Mau Ganti Warna Motor? Simak Dulu Tips Kombinasi Warna Cat Motor Ini! 

Oleh : Writer Bro-In


Mengecat ulang body motor telah menjadi salah satu aktivitas yang paling diminati pemilik motor khususnya bagi yang merasa bosan dengan warna motor yang itu-itu saja. Kamu juga mungkin adalah salah satu pemilik motor yang ingin mengecat ulang body motor dengan kombinasi warna yang kamu inginkan. Bisa jadi tips kombinasi warna cat motor ini dapat membantu kamu. 

Tips Kombinasi Warna Cat Motor

tips kombinasi warna cat motor

Proses Persiapan Sebelum Repaint Body Motor

Sebelum itu memasuki tahap pengecatan body motor, mari pahami dulu bagaimana tips dan trik dalam mengecat ulang body motor. Dalam melakukan pengecatan ulang bodi motor, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Dimulai dari foxy, lalu berlanjut ke tahap mendempul bagian permukaan yang tidak rata, dan terakhir adalah clear varnish. 

Secara keseluruhan, pengerjaan repaint body motor sendiri memiliki 7 tahapan, yaitu.

1. Pengelupasan Striping Asli

Tahap ini dibilang gampang gampang susah. Khususnya apabila jenis motor yang akan dicat ulang adalah Honda, ataupun motor keluaran lama. 

2. Menghilangkan Cat Lama

Setelah striping asli sudah terlepas, langkah selanjutnya adalah dengan menghilangkan cat lama pada bodi motor. Dengan menggunakan gerinda amplas hingga ketemu warna plastik. 

3. Foxy dan Pendempulan

Berlanjut dari tahapan kedua, maka yang dilakukan selanjutnya adalah foxy atau epoksi. Foxy akan menyebabkan permukaan bodi motor jadi tidak rata, maka dari itu diperlukan proses pendempulan.

4. Pelapisan Cat Dasar

Rupanya melapisi dengan cat dasar itu penting. Yang mana cat dasar berguna supaya cat berikutnya dapat melekat dengan kuat. Sehingga daya tahan cat pun akan lebih lama. Warna untuk cat dasar sendiri tidak boleh sembarangan. Jika kamu akan repaint body motor dengan warna biasa seperti merah, maka gunakan cat dasar warna putih. Untuk warna-warna candy atau metalik, sebaiknya menggunakan warna silver. 

5. Cat Body Motor

Dilanjutkan dengan pemasangan striping, dan setelah didiamkan 3 hari di lemari oven, maka baru boleh dilakukan pernis atau clear sebagai sentuhan akhir. 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Cat Ulang Motor

tips kombinasi warna cat motor

Proses Pengecatan Ulang Motor

Saat melakukan pengecatan ulang bodi motor, kamu juga perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut. 

1. Jarak Pengecatan

Baik menggunakan cat semprot kalengan maupun kompresor, kamu perlu memperhatikan jarak serta posisi yang ideal untuk menyemprotkan cat. Apabila kamu menggunakan cat semprot kalengan, jarak ideal penyemprotan antara 15 hingga 20 cm yang dihitung dari kaleng hingga ke permukaan. Jika penyemprotan dilakukan dengan jarak yang lebih atau kurang dari itu, maka hasil akan kurang maksimal.

Sedangkan jika kamu menggunakan kompresor, kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan kekuatan semprotan yang keluar. Hal ini dikarenakan tidak ada patokan pasti bagi penggunaan kompresor. Setelan kecil berguna untuk membuat garis tipis seperti airbrush, sedangkan setelan kuat serta menyebar digunakan untuk mengecat bidang yang besar. Oleh karena itu, saat memakai spray gun, dipastikan jaraknya harus sedikit lebih jauh.

2. Pemberian Pernis

Tujuan dari pelapisan pernis adalah supaya cat terlihat menjadi lebih kinclong, sekaligus melindungi lapisan cat dari berbagai gesekan. Tapi kamu perlu tahu satu hal, bahwa pernis yang harus dipakai ketika kamu menggunakan pengecatan menggunakan cat semprot kalengan, haruslah pernis model cat semprot kalengan pula. 

Jangan sekali-kali menggunakan pernis untuk cat oplosan. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko kerusakan pada lapisan cat. Penyemprotan pernis pun harus tipis-tipis supaya terlihat rapi dan tidak menyebabkan penimbunan yang dapat membuat cat bleber.  

3. Waktu Pengecatan

Pemilihan waktu pengecatan pun sangat penting. Kamu harus menghindari waktu-waktu seperti saat malam hari dan kondisi hujan. Proses pengadukan serta pencampuran cat harus dilakukan maksimal pukul 3 sore. Karena jika lebih dari itu, sorotan sinar matahari sore dapat menimbulkan bias untuk hasil campuran cat, sehingga mempersulit pengadukan cat.

Demikian tips kombinasi warna cat motor yang dapat kamu jadikan referensi. Penting bagi kamu untuk mengikuti tahapan serta hal-hal penting di atas supaya repaint body motor kamu berhasil. 

Tinggalkan komentar Bro