Penyebab Lampu Speedometer Mobil Rusak dan Cara Memperbaikinya

Oleh : Writer Bro-In


Speedometer mobil yang bermasalah pada umumnya ditandai dengan tidak berfungsinya panel indikator, dimana jarum penunjuk tidak bergerak atau lampu indikator yang padam. Kondisi jarum atau lampu speedometer mobil rusak tentu akan membuat Anda tidak nyaman ketika berkendara karena pengemudi tidak mengetahui kondisi mobil yang dikendarai. Nah, penyebab dari kondisi ini bisa saja karena:

  1. Panel Speedometer yang Rusak.

Lampu yang mati bisa saja disebabkan oleh kerusakan pada panel speedometer mobil. Jika terjadi kerusakan di salah satu panel indikator, maka seluruh panel indikator lainnya tidak akan berfungsi

  1. Sistem Speedometer Bermasalah.

Mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem eletronika yang mengalami masalah kerusakan lampu speedometer bisa disebabkan oleh sistem speedometer yang terganggu karena gear tranduser bermasalah sehingga membuat panel speedometer tidak berfungsi.

  1. Sistem Kelistrikan Mobil Bermasalah.

Penyebab lampu speedometer mobil rusak yang terakhir bisa saja terjadi karena terjadi gangguan pada sistem kelistirkan mobil Anda. Hal ini disebabkan karena panel speedometer dengan sistem kelistrikan saling berhubungan, sehingga jika kelistrikan mobil bermasalah, maka lampu dan panel speedometer pun akan ikut bermasalah. Faktor inilah yang sering menjadi peyebab lampu speedometer rusak dan tidak berfungsi.

Cara Memperbaiki Lampu Speedometer Mobil yang Rusak

Masalah lampu speedometer biasanya lebih rentan terjadi pada mobil yang sudah berumur dikarenakan sistem perangkat kelistrikannya yang sudah mulai menuru. Sebagai pengendara mobil, Anda tentu perlu mengetahui apa yang harus dilakukan ketika hal seperti ini terjadi. Untuk itu, kami siapkan bebera tips yang dapat diikuti sebagai cara mengatasi lampu speedometer mobil rusak. Berikut ini langkah sederhananya:

  1. Memeriksa Kondisi Aki Mobil

Hal pertama yang dapat Anda lakukan ketika lampu speedometer mati adalah dengan membuka kap mobil untuk memeriksa kondisi aki. Perhatikanlah apa terdapat mur atau baut yang longgar atau menjepit kutub aki. JIka Anda menemukannya, maka segera kencangkan mur atau baut tersebut agar tetap menempel kuat pada kutub aki.

Bagaimana Cara Mengatasi Lampu Speedometer Mobil Rusak?

Kemudian, jika Anda melihat kotoran seperti akrat atau serbuk berwarna putih di kutub aki. Maka cobalah untuk membersihkannya dan memasangnya kembali. Kotoran atau serbuk yang ada di bagian kutub aki tersebut bisa saja menghambat aliran listrik yang menuju pada komponen mobil. Bagi Anda yang memiliki ketakutan tersengat listrik, jamgan khawatir karena aki memliki arus dirrecr current (DC) sehingga Anda tidak akan tersetrum.

  1. Memeriksa Sekring

Langkah lain untuk memperbaiki lampu speedometer mobil rusak adalah dengan memeriksa sekring. Setiap mobil memiliki letak dan penyebutan lampu check engine yang berbeda. Ketika lampu speedometer mati, maka coba periksa sekring ini untuk mengetahui apakah penyebab matinya dalah karena adanya masalah pada sekring. Jika ditemukan bermasalh, cobalah untuk meminjam Engine Control Unit (ECU) dari mobil lain untuk mengetahui lampu xheck engine pada mobil Anda masih dapat menyala.

  1. Memeriksa Kondisi Kabel

Hal terkhir yang bisa Anda lakukan ketika lampu speedometer mati adalah degan mememriksa kondisi kabel. Karena lampu speedometer ini berkaitan dengan urusan kelistrikan, kondisi kabel yang jelek atau putus tentu akan mempengaruhi aliran listrik dalam mobil. Jika Anda benar-benar tidak paham atau ragu-ragu dengan seluk beluk kabel dan kelistrikan pada mobil, tentu lebih baik untuk mempercayakan perbaikannya kepada teknisi yang berpengalaman.

Ada kalanya memang matinya lampu speedometer ini terjadi sesaat, dan ketika Anda starter ulang masalah ini tidak muncul lagi. Tetapi hal ini belum tentu menandakan tidak adanya masalah pada ssistem kelistrikan mobil Anda, Bisa saja lampu speedometer yang rusak adalah sinyal bahwa terdapat gangguan minor yang perlu segera diperbaiki. Itulah pembahasan singkat mengenai lampu speedometer mobil rusak yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar Bro