Cara Mengatur Gaji Untuk 30 Hari Buat Cowok Sejati

Oleh : Bun Gaul


Cara mengatur gaji untuk 30 hari adalah skill utama yang wajib dikuasain oleh para pria, Bro. Kalo nggak pinter dalam mengatur keuangan sendiri, bagaimana mau dipercaya sama para kaum hawa dalam mengatur keuangan keluarga? Berikut ini 12 cara mengatur gaji untuk 30 hari

Cara mengatur gaji untuk 30 hari

Ketika kita sudah bekerja dan menghasilkan uang  merupakan kebahagiaan tersendiri, kadang setelah ketika terima uang gaji maka segala bentuk keinginan akan terbayang diotak kita, seperti pergi shopping, pergi jalan jalan hingga makan makanan enak, dan tanpa terasa uang gajipun akan habis tanpa disadari. Berikut ini merupakan 10 cara mengatur gaji dengan benar dan bijak, sehingga uang yang Bro hasilkan selama satu bulan masih ada.

Memiliki gaji sendiri merupakan kesenangan yang luar biasa, Bro! Tanpa perlu takut di marahi oleh orang tua atau lainnya. Namun jika tidak diatur dengan bijak maka uang yang selama ini Bro cari akan hilang sia-sia. Biasanya para pria dikenal sebagai kaum yang cukup teledor, teruatama masalah uang. Nggak sedikit bro yang memiliki kesulitan dalam mengatur gaji untuk 30 hari biar saat kenal yang namanya tanggal tua.

Berikut 10 cara mengatur gaji untuk 30 hari bijak untuk para Bro

  • Menyiapkan dompet akordeon atau amplop (Tips jitu cara mengatur gaji untuk 30 hari)
    Saat gaji dikirimkan ke rekening, sebisa mungkin Bro langsung tarik tunai. Dan aturlah ke dalam dompet akordeon atau amplop sesuai kebutuhnyannya. Misal pos untuk transportasi, pos untuk makan siang, pos untuk kebutuhan harian, pos bayar tagihan, hingga pos untuk nongkrong-nongkrong.
  • Selalu catat pemasukan dan pengeluaran setiap hari
    Dengan begitu Bro bisa melihat betapa borosnya Bro atau betapa hematnya Bro. Dengan mencatat semua pengeluaran Bro juga bisa melihat selama ini barang barang apa yang Bro butuhkan serta barang barang apa yang tidak Bro butuhkan, sehingga Bro bisa instropeksi diri, dan tidak melakukannya lagi. Mencatat pengeluaran bisa melalui aplikasi yang tersedia di smartphone seperti Espense Manager
  • Langkah selanjutnya yang harus Bro lakukan adalah mencoba untuk menahan segala bentuk shopping
    Ini buat yang konsumtif. Tahanlah diskon dari berbagai pakaian, barang barang mewah dan jalan jalan yang tidak penting, seperti travelling keluar negeri atau daerah. Belilah yang Bro butuhkan, namun jangan membeli barang barang keinginan Bro yang tidak dibutuhkan.
  • Dimanapun Bro berada pastikan Bro bawa uang cash yang pas pasan,
    Jika Bro bawa terlalu banyak ditakutkan akan cepat habis. Misal saja Bro akan pergi membeli sandal, maka bawalah uang yang hanya cukup untuk membeli sandal, jangan sampai Bro mmebawa uang banyak sehingga Bro akan membeli pakaian, sepatu, dan lainnya yang Bro lihat. Bro juga bisa menyisiasati untuk menukar uang tunai yang telah disiapkan di dalam amplop di poin pertama dengan uang pecahan 20 ribuan dan 10 ribuan. Percaya Bro, hal ini bisa membuat Bro tambah hemat.
  • Memakai e-money atau uang elektronik.
    Alokasikan uang transport harian ke dalam format elektronik membuat Bro nggak akan kehabisan ongkos saat tanggal tua. Mempunyai uang elektronik lebih dari 1 salah satu solusi dalam mengatur keuangan.
  • Silahkan uang Bro bisa ditabung pada bank yang memberikan potongan biaya yang sedikit setiap bulannya.
    Pilihlah bank yang memberikan potongan sedikit, karena sekarang ini Bro bisa melihat banyak bank yang memberikan potongan yang cukup tinggi, jangan sampai uang Bro habis akibat dari potongan tersebut, kalau bisa pilihlah yang tanpa potongan, karena Bro bisa menemukan di bank bank tertentu. Untuk menabung Bro bisa membuka tabungan dan mengaktifkan fitur auto debet setiap tanggal gajian. Autodebet 150 ribu bisa cukup mendulang untung saat akhir tahun lho! Minimal bisa beli tiket pesawat pulang pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh.
  • Jangan sampai tergoda dengan yang namanya kredit barang
    Memang sepertinya bisa dicicil dengan mudah, namun tanpa sadar kredit akan membuat Bro bangkrut. Harga pada kredit biasanya akan lebih mahal dibanding harga asli, tanpa Bro akan mengeluarkan uang yang cukup banyak, jika Bro ingin sesuatu barang maka Bro bisa membelinya setelah Bro mengumpulkan uang. Oleh karena itu, tabungan tiap bulan yang dari auto debet bisa jadi solusi untuk ke-Be-eM-an kamu.
  • Silahkan simpan dengan baik kartu ATM Bro
    Sehingga Bro tidak mudah untuk mengesek ATM dan menghabiskan uang yang banyak. jika Bro pergi kemana mana membawa ATM maka ditakutkan Bro dengan mudah akan menghabiskan uang yang ada di ATM
  • Kata siapa hemat tidak bisa hang out, jadwalkan jalan jalan atau nongkrong Bro bersama teman teman sebulan sekali atau dua kali.
    Jangan sampai setiap hari Bro nongkrong di café atau tempat lainnya yang akan meghabiska uang banyak. Sebelum berangkat hangout, rencanakan tempatnya. Kemudian cek di aplikasi seperti Zomato atau Qraved yang menyediakan informasi list menu makanan minuman beserta harganya. Jadi Bro bisa merencanakan apa yang harus dipesan dan berapa perkiraan budget-nya
  • Pilih teman yang bisa bersenang senang walaupun ditempat yang murah.
    Pilih teman yang bisa diajak ke angkringan dibanding ke diskotik atau café, dengan begitu Bro tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk pergi ketempat tersebut
  • Sisihkan untuk orang tua
    Kadang walaupun kita sudah bekerja namun masih belum bisa memberikan gaji untuk orang tua kita, sebagai gantinya sisihkan gaji Bro 10 persen setiap bulan untuk dana orang tua, siapa tahu dilain waktu orang tua Bro membutuhkan.
  • Siapkan celengan
    Jika Bro memiliki uang receh, maka pastikan Bro memiliki celengan, sehingga suatu hari ketika Bro sedang tipis keuangan, recehan tersebut bisa jadi penyelamat kamu.

Selain mengetahui 12 cara mengatur gaji secara bijak diatas, Bro juga perlu mengetahui cara mengatur kartu kredit. Di zaman modern ini memiliki kartu kredit adalah hal yang sudah biasa, memang kartu kredit memberikan manfaat yang sangat bagus, namun jika digunakan dengan sembarang malah akan membuat Bro terjerat hutang.

Berikut ini adalah cara mengatur kartu kredi yang cerdas, pertama yang harus dilakukan adalah mencatat pengeluaran kartu kredit, kedua buatlah anggaran yang Bro butuhkan, jika kebutuhan melebihi anggaran maka stop menggunakan kartu kredit, ketiga tetapkan limit dan jangan sampai kelebihan, jangan memiliki kartu terlalu banyak, maksimal gunakan 2 kartu kredit, keempat Bro bisa cek tagihan sebelum Bro membayar, dan yang kelima adalah beri notifikasi sehingga Bro akan tahu pengeluaran Bro.

Dan bagi Bro yang sudah menikah, selain memerlukan 10 cara mengatur gaji, Bro  juga perlu mengetahui tips mengatur keuangan rumah tangga, yang harus Bro lakukan adalah mengetahui seluruh aspek keuangan yang ada pada keluarga Bro, jangan lupa untuk selalu membuat perencanaan keuangan, agar uang yang keluar masuk bisa Bro lihat dan Bro analisa sendiri, bedakan antara keinginan dan kebutuhan, mulailah untuk menabung dengan rajin, jangan sampai Bro terlilit utang, mulailah berinvestasi, dan mulai saat ini atur keuangan jangka panjang kedepan.

Mengatur keuangan diri sendiri maupun keluarga memang susah susah gampang, sebenarnya mudah dilakukan bagi Bro yang memiliki kedisiplinan terhadap aturan uang, namun jika Bro mementingkan kesenangan semata maka Bro tidak akan mampu mengumpulkan uang dengan baik, 10 cara mengatur gaji diatas sangat penting untuk Bro coba.

 

Tinggalkan komentar Bro