Cara Kirim Uang Pakai DANA yang Cepat dan Mudah

Oleh : Writer Bro-In


Bertransaksi kini semakin mudah lagi dengan perkembangan teknologi yang kian pesat. Kamu sudah tidak perlu lagi repot-repot membawa uang tunai berlembar-lembar untuk bertransaksi di tempat-tempat tertentu. Kini telah banyak aplikasi dompet digital seperti DANA yang hadir di Indonesia. Aplikasi ini memudahkan kamu dalam menyimpan uang tanpa harus membawa uang berlembar-lembar lagi. Lalu, bagaimana cara kirim uang pakai dana?

DANA sendiri merupakan aplikasi dompet digital besutan anak negeri yang telah berhasil menduduki peringkat 3 di kuartal 2 tahun 2019 setelah Gojek dan OVO. Aplikasi DANA versi terbaru telah memiliki fitur untuk kirim uang ke pengguna lain maupun ke rekening bank. Namun fitur ini hanya berlaku bagi pengguna premium, yang telah melakukan verifikasi KYC atau Know Your Customer dengan maksud untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi. 

Bagaimana Cara Kirim Uang Pakai DANA?

Cara kirim uang pakai aplikasi dana, yang harus ditempuh oleh seseorang terbilang mudah, cepat dan tidak ribet. Tapi perlu diingat, kamu harus melakukan verifikasi KYC sebelum melakukan transaksi kirim uang. Setelah akun kamu telah menjadi akun premium, maka kamu bisa menggunakan fitur ini. 

Cara Mengirim Uang ke Akun DANA lain

cara kirim uang pakai dana

Kirim Uang ke Akun Lain

Pertama kamu buka aplikasi DANA, dan pilih fitur Kirim yang berada di bagian atas. Lalu ketik nomor ponsel si penerima di kolom yang telah disediakan. Akan muncul hasil pencarian dengan dua pilihan, yaitu tambahkan penerima dengan akun bank dan tambahkan penerima menggunakan nomor hp. Pilih tambahkan penerima menggunakan nomor hp

Pastikan nomor tujuan penerima sudah benar dan terdaftar di DANA. Karena jika tidak, maka nama penerima dan logo DANA tidak akan muncul saat kamu akan memasukkan nominal.

Lalu ketik jumlah uang yang akan kamu kirim, dan klik Lanjut. Cek sekali lagi jumlah dana beserta nomor penerima, dan kalau sudah, klik KIRIM DANA. Selanjutnya kamu bisa klik Konfirmasi. Masukkan pin DANA kamu, dan transaksi pun selesai. Tidak ada biaya admin untuk transfer ke nomor lain, alias gratis. 

Cara Mengirim Uang ke Rekening Bank

cara kirim uang pakai danav

Kirim Uang ke Rekening Bank

Untuk cara kirim uang ke rekening bank, tahapannya juga mudah dan cepat. Pertama, kamu harus pastikan memiliki saldo minimal Rp 55.000 sebelum melakukan transfer ke rekening bank. Buka aplikasi DANA, klik fitur Kirim di bagian atas. Pilih Kirim ke Rekening Bank. Selanjutnya kamu diminta untuk mengisi informasi bank. Pastikan kamu teliti dalam menulisnya. Jika sudah, klik tambah akun baru.

Kamu akan diminta untuk mengisi nominal uang yang akan ditransfer. Minimal transfer adalah Rp 50.000. Lalu klik Kirim ke. Jika kamu sudah menyimpan kartu kredit atau debit di akun DANA, kamu bisa memilih menggunakan saldo kartu kredit atau debit. Dan terakhir, klik Kirim

Aplikasi DANA memberikan kesempatan sebanyak 10 kali transfer antar bank gratis, dan akan dikenai biaya transfer seperti transfer antar bank umumnya setelah 10 kali. Kamu juga bisa menarik saldo dari akun DANA menggunakan fitur tarik saldo. Cara tarik saldo DANA ke rekening bank juga terbilang mudah. Tap menu tarik saldo, pilih metode Transfer Bank, lalu masukan nominal uang yang akan ditarik, isi nama bank tujuan dan nomor rekening tujuan, lalu masukan pin akun DANA kamu. 

Nah, itulah informasi mengenai cara kirim uang pakai DANA yang bisa kamu praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Fitur kirim di aplikasi DANA baru diperkenalkan pada pers Maret 2019. Chrisma Albandjar selaku Chief Communication Officer DANA mengungkapkan bahwa tujuan dihadirkannya fitur Kirim ini adalah supaya para pengguna dapat melakukan transaksi kirim uang dengan mudah, kapan saja, di mana saja, dan tanpa kendala apa pun. 

Tinggalkan komentar Bro