5 Tips Hemat Biaya Ongkos Kirim Paket untuk Belanja Online 

Oleh : Writer Bro-In


Internet menghadirkan begitu banyak keuntungan bagi penggunanya, salah satunya dengan belanja online. Saat berbelanja online, barang akan dikirimkan ke alamat pembeli melalui perusahaan ekspedisi. Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya ongkos kirim agar belanja online tetap menyenangkan dan murah? 

5 Tips Menghemat Biaya Ongkos Kirim

Pada dasarnya, belanja online memberikan banyak keuntungan seperti hemat waktu serta biaya. Harga barang di toko online biasanya lebih murah dibandingkan dengan toko pada umumnya. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah seringnya biaya ongkos kirim yang mahal. 

1. Bandingkan Tarif Setiap Ekspedisi

biaya ongkos kirim

Lakukan Perbandingan Ongkir Setiap Ekspedisi

Ada beberapa perusahaan ekspedisi yang dapat ditemukan di Indonesia. Setiap ekspedisi tentu memiliki layanan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Harga jasa yang ditawarkan pun berbeda-beda. Anda dapat melakukan survei beberapa jasa ekspedisi ternama dan terpercaya untuk membandingkan harga atau tarif kirim barang. 

Anda dapat memilih ekspedisi dengan tarif yang paling murah. Akan tetapi, anda juga harus memastikan beberapa hal penting lainnya. Sebagai contoh adalah estimasi lama pengiriman. Berbeda harga biasanya juga akan berbeda pula lama waktu pengiriman barang. Pastikan Anda melakukan pemilihan yang tepat untuk menghemat ongkos kirim. 

Dengan melakukan perbandingan harga dari setiap ekspedisi, Anda bisa mendapatkan tarif paling murah untuk mengirim barang. Hal ini juga sangat efektif untuk menekan pengeluaran. Sehingga kegiatan belanja online akan tetap menyenangkan. 

2. Perhatikan Ukuran Barang yang Dikirim

Penentuan tarif pengiriman barang dapat ditentukan dari dua faktor, yaitu berat barang dan volume barang. Cara yang pertama adalah menghitung berapa berat barang yang dikirim. Cara ini dilakukan dengan menimbang barang tersebut dan kemudian menentukan tarif per kg. 

Kemudian, cara yang kedua adalah dengan menghitung volume barang berdasarkan panjang x lebar x tinggi. Kemudian dikalikan dengan tarif yang ada. Lalu, bagaimana tarif tersebut ditentukan?

Tarif yang akan dikenakan kepada pelanggan adalah tarif terbesar. Jadi, jika barang memiliki ukuran yang kecil akan tetapi berat, maka barang tersebut akan dihitung berdasarkan berat barang. Sedangkan jika barang dengan ukuran besar akan tetapi ringan, maka yang ditentukan adalah berdasarkan volume barang.

3. Beli Barang yang Belum Dirakit

biaya ongkos kirim

Beli Barang Dalam Bentuk yang Belum Dirakit

Selanjutnya, untuk menghemat biaya ongkos kirim bisa dilakukan dengan membeli barang yang belum dirakit. Sebagai contoh, jika akan membeli furniture dengan ukuran yang besar, maka jauh lebih baik membelinya tanpa dirakit. Hal ini dapat menekan biaya pengiriman barang menjadi lebih murah. 

4. Beli Barang di Satu Toko Saja

Jika Anda memutuskan untuk membeli beberapa produk atau barang melalui toko online, maka sangat disarankan untuk membelinya dari satu toko. Dengan cara yang satu ini, maka Anda dapat lebih menghemat biaya pengiriman produk . Terlebih jika Anda membeli produk kecil dan ringan. 

5. Kerjasama dengan Perusahaan Ekspedisi

biaya ongkos kirim

Kerjasama dengan Perusahaan Ekspedisi

Tips yang terakhir ini sangat cocok bagi Anda yang bertindak sebagai seller dari sebuah bisnis online. Di sini, Anda dapat menghemat ongkos kirim dengan menjadi mitra jasa ekspedisi. Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan dari pihak ekspedisi, salah satunya adalah dengan potongan ongkos kirim.

Demikian di atas beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk lebih menghemat biaya ongkos kirim. Jangan lupa untuk menerapkan cara ini saat sedang berbelanja online. Agar, kegiatan belanja yang Anda lakukan tetap terjangkau dan menyenangkan. 

Tinggalkan komentar Bro