Sukses Bisnis! Ikuti  4 Cara Membuat Bisnis Plan yang Baik

Oleh : Writer Bro-In


Bisnis plan atau disebut juga rencana bisnis itu memang sebuah hal yang sangat penting bagi seorang pebisnis dalam menjalankan roda usaha. Maka dari itu cara membuat bisnis plan yang benar dan baik sangat perlu Anda pelajari. Dengan memiliki sebuah bisnis plan yang baik, maka pebisnis juga akan mempunyai peluang besar untuk bisa menarik para investor. Keberadaan investor inilah yang akan mendanai usaha Anda dengan menjadikannya sebagai sebuah proposal dan bahan presentasi.

Mengingat sangat pentingnya sebuah bisnis plan ini, maka para pebisnis harus bisa mengerti dan juga memahami teknik atau langkah-langkah dalam menuliskan rencana bisnis ini. Berikut ini ada beberapa cara dan langkah menulis bisnis plan yang baik, yaitu :

Mengenal Bisnis Anda

Dalam hal ini, maka Anda harus mempelajari dan memahami secara menyeluruh dan juga mendalam tentang bentuk, potensi dan berbagai tantangan yang ada pada bisnis Anda. Dalam tahap ini juga Anda bisa menggunakan yang namanya teknik analisa SWOT. Untuk hal ini semua Anda bisa mempelajari hal-hal terkait bisnis dengan banyak cara seperti halnya membaca buku dan referensi lain, ataupun bertanya pada yang ahli di bidangnya masing-masing.

Tentukan Visi Dalam Business Plan

Setelah Anda mengenal dengan baik tentang bisnis Anda, maka cara membuat bisnis plan berikutnya yaitu menentukan visi bisnis Anda. Visi yang merupakan sebuah pandangan jauh tentang tujuan dan juga sasaran perusahaan itu memang harus dimiliki oleh seluruh pebisnis skala besar sampai skala kecil. Dengan adanya sebuah visi yang jelas, maka Anda tak akan mengalami kesulitan nantinya dalam hal merancang alur dari rencana bisnis Anda.

Tentukan Audiens Anda

Langkah berikutnya setelah Anda sudah memperoleh gambaran bisnis dan visi dengan jelas, maka Anda harus bisa menentukan target audiens. Dengan menentukan target audiens yang tepat, maka Anda bisa untuk menyesuaikan konten bisnis plan Anda dengan baik dan benar. Misalkan bisnis plan untuk investor, maka disini Anda harus bisa menyusun rencana bisnis tersebut dengan lebih serius, mendalam dan juga profesional.

Bagaimana Awal Memulai Bisnis Plan?

Saatnya Menuliskan Rencana Bisnis Anda

Pada bagian cara ini Anda juga harus bisa menyatakan berbagai keunikan yang akan membedakan antara perusahaan ataupun bisnis Anda dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama dengan Anda.

  • Ringkasan Efektif

Adanya ringkasan, maka para pembaca termasuk investor. Akan lebih dimudahkan untuk bisa melihat berbagai potensi bisnis Anda dengan cepat dan efektif.

  • Penawaran Produk atau Jasa

Selanjutnya cara membuat bisnis plan. Anda tulis deskripsi produk ataupun jasa yang akan Anda tawarkan lengkap dengan harga yang Anda jual.

  • Target Pasar

Jangan lupa juga untuk Anda menuliskan berbagai target ataupun segmentasi pasar yang akan Anda sasar pada bisnis Anda. Tunjukkan bagaimana supaya target pasar Anda akan membeli apa yang sedang Anda tawarkan.

  • Marketing Plan

Jelaskan secara rinci tentang biaya pemasaran, alasan dalam pemilihan strategi pemasaran serta semua target capaian dari strategi pemasaran tersebut.

  • Laporan Keuangan

Jika halnya bisnis Anda telah berjalan beberapa tahun, maka sebaiknya cantumkan saja laporan keuangan neraca laba rugi dari bisnis yang Anda jalan pada calon investor.

  • Resume of Company Principal

Sertakan juga biografi dan latar belakang yang profesional dari semua karyawan yang signifikan dalam bisnis Anda tersebut.

  • Penawaran Anda

Terakhir, maka tulislah berbagai penawaran serta paket-paket investasi yang Anda miliki pada semua calon investor.

Inilah beberapa cara membuat bisnis plan yang baik dan benar. Hal sangat diperlukan agar bisnis yang Anda jalankan bisa berjalan lancar dan sukses. Untuk mencapai kesuksesan memang butuh banyak ilmu yang dipelajari.

Tinggalkan komentar Bro