Bagaimana Cara Memulai Bisnis dari Nol untuk Pemula

Oleh : Writer Bro-In


Siapa yang tengah mencari cara untuk memulai sebuah usaha baru bagi seorang pemula yang minim pengetahuan di bidang ini? Bagaimana cara memulai bisnis bagi pemula? Mungkin, bagi kebanyakan orang memulai usaha dari nol menjadi salah satu hal yang penuh dengan tantangan membutuhkan mental kuat. Kurangnya modal bisa menjadi salah satu faktor yang cukup vital mempengaruhi semangat seseorang untuk memulai usaha.

Pada kenyataannya, modal bukan menjadi faktor utama tetapi mentalitas yang dimiliki seseoranglah yang menentukannya. Modal punya, tapi begitu mengalami kegagalan sekali langsung down, berarti mentalnya belum kuat. Seseorang yang memiliki mental bisnis, tentu tidak akan menyerah meski gagal berulang kali. Sehingga, mental Anda harus kuat terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis untuk Pemula?

Sebagian besar newbie pasti akan bertanya-tanya, bagaimana cara memulai bisnis untuk pemula dari nol, bahkan modal minim agar usahanya tak terkendala modal. Apalagi jika kesuksesan yang ingin diraih. Nah, di sini, Anda akan mendapatkan jawabannya. Inilah lima cara memulai bisnis untuk pemula dari nol.

Menentukan Jenis Usaha

Poin ini cukup penting karena mempengaruhi minat dan rem bisnis secara jangka panjang. Kebanyakan orang akan memilih bisnis yang tengah booming sehingga dianggap langsung menghasilkan uang. Padahal, belum tentu. Bisnis yang dijalankan berdasarkan minat dan keinginan pasti akan lebih lama bertahan karena ada rasa nyaman dan cinta menjalankannya.

 

Setelah menetapkan jenis usahanya, tetapkanlah visi misi dari bisnis yang kamu jalani. Dengan adanya visi misi ini, diharapkan bisnis Anda akan lebih fokus pada tujuan dibangunnya bisnis tersebut. Hal ini juga bisa membuat Anda lebih konsisten menjalankannya.

Survei

Setelah menentukan jenis, visi dan misi dari bisnis Anda, lanjutkan dengan melakukan survei. Bagaimana cara memulai bisnis dengan cara ini? Anda bisa memulainya dari melihat shop-shop yang ada. Tujuannya tentu untuk melihat pangsa pasar, tingkat persaingan, dan potensi bisnis di dalamnya. Surveinya memang tidak harus detail, tetapi cukup memberikan informasi kepada Anda agar Anda juga memiliki strategi untuk mengatasi apa yang ada di pasar.

Persiapkan Modal

Nah, kalau yang ini jelas dibutuhkan untuk memulai usaha. Namun, ada juga bisnis yang dilakukan dengan minim modal, contohnya saja reseller atau dropshiper.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis untuk Pemula?

Mempersiapkan Keperluan Bisnis

Selanjutnya adalah mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Misalnya jika ada ingin membuka bisnis online, tentu Anda harus memiliki wadah untuk melapak dagangan atau produk Anda. Sama dengan bisnis offline, Anda membutuhkan kios atau lokasi.

Bagaimana cara memulai bisnis selanjutnya, mulailah mencari pemasok untuk bisnis Anda alias supplier. Carilah supplier yang amanah dan mau berbagi keuntungan dengan Anda. Sehingga baik Anda maupun supplier memiliki mutualisme yang baik. Selain supplier, Anda juga perlu untuk mempersiapkan media promosi agar orang mengenal bahwa Anda berbisnis ‘ini’.

Membuka Usaha

Setelah semua dipersiapkan dengan baik, Anda bisa mulai untuk membuka usaha Anda. Bisnis di bidang apa pun, di hari pertama pasti tidak akan langsung sesuai dengan ekspektasi Anda. Namun, Anda harus tetap konsisten untuk menjalankannya. Berpikirlah positif karena bisnis Anda belum dikenal lebih luas, sehingga Anda membutuhkan lebih banyak promosi.

Yakinlah, apabila bisnis Anda sudah dikenal banyak orang, Anda akan dengan mudah merealisasikan target-target yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Bagaimana? Apakah pertanyaan, bagaimana cara memulai bisnis untuk pemula dan belum berpengalaman sudah terjawab?

Tinggalkan komentar Bro