Ini Pria Sejati Cara Mengatasi Insomnia Dengan Alami Tanpa Obat Tidur!

Oleh : Bun Gaul


Cara mengatasi insomnia yang benar adalah memahami penggunaan obat tidur, Bro. Sebagian orang masih mengkonsumsi obat tidur agar bisa mengatasi insomnia. Apakah aman Bro?

Tidur adalah salah satu kebutuhan manusia. Tanpa tidur, maka tubuh akan rusak dengan cepat. Di era modern, insomnia atau susah tidur menjadi penyakit yang populer.

Bagaimana cara tidur enak dan nyenyak tanpa obat kalo misalnya bro lagi kena insomnia? Bro-in mencoba untuk membantu membuat artikelnya nih bro

Insomnia merupakan gangguan kesehatan yang berupa kesulitan dalam mendapatkan kualitas tidur nyenyak atau mendapatkan waktu tidur di malam hari yang cukup sehingga membuat tubuh menjadi tidak fit. Ciri orang yang mengalami gangguan tidur ini contohnya adalah sering merasa kelelahan, mengantuk terjadi hanya di siang hari, cemas yang berlebih, konsentrasi buruk dan sakit kepala.

Sebelum membahas tips mengatasi insomnia dan obat tidur, kita membahas terlebih dahulu tahapan tidur. Tidur datang dalam 3 jenis dan masing-masing mempunyai karakteristik tersendiri.

Tahap pertama saat menjelang tidur adalah gelombang otak bergerak dari gelombang alpha menuju gelombang theta. Di tahap awal ini, biasanya masih dalam keadaan sadar. Kalau di Indonesia menyebutnya dengan ‘kriyip-kriyip’, Bro. Nah dalam tidur yang normal, seseorang akan menghabiskan waktu hanya dalam beberapa menit sebelum tidur ke tahap selanjutnya. Tetapi penderita insomnia mengalami tahapan ini malam hari. Pernah nggak Bro tidur lama tetapi rasanya kayak nggak tidur?

Tahap kedua dalam tidur adalah Deep Sleep, ini adalah tahapan tidur di mana tidak terjadi mimpi. Jenis tahap tidur ini adalah yang paling menyegarkan fisik. Ketika Bro tidak punya cukup tidur di fase ini, Bro mungkin merasa baik secara fisik tapi merasa kelelahan dalam emosional. Jika Bro sering bangun setelah bermimpi jelas tetapi merasa tegang dan tak segar, maka Bro mungkin tidak mendapatkan cukup Deep Sleep. Deep Sleep ini definisi tidur berkualitas atau tidur yang nyenyak.

Tahap ketiga adalah REM Sleep, atau Rapid Eye Movement Sleep. Karena dalam tahap ini, mata kita seolah-olah melihat-lihat sambil bermimpi. Tahap ini sangat penting untuk peremajaan mental dan emosional. Ketiga tahap ini membuat tahapan siklus lengkap untuk tidur yang sempurna.

Jika seseorang mengkonsumsi obat tidur, efek dari obat tidur itu malah mengganggu salah satu dari ketiga tahap tidur ini. Efeknya sering kali malah membuat bangun dengan kondisi yang tidak segar dan merasa tidak tidur sepanjang malam.

Efek samping Obat Tidur

Nah benarkan cara mengatasi insomnia adalah dengan mengkonsumsi obat tidur? Ternyata banyak efek samping yang ditimbulkan lho Bro

  1. Hangover
    Hampir setiap obat tidur membuat efek hangover setiap pagi seperti sehabis mengkonsumsi alkohol. Kepala terasa berat atau efek berkonde biasanya dirasakan setiap paginya Bro. Nggak cuma itu, perasaan kosong, bingung dan grogi juga menyertai di setiap pagi. Waduh, kayaknya lebih parah dari hangover miras nih Bro
  2. Depresi
    Obat tidur biasanya membuat tahap REM Sleep berkurang, akibatnya peremajaan mental dan emosional terganggu. Hal ini menyebabkan mood swing saat di pagi hari dan menyebabkan kecemasan berlebih plus depresi di siang harinya. Duh, kok ya serem gini Bro.
  3. Jantung Berdebar
    Beberapa obat mempunyai efek samping dalam memperlambat atau mempercepat detak jantung. Menahan laju jantung memang efeknya membuat rileks, tetapi jika efeknya menambah detak jantung akan berbahaya.
  4. Ketergantungan
    Seperti obat-obatan lainnya yang menyebabkan ketergantungan. Ketika mengkonsumsi obat tidur, maka tubuh akan meminta terus obat tersebut sebelum tidur
  5. Makin Insomnia
    Karena obat tidur mengganggu salah satu tahapan dalam tidur, maka penyakit susah tidur ini malah semakin menjadi-jadi dan tidak kunjung sembuh
  6. Performance Menurun
    Di keesokan harinya, pengkonsumsi obat tidur malah tidak produktif, hal ini disebabkan karena mood yang berantakan dan fisik terasa lelah. Belum lagi performa di kasur ehem.
  7. Menambah Penyakit
    Bukannya menyembuhkan penyakit susah tidur, eh malah bikin penyakit berbahaya nih, Bro. Penyakit seperti kanker dan jantung salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan

Jadi, apakah mengkonsumsi obat tidur disarankan sebagai cara mengatasi insomnia? Bro-in tidak menyarankan.

Inti mengobati insomnia adalah memperbaiki pola tidur. Buatlah jadwal dan disiplin dengan waktu tidur tersebut. Tidur lebih awal, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan tidur dari pukul 20:00, dengan catatan nggak main hape di kasur ya. Kemudian berkomitmen untuk melakukan pola tidur tersebut selama 2 minggu hingga 4 minggu, jadi kalo diajak teman untuk hangout diatas jam 8 lebih baik dihindari terlebih dahulu.

Tips Mengatasi Insomnia dari Bro-In

Berikut ini pola tidur yang Bro bisa coba untuk mengatasi gangguan kesehatan ini:

  • Coba untuk berolahraga di pagi hari atau di sore hari maksimal 3 jam sebelum tidur. Disarankan terakhir pukul 5 sore
  • Di rumah, sebelum menjelang jam sebelum tidur kira-kira pukul 19:00, lakukan hal yang menyenangkan seperti menekuni hobi. Usahakan melakukan ini semua di luar kamar tidur atau area yang ada tempat tidur untuk kamu istirahat malam.
  • Pukul 20:00 adalah jam tidur, paling tidak kita akan mulai memulai jam tidur. Cobalah untuk membuat ritual rileks sebelum tidur seperti mandi air hangat kemudian memaikai baju tidur favorit dan memeluk bantal favorit yang nyaman
  • Jangan lupa matikan lampu utama dan handphone. Selesaikan semua urusan chat, dan media sosial di luar kamar.
  • Membuat suasana kamar yang menyenangkan dengan rampu yang temaram, suhu yang pas dan bau yang segar
  • Jika Bro sudah di kasur selama 20 menit dan belum bisa tidur, keluarlah dari kamar segera dan lakukan hal yang bisa menimbulkan kantuk.
  • Contoh hal yang bisa menimbulkan kantuk adalah membaca buku yang ringan sambil minum susu hangat atau menonton tontonan yang menghibur. Sitkom komedi biasanya membantu Bro!
  • Sekali lagi diingatkan, menjelang tidur usahakan jangan membuka HP, kenapa? Salah satu faktornya adalah sinar biru yang ditimbulkan, paparan sinar ini merangsang hipotalamus di otak dan akan “menipu” tubuh untuk aktif seperti di pagi hari
  • Setelah kantuk tiba, kembali ke kasur

Simak infografis berikut

Ini dia bro infografis untuk mengatasi sulit tidur atau insomnia yang mengganggu

Punya cara mengatasi penyakit sulit tidur yang ampuh? Share dengan kita dong disini. Atau Bro bisa memukan tips cara mengatasi insomnia yang lain di Bro-In.

 

Tinggalkan komentar Bro