Ini Dia Kiat Memilih Carbon Cleaner Mobil yang Bagus dan Tepat

Oleh : Writer Bro-In


Carbon Cleaner merupakan sebuah cairan yang fungsinya membersihkan, mengeluarkan atau merontokkan kerak deposit yang terdapat di ruang bakar mesin mobil. Sayangnya carbon cleaner mobil yang bagus hanya dapat merontokkan sedikit saja kerak karbon di dalam ruang bakar mesin. 

Banyak orang dan mungkin termasuk kamu yang lebih memilih menggunakan carbon cleaner sebagai cara untuk membersihkan kotoran karbon di ruang bakar. Hal ini dikarenakan carbon cleaner jauh lebih murah dan praktis dibandingkan dengan top overhaul / turun setengah mesin yang biasanya dianjurkan untuk mobil-mobil dengan angka odometer di atas 100.000 km. Top Overhaul memang lebih tinggi secara biaya, namun dapat membersihkan ruang bakar dengan lebih sempurna. 

Bagaimana Cara Menggunakan Carbon Cleaner?

carbon cleaner mobil yang bagus

Carbon Cleaner untuk Mobil

Menggunakan carbon cleaner memang lebih murah dan praktis daripada top overhaul. Kamu dapat membawanya ke bengkel, atau melakukannya sendiri.Caranya adalah dengan memasukkan cairan carbon clean langsung ke permukaan piston melalui lubang busi dengan menggunakan suatu alat khusus.Kurang lebih 15 menit kemudian, sedot cairan itu kembali. 

Dengan begitu kamu bisa melihat kerak deposit yang berhasil terangkat, dan jika dilihat menggunakan senter melalui lubang busi, akan terlihat kalau permukaan piston sudah bersih kembali seperti baru.Sebelum itu, pastikan proses pembersihan kerak ruang bakar ini dilakukan saat mesin dalam keadaan panas, apabila mesin masih dalam keadaan dingin, maka carbon cleaner tidak akan bereaksi. 

Lalu Bagaimana Cara Memilih Carbon Cleaner Mobil yang Bagus?

carbon cleaner mobil yang bagus

Berbagai Jenis Carbon Cleaner

Sekarang kamu sudah bisa mendapatkan carbon cleaner dengan mudah secara offline maupun online. Namun kamu tetap harus teliti dan hati-hati dalam memilih produk carbon clean untuk mobil yang bagus. Jangan selalu tergiur dengan harga murah, lihat juga kualitasnya, ulasan dari pemilik mobil lain atau mekanik profesional, serta bahan-bahan pembuatan carbon clean. 

Usahakan kamu menghindari produk carbon clean yang mengandung zat amonia dan zat asam. Karena carbon clean dengan kandungan dua bahan ini akan menyebabkan karat. Meskipun memang dapat bereaksi merontokkan kerak karbon, zat asam yang ada juga dapat menyebabkan besi menjadi berkarat. 

Selain itu, zat amonia pun cukup berbahaya, apalagi jika terhirup ke dalam paru-paru secara terus menerus yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada paru-paru di kemudian hari. Bahkan jika tangan kamu tak sengaja berkontak dengan zat amonia, dapat menimbulkan masalah kulit berupa iritasi kulit. 

Kandungan berbahaya itu juga berisiko menghilangkan oli yang melapisi liner silinder karena oli dapat ikut terbawa keluar bersama residu ruang bakar mesin. Komponen seperti piston dan payung klep juga dapat terpengaruh oleh zat asamnya. 

Ada baiknya kamu meminta saran terlebih dahulu kepada ahli mekanik profesional sebelum memilih produk carbon clean yang bagus untuk mobil kamu. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Carbon Cleaner?

carbon cleaner mobil yang bagus

Menggunakan Carbon Cleaner

Pemakaian carbon cleaner harus pada waktu yang pas. Pemakaian carbon cleaner diusahakan saat mendekati jadwal penggantian oli. Hal ini dikarenakan residu sisa pembersihkan menggunakan carbon clean akan dikeluarkan lewat oli mesin dan sistem pembuangan.

Setiap 20.000 km, maupun saat mendekati jadwal servis besar. Bisa juga dilakukan setiap 1 tahun sekali, atau setiap 30.000 km. 

Demikianlah kiat memilih carbon cleaner mobil yang bagus. Ruang bakar mesin yang kotor akan membuat tarikan jadi berat, boros BBM, dan performa jadi menurun. Sehingga itu menjadi pertanda kamu untuk segera membersihkan penimbunan kerak karbon dengan menggunakan carbon cleaner. Harganya kisaran 250 – 350 ribu dengan proses pembersihan sekitar 1 jam. 

Tinggalkan komentar Bro