Review Mobil Renault Koleos: Performa Tidak Bisa Dipandang Remeh!

Oleh : Writer Bro-In


Sebagai orang yang up to date dengan berbagai macam jenis mobil khususnya bertipe SUV, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan mobil SUV Renault Koleos. Walaupun nama Renault tidak begitu tenar dibanding Honda maupun Toyota, produsen otomotif asal Perancis ini tentu tak bisa dipandang sebelah mata. 

Koleos sendiri diproduksi di Busan, Korea Selatan oleh Renault Samsung Motor. Pertama kali Koleos diperkenalkan dalam bentuk konsep pada ajang Geneva Motor show di tahun 2000, dan enam tahun kemudian diperkenalkan di Mondial de I’ Automobile di Paris. 

Mobil SUV Koleos merupakan produk dari aliansi Renault-Nissan. Adanya aliansi antara Renault dan Nissan ini, membuat Renault-Nissan menjadi produsen keempat terbesar di dunia. Tidak heran apabila Koleos dan Nissan X-trail memiliki kesamaan dalam hal mesin dan platformnya. 

Apa Perbedaan Antara Mobil Renault Koleos dengan Nissan X-Trail?

Renault Koleos

Mobil Renault

Karena Nissan dan Renault beraliansi, tidak heran apabila mesin, platform serta teknologinya saling berkesinambungan. Ada pun perbedaan di antara kedua jenis mobil itu terletak pada hal-hal berikut.

1. Desain Eksterior

Meski disebut ‘saudara kandung’, Koleos dan Nissan X-Trail ternyata memiliki desain serta bentuk yang cukup signifikan. Koleos memiliki bentuk yang rounded atau lebih membulat dibandingkan X-Trail. Dan ukurannya pun 33 mm lebih panjang, 23mm lebih lebar, dan 42mm lebih rendah daripada Nissan X-Trail, demi untuk menghadirkan gaya modern berupa grill lebar serta tata lampu yang menarik. Yang mana membuat Koleos akan sekilas terlihat lebih bongsor tapi tidak lebih besar dari large SUV.

Untuk lampunya, kedua mobil ini sama-sama menggunakan headlamp LED dengan fitur DRL (Daytime Running Light), bedanya Koleos mempunyai penampang DRL yang lebih panjang dan menjulur hingga ke bumper. 

Baru-baru ini Koleos menambahkan kekuatan pada desainnya dengan teknologi yang diadopsi pada lampu belakang. Dengan menggunakan desain bergaya Eropa, serta LED, tampilan Koleos akan terlihat lebih mewah dibandingkan X-Trail.

Pada bagian bawahnya, Koleos telah menampilkan desain yang lebih fresh dengan menggunakan ban merk Nexen 225/60R18. 

2. Performa

Renault Koleos

Performa Mesin yang Kuat

Meski Koleos dan X-Trail menggunakan mesin yang sama, namun ada perbedaan pada tenaga serta torsi yang dimiliki keduanya. Koleos hanya mampu menyemburkan tenaga 168 dk/6.000 rpm, dengan torsi puncak mencapai 233 Nm/4.000 rpm. Hal ini disebabkan Koleos hanya memiliki mode berkendara ECO. Yang mana traction control yang dimiliki mobil besutan Renault ini tidak memiliki pilihan untuk dimatikan, sehingga fitur ini dapat menahan laju SUV Koleos saat berakselerasi. 

3. Desain Interior

Pada bagian dalamnya, atau interior, Koleos juga tidak kalah menarik dibanding dengan tampilan luarnya. Kini Koleos telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih. Mobil berkapasitas 5 penumpang ini memiliki beberapa fitur canggih pada bagian dashboardnya seperti tablet R-Link 2 yang memiliki layar seluas 8,7 inch, monitor, AC double blower, system audio, cup holder, USB, AUX-in dan masih banyak lagi. 

Bagian sistem kemudinya mengandalkan tipe Tilt Steering serta Steering Mounted Audio and Phone Controls, di mana fitur tersebut dapat memudahkan pengemudi dalam mengontrol musik maupun mengatur keadaan mobil tanpa harus beralih dari kemudi, jadi cukup dengan menekan panel-panel yang tersedia di bagian setir kemudi. 

Untuk penumpang depan, terdapat fitur head restraint yang dapat disetel naik turun, begitu pula untuk sudut kemiringan bantal kepala. Di baris kedua pun sama. Jok dapat digeser maju atau mundur, sandaran dapat disetel sesuai keinginan, dan fasilitas yang nyaman seperti cup holder, armrest hingga outlet AC. 

Outlet AC pada Koleos memiliki port USB dan AUX yang dapat digunakan untuk charging baterai gadget. Pada bagian belakangnya sendiri, Koleos tidak menambahkan jok lagi sehingga memiliki ruang barang yang cukup luas bervolume 458 liter, sangat lega untuk menampung barang-barang bawaan. 

Demikian penjelasan mengenai spesifikasi dari mobil Renault Koleos. Mobil ini dapat kamu miliki dengan harga mulai dari 488 juta, atau paling mahal 558 juta untuk varian Signature. 

Tinggalkan komentar Bro