5 Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana untuk Bisnis yang Sukses 

Oleh : Writer Bro-In


Bisnis plan atau rancangan bisnis menjadi hal yang wajib dibuat oleh pebisnis. Hal ini disebabkan dalam menjalankan bisnis pasti membutuhkan rencana dan penyusunan langkah yang matang agar tidak salah dalam mengambil langkah. Lalu, bagaimana cara membuat bisnis plan sederhana yang bisa dicoba?

Pentingnya Membuat Rencana Bisnis

cara membuat bisnis plan sederhana

Peran Rencana Bisnis untuk Bisnis yang Sukses

Rencana bisnis atau yang biasa disebut dengan business plan merupakan salah satu langkah yang memberikan dampak positif pada sebuah bisnis. Sebab, seorang pebisnis dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih terencana jika sudah membuat rencana ini. Selain itu, potensi kerugian juga bisa lebih diminimalisir. 

Salah satu tujuan utama dari bisnis plan adalah untuk menjembatani pembentukan ide yang akan berubah menjadi kenyataan. Bisnis plan akan memberikan gambaran mengenai apa yang akan dikerjakan oleh anda selaku wirausaha. Bisnis plan juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan investor. 

5 Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana

1. Membuat Ringkasan

Saat Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis, maka akan disarankan untuk membuat ringkasan eksekutif. Ringkasan ini berisi tentang deskripsi jenis bisnis apa yang Anda jalankan, inovasi bisnis, serta kapan tanggal peluncuran bisnis tersebut. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menentukan langkah bisnis selanjutnya.

2. Pendahuluan

cara membuat bisnis plan sederhana

Membuat Bagian Pendahuluan Bisnis Plan

Langkah yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan membuat bab pendahuluan. Bab yang satu ini berisi tentang gambaran bisnis yang akan dikerjakan. Pendahuluan ini dapat dikatakan sebagai sebuah proposal usaha Anda. Jangan lupa untuk menyertakan detail mengenai latar belakang, visi, dan misi, serta sasaran bisnis yang akan dicapai. 

3. Latar Belakang

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menyusun latar belakang pendirian perusahaan tersebut. Anda dapat menyertakan sejarah berdirinya perusahaan, pihak yang terlibat dalam bisnis, keuangan, dan pengembangan. Selain itu, atar belakang juga menjelaskan tentang produk yang dihasilkan, dan lokasi berdirinya perusahaan tersebut. 

4. Melakukan Analisis

cara membuat bisnis plan sederhana

Analisis Pasar untuk Rencana Bisnis

Beberapa analisis perlu dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis telah memiliki rencana yang matang. Salah satu analisis yang dapat dilakukan adalah analisis pemasaran serta distribusi. Pada analisis ini, anda dapat menjelaskan mengenai target pasar dari produk yang dihasilkan. Anda dapat memastikan siapa saja target konsumen yang dituju.  

Selain analisis pemasaran, Anda juga perlu melakukan analisis tenaga kerja. Di sini, Anda perlu merencanakan keahlian yang dibutuhkan serta jumlah tenaga kerja. Hal ini tentu tidak boleh asal pilih karena tenaga kerja akan sangat mempengaruhi keberhasilan bisnis yang sedang Anda jalankan. 

Anda juga perlu melakukan analisis produk dimana dalam proses ini akan menganalisis produk yang dihasilkan. Analisis ini akan memberi gambaran mengenai produk yang akan dipasarkan, baik dalam bentuk barang maupun jasa. Anda juga perlu menjabarkan mengenai definisi produk, keunggulan, serta bahan dan tahap produksi produk tersebut. 

Analisis selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah analisis manajemen. Di sini Anda akan melakukan penyusunan struktur organisasi yang akan menjalankan bisnis tersebut. Analisis juga diperlukan dalam hal keuangan dan juga modal. 

Anda dapat menyusun rencana mengenai perkiraan pendapat yang dihasilkan, modal yang dimiliki, dana yang dibutuhkan. Anda juga perlu menyiapkan biaya operasional setiap bulan atau tahun. Jangan lupa untuk analisis risiko untuk mengetahui risiko apa saja yang mungkin terjadi. 

5. Eksekusi Bisnis

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan eksekusi bisnis. Jika Anda sudah melakukan berbagai hal di atas, maka Anda dapat segera meluncurkan bisnis anda. Jangan lupa untuk mencari cara bagaimana ide yang Anda miliki dapat diuangkan sesegera mungkin. 

Nah, itulah beberapa cara membuat bisnis plan sederhana yang dapat Anda lakukan. Rancangan ini bisa juga ditambahkan beberapa langkah yang menurut Anda perlu sebagai pemilik bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca ya!

Tinggalkan komentar Bro