Ini Dia Cara Jitu Cek iPhone Asli dan iPhone Palsu

Oleh : Writer Bro-In


iPhone merupakan smartphone besutan Apple yang dikhususkan bagi kalangan menengah ke atas. Harganya sangat fantastis untuk ukuran smartphone, karena didukung  oleh fitur-fitur serta kecanggihannya yang jauh di atas smartphone lainnya. September lalu, iPhone baru saja meluncurkan seri baru yaitu iPhone 11 dengan 3 versi, yaitu iPhone 11, iPhone 11 Pro serta iPhone 11 Pro Max. Bahkan belum lama ini dirumorkan Apple akan meluncurkan iPhone 12 dengan empat kamera. Saat ini, peminat dari smartphone Apple ini juga semakin tinggi. Sehingga mendorong para oknum tertentu memanfaatkan momen ini dengan menjual iPhone versi KW. Lalu bagaimana cara cek iPhone asli dan iphone palsu?

Cek iPhone Asli dengan 9 Cara Jitu

1. Amati Segi Harganya

cek iPhone asli

Membedekan iPhone Asli dan Palsu

Perbedaan yang paling signifikan sudah bisa dilihat dari harganya. iPhone ditargetkan bagi kalangan menengah ke atas, sehingga harga iPhone asli biasanya di atas Rp5 juta. Apabila saat membeli iPhone kamu tergiur dengan harga yang benar-benar jatuh, jangan langsung membelinya. Bisa jadi itu adalah produk palsu. 

Yang lebih membingungkan lagi, sekarang oknum-oknum nakal itu juga menjual iPhone palsu dengan harga yang setara dengan harga iPhone asli. Tapi kamu tidak perlu khawatir, selain dari segi harga, terdapat perbedaan yang signifikan dari segi lainnya. 

2. Garansi

Untuk membedakan iPhone asli atau palsu, cara selanjutnya adalah dengan melihat garansinya. iPhone palsu biasanya menggunakan garansi toko, atau garansi distributor tidak resmi. Dari melihat garansinya, kamu bisa tahu apakah iPhone ini benar-benar asli, atau malah palsu, rekondisi dan KW? iPhone asli tentu menggunakan garansi resmi, yang diberikan oleh distributor resmi Apple di Indonesia. 

Apabila penjual ngotot kalau garansinya resmi, coba kamu minta untuk cek garansi di toko tersebut. Jika garansinya ternyata sudah habis padahal kamu belum membeli produk iPhone tersebut, maka tidak salah apabila kamu curiga kalau ternyata iPhone itu bukan iPhone asli. 

3. Nomor Seri IMEI

Selain cek garansi, kamu juga harus mengecek kesamaan IMEI pada tiga tempat, yaitu di sistem, fisik, dan box iPhone. Apabila terdapat perbedaan nomor IMEI pada tiga lokasi tersebut, sebaiknya jangan dibeli. 

4. Slot Memori Eksternal

cek iPhone asli

iPhone Tidak Memiliki Memori Eksternal

Salah satu ciri paling spesifik yang membedakan antara iPhone dengan smartphone lainnya adalah ketersediaan slot memori eksternal. iPhone sama sekali tidak menyediakan slot untuk memori eksternal sejak versi pertama. Sebagai gantinya, iPhone memberikan kapasitas memori internal yang besar hingga 256 GB. Apabila iPhone yang akan kamu beli itu memiliki slot memori eksternal dan kapasitas memori internal yang kecil, kamu patut curiga kalau itu bukan iPhone asli. 

5. Segi Material

Cara mudah mengecek keaslian iPhone adalah dilihat dari segi materialnya. Apple menggunakan material premium bagi smartphone besutannya. Selain iPhone 5c, hampir seluruh versi iPhone telah mengusung material logam dan kaca yang berkualitas tinggi. Yang pasti, apabila materialnya biasa saja seperti smartphone kebanyakan, bisa disimpulkan bahwa itu adalah iPhone palsu.

6. App Store

Berbeda dengan Android yang menggunakan Google Play Store untuk mengunduh aplikasi, iPhone memanfaatkan App Store untuk hal ini. Kamu hanya dapat menemukan App Store di produk-produk asli Apple, seperti iPhone, iPad maupun iPod. Apabila kamu tidak menemukan App Store, dan malah menemukan Google Play Store, bisa dipastikan itu merupakan iPhone palsu. 

7. Retina Display

Untuk cara yang satu ini, kamu membutuhkan pembanding berupa iPhone yang benar-benar asli. iPhone asli dilengkapi oleh Retina Display, sehingga tampilannya sangat jernih dan halus, di mana matriks kecilnya hanya bisa dilihat dalam jarak yang sangat dekat atau bahkan harus dengan bantuan kaca pembesar. Apabila yang terjadi malah sebaliknya, lebih baik jangan dibeli. 

8. Tombol Screenshot

Setiap jenis ponsel memiliki trik screenshot yang berbeda-beda. Salah satunya iPhone yang menggunakan tombol lock dan home secara bersamaan. Trik screenshot ini sama untuk semua jenis iPhone. Jika ternyata berbeda, perlu dicurigai kalau itu bukan iPhone asli. 

9. Mendeteksi dengan iTunes

cek iPhone asli

iTunes Merupakan Aplikasi Khusus yang Hanya Ada di iPhone

iTunes hanya mampu mendeteksi iPhone asli. Apabila iTunes gagal membaca iPhone yang berusaha kamu hubungkan ke komputer, terdapat kemungkinan bahwa iPhone itu palsu. 

Demikian penjelasan mengenai cara cek iPhone asli. Disarankan untuk menghindari pembelian secara online dan sebagai gantinya lebih baik mendatangi langsung toko offline yang merupakan Authorized Reseller Apple di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Tinggalkan komentar Bro