Ketahui Bagaimana Cara Mencari Topik Pembicaraan

Oleh : Writer Bro-In


Rasa canggung saat pertama berbicara dengan orang yang baru dikenal dianggap tidak bisa dihindari lagi. Untuk mengatasi kecanggungan tersebut, Anda bisa mencoba mencari topik menarik yang akan membuat lawan bicara Anda merasa terkesan. Pembahasan berikut ini akan menjelaskan mengenai cara mencari topik pembicaraan. Berikut ulasannya.

Berbincang Ringan

Tidak sedikit orang yang menganggap sebuah obrolan ringan merupakan sesuatu yang palsu dan terlalu dangkal. Namun perlu diketahui, obrolan ringan ternyata memiliki fungsi sosial yang penting. Sebuah obrolan ringan akan memungkinkan 2 orang yang tidak saling mengenal akan mengetahui satu sama lain tanpa menimbulkan stres atau ketidaknyamanan.

Tempatkan obrolan ringan yang ingin Anda mulai dengan lawan bicara sesuai dengan lingkungan dimana Anda berada. Ketika hendak membuka topik pembicaraan, hendaknya lakukan 3 hal berikut ini:

  • Pertimbangkan alasan umum yang membawa Anda dan lawan bicara pada topik yang Anda buka
  • Jauhi kontroversial yang tidak ada hubungannya dengan topik
  • Bersikap santai dan sopan
  • Berikan kesempatan lawan bicara Anda untuk berbicara, jangan menghabiskan waktu berbincang dengan obrolan-obrolan tidak penting.

Temukan Topik yang Lebih Dalam untuk Dibahas

Cara mencari topik pembicaraan ini bisa dilakukan dengan memberikan pertanyaan yang lebih dalam, setelah tingkat kenyamanan perbincangan Anda dengan lawan bicara mulai meningkat. Mulailah memberikan pertanyaan yang lebih menyelidik untuk melihat apakah lawan bicara Anda terbuka pada diskusi yang lebih berisi

Ketahui juga manfaat percakapan mendalam yang Anda mulai. Jika lawan bicara Anda mengajukan pertanyaan umum, jawablah dengan cerita yang lebih singkat dan spesifik. Jawablah sesuai dengan  informasi yang sebenarnya. Jika memungkinkan selipkan juga sedikit pesan tersirat yang mengandung makna agar lawan bicara Anda merasa terkesan.

Demonstrasikan Kemampuan Berbicara yang Baik

Kemampuan berbicara yang baik dapat ditunjukan dari kontak mata saat perbincangan berlangsung. Dikatakan demikian karena biasanya orang yang membuat kontak mata adalah orang yang ingin terlibat dalam percakapan. Cara mencari topik pembicaraan ini juga akan membantu Anda untuk mengetahui apakah lawan bicara menyukai pembicaraan Anda.

Bagaimana Cara Mencari Topik Pembicaraan?

Hindari pembicaraan yang sifatnya menceritakan pribadi Anda. Pasalnya, survey membuktikan orang yang menceritakan pribadinya pada orang lain, cenderung akan membanggakan dirinya. Jika pembicaraan ini berlangsung secara terus menerus, lawan bicara Anda akan merasa tidak nyaman dan bosan dengan pembicaraan Anda. Belajarlah untuk berkomunikasi dengan baik melalui penerapan body language. Tunjukan bahasa tubuh yang membuat lawan bicara Anda merasa nyaman.

Jadilah Pendengar yang Baik

Dengarkanlah baik-baik ketika lawan bicara Anda mulai berbicara. Jangan menunjukan rasa ketidaknyamanan ketika dia berbicara, tapi tunjukanlah tanda-tanda ketertarikan Anda terhadap pembicaraannya. Dengan mendengarkan secara seksama apa yang lawan bicara Anda sampaikan, setidaknya pikiran Anda akan mendapatkan topik pembicaraan baru.

Ketahui tips dari cara mencari topik pembicaraan berikut ini.

  • Jika kesulitan mencari topik pembicaraan, fokuslah agar Anda tetap rileks.
  • Pujilah lawan bicara Anda agar dia merasa lebih nyaman berbincang dengan Anda
  • Ketika lawan bicara Anda mulai berbicara, fokuslah pada apa yang dia sampaikan.

Ingat, lawan berbicara Anda membutuhkan waktu untuk mengerti yang Anda bicarakan. Tidak perlu mengisi setiap keheningan dengan ocehan tak berujung. Fakta membuktikan bahwa mendengarkan orang yang mengoceh akan menimbulkan kebosanan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mencari topik pembicaraan yang wajib Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Belajarlah berbicara sesuai dengan porsinya, sampaikan apa yang pantas untuk disampaikan. Efektifkan waktu perbincangan Anda dengan obrolan-obrolan positif.

Tinggalkan komentar Bro