Apa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Bagaimana Memperbaikinya?

Oleh : Writer Bro-In


Melakukan perjalanan dengan mobil tentunya tidak akan menyenangkan apabila AC dalam keadaan bermasalah. Berangin sih berangin, tapi kalau tidak dingin maka sama saja bohong. Padahal tujuan awal memilih mengendarai mobil adalah supaya menghindari udara di luar yang panas bukan? Tentunya ada penyebab mengapa AC mobil jadi tidak dingin. Ada bermacam-macam penyebab AC mobil tidak dingin, biasanya karena freon yang habis, radiator yang tidak pernah dibersihkan sehingga jadi kotor, maupun karena cooling fan motor yang mati. 

Namun rupanya tidak hanya itu saja alasan yang menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin. Beberapa faktor berikut juga mempengaruhinya. 

Berbagai  Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

penyebab ac mobil tidak dingin

AC Mobil Rusak

1. Freon atau Refrigerant Habis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab yang paling sering membuat AC mobil tidak dingin lagi adalah freon yang sudah habis. Freon akan menjadi habis apabila usia pakainya sudah tua maupun karena kebocoran pada sambungan pipa. Kebocoran pada freon inilah yang dapat mengakibatkan AC mobil menjadi tidak dingin lagi. 

2. Drive Belt AC Putus

Drive belt atau juga dikenal dengan fan belt AC pada mobil ini memiliki fungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor. Di mana apabila drive belt ini putus, maka kompresor tidak akan berjalan normal dan dapat menyebabkan AC mobil hanya keluar angin tapi tidak dingin.

3. Evaporator Tersumbat

Evaporator yang tersumbat karena tidak pernah dibersihkan juga dapat menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin lagi. Hal ini dikarenakan oleh blower yang berada pada permukaan evaporator menghisap debu serta kotoran untuk masuk dan menempel di permukaan evaporator. Sehingga sirkulasi AC pun terganggu. Begitu juga dengan filter AC yang apabila jarang dibersihkan juga akan mengganggu kinerja evaporator. 

4. Kompresor Rusak atau Aus

Kompresor yang mengalami kerusakan maupun aus karena terus menerus digunakan, dapat menjadi penyebab ac mobil tidak dingin. Hal ini dapat menyebabkan tekanan kompresor AC menjadi sering menghasilkan bunyi berisik dan tidak maksimal lagi. Cara mengetahui kerusakan kompresor dapat dilihat dari sight glass yang berwarna hitam. Yang mengindikasikan bahwa expansion valve atau receiver dryer tersumbat oleh kotoran. 

5. Cooling Fan Bermasalah

AC mobil yang tidak dingin juga dapat disebabkan oleh cooling fan motor yang mati atau masih menyala tapi putarannya sangat lemah. Hal ini dapat mengakibatkan kondensor menjadi tidak mampu membuang panas serta tidak dapat berjalan dengan baik sehingga udara dingin yang dihasilkan jadi tidak maksimal. 

6. Jumlah Penumpang yang Penuh

Tidak hanya di masalah teknisnya saja, rupanya kelebihan penumpang juga dapat membuat AC menjadi tidak dingin lagi. Terutama jika semua penumpang adalah orang dewasa, maka wajar apabila AC tidak menghembuskan udara dingin dengan maksimal.

Cara Mengatasi Masalah AC Tidak Berfungsi 

penyebab ac mobil tidak dingin

Memperbaiki AC Mobil

Jika masalahnya terletak pada bagian teknisnya, maka kamu harus segera membawa mobil ke bengkel untuk diservis. Namun ada baiknya kamu juga memperhatikan cara menyalakan AC mobil yang benar. Karena bisa saja faktor utamanya ada pada kamu yang selalu menyalakan AC mobil dengan cara yang tidak tepat. Dan perlu selalu diingat, cara menyalakan AC mobil dengan benar adalah sebagai berikut: 

Buka pintu dan kaca mobil selama kurang dari 1 menit terlebih dahulu. Setelah itu tutup semua pintu dan kaca mobil, dan nyalakan AC nya dari tingkat paling ke kecil, sampai paling dingin. Sebaiknya kisi-kisi AC tidak langsung diarahkan ke pengendara atau penumpang, tapi diarahkan ke atas / atap supaya udara sejuknya dapat tersebar lebih merata ke seluruh bagian dalam mobil. 

Demikian penjelasan mengenai penyebab AC mobil tidak dingin beserta cara mengatasinya. Tentunya kamu harus lebih sering melakukan pengecekan ke bengkel langganan atau bengkel resmi supaya AC mobil tidak mengalami masalah. 

Tinggalkan komentar Bro