3 Ciri Bisnis yang Berhasil Sebagai Tolak Ukur Kemajuan Usaha

Oleh : Writer Bro-In


Berhasil atau tidaknya bisnis maupun usaha, tentu tidak lepas dari diri kamu sendiri. Kamu adalah pemilik dari bisnis, kamu adalah seorang pengusaha. Tentu saja keberhasilan sebuah bisnis atau usaha dilihat dari pemilik bisnis atau pengusahanya. Maka sudah merupakan keharusan bagi kamu untuk memahami ciri bisnis yang berhasil sebagai tolak ukur bisnis yang sedang dikelola. 

3 Ciri Bisnis yang Berhasil

ciri bisnis yang berhasil

Menjalankan Sebuah Bisnis

Dalam proses usaha atau jual beli, sebuah bisnis atau usaha akan disebut berhasil apabila berhasil mencapai beberapa hal berikut: 

1. Mencetak Keuntungan

Tentu saja berbisnis adalah mencari keuntungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Tapi bukan itu maksudnya di sini. Mencetak keuntungan maksudnya adalah bisnis kamu telah menghasilkan keuntungan secara bertahap dari keuntungan kecil yang lama kelamaan menjadi keuntungan besar. Pertumbuhan inilah yang menjadikan bisnis kamu telah layak disebut berhasil.

2. Memiliki Pelanggan Maupun Konsumen yang Loyal

Bisnis kamu disebut sukses apabila pelanggan atau konsumen kamu menyukai produk atau jasa yang kamu tawarkan sehingga mereka menjadi customer tetap kamu. Itu artinya mereka telah memberikan kepercayaan pada produk atau jasa dari bisnis kamu serta mendapat manfaat dari produk atau jasa yang kamu tawarkan, sehingga hal itu dapat menjadi kesimpulan bahwa bisnis kamu berhasil.

3. Dapat Membuka Lapangan Kerja Baru

Sebagai seorang pebisnis, tentu sebelum meraup keuntungan pribadi, kamu harus memberikan keuntungan bagi orang lain, khususnya para pekerja berpotensial. Dengan banyaknya lapangan kerja baru yang kamu buka, maka kamu bisa membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran, serta tentu saja keuntungan yang lebih besar.

4. Diliput Oleh Media

Meskipun bukan satu-satunya ciri berhasilnya suatu bisnis, bisnis yang terliput media dapat dibilang sangat berhasil. Dengan diliput oleh media, maka akan semakin banyak juga orang yang mengetahui bisnis kamu.

Mindset yang Harus diterapkan Agar Bisnis Berhasil

ciri bisnis yang berhasil

Pemilik Bisnis yang Baik

Seperti yang disinggung sebelumnya, berhasil tidaknya suatu bisnis juga dapat dilihat dari bagaimana sikap atau sifat seorang pebisnis yang memiliki usaha tersebut. Kamu wajib memiliki mindset layaknya pengusaha atau pebisnis yang sudah berhasil apabila kamu ingin bisnis yang sedang dikelola juga berhasil. Beberapa mindset tersebut adalah:

1. Berani mengambil Resiko

Segala sesuatu pasti memiliki risiko, terutama bisnis yang tidak akan pernah luput dari risiko. Kamu tidak boleh lagi menjadi orang dengan mental tempe jika ingin bisnis kamu lancar jaya sampai pada tahap kamu hanya perlu menjaga nama baik saja tanpa harus memikirkan ribetnya pemasaran. Berani mengambil resiko juga harus diimbangi dengan pemikiran yang tidak hanya berpaku pada satu sudut pandang dan tidak grusa grusu. Yang jelas, kamu sebaiknya tidak asal menolak saat sebuah kesempatan datang.

2. Komunikasi dengan Baik

Kemampuan komunikasi yang baik dapat menjadi penentu apakah kamu sebagai pebisnis akan berhasil menjalankan bisnismu. Biasanya kesempatan akan datang dari sebuah komunikasi. Ide-ide baru akan kamu dapatkan, begitu juga dengan peluang-peluang. 

3. Memahami dan Menikmati Proses

ciri bisnis yang berhasil

Nikmati Proses Menuju Keberhasilan

Tujuan berbisnis adalah meraup keuntungan sebanyak-banyaknya, tapi keuntungan itu merupakan hasil dari rentetan proses panjang. Kamu boleh mengimpikan hasil yang fantastis, tapi kamu juga harus paham bahwa hasil yang memuaskan berasal dari proses yang panjang dan tidak melulu berjalan di jalan berbunga. Kamu harus menikmati dan memahami proses perjalanan karir bisnismu. Dengan sendirinya kamu akan mendapatkan hasil yang bisa jadi jauh lebih tinggi dari ekspektasi kamu.

Demikian beberapa ciri bisnis yang berhasil yang harus dipahami sebelum memulai sebuah bisnis. Bisnis tidak hanya melulu soal keuntungan dan hasil, melainkan juga tentang kamu sebagai pelaku bisnis serta proses yang harus dijalani. 

Tinggalkan komentar Bro