tidak semua orang bisa melakukan, diantara banyaknya solusi Bro bisa mengajukan KPR atau kredit rumah, namun KPR biasanya juga diharuskan untuk membayar uang muka atau dikenal dengan nama DP. Tidak perlu khawatir, selain mengetahui 11 cara kredit rumah, Bro juga perlu mengetahui cara kredit tanpa DP, ada beberapa cara untuk Bro agar Bro tidak perlu membayar DP, antara lain pilihlah rumah yang akan Bro beli yang tidak memerlukan DP, biasanya adalah rumah bekas, kerjasama dengan pemilik rumah juga perlu, cobalah untuk bertemu dengan pemilik rumah dan menawar harga tanpa DP, sehingga Bro bisa langsung melakukan kredit, dan cara lainnya adalah dengan mengajukan KPR tidak hanya pada satu Bank saja, ajukan KPR kepada bank bank yang menurut Bro tidak ada DP.

Dengan mengetahui 11 cara kredit rumah diatas, maka Bro bisa melakukan kredit dengan lancar tanpa adanya hambatan. Namun bagi Bro yang tidak ingin terjerat kredit maka bisa membeli rumah dengan cara menabung, kurangilah konsumsi bulanan Bro, dan pastikan Bro disiplin dalam menabung, meminjam kepada keluarga juga bisa menjadi pilihan terbaik dibanding kredit, dan cara termudahnya lagi adalah jual rumah Bro yang sekarang dan dapatkan rumah baru yang Bro inginkan.

 

 

Tinggalkan komentar Bro