Cara Mengaktifkan Dark Mode Gmail Android

Oleh : Writer Bro-In


Dark Mode atau mode gelap memang cukup disukai oleh para pengguna smartphone karena lebih nyaman ke mata dan konon katanya dapat lebih menghemat penggunaan daya perangkat. Saat ini, sudah banyak aplikasi yang menambahkan fitur mode gelap seperti Twitter dan YouTube yang dapat diaktifkan di masing-masing pengaturan. Gmail sebagai salah satu aplikasi penting dalam kegiatan sehari-hari juga mendapatkan banyak permintaan cukup tinggi akan hadirnya fitur mode gelap dalam aplikasi mereka. Dan akhirnya, Google selaku pengembang sudah mengabulkan hal itu dengan merilis dark mode gmail android.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Gmail Android?

dark mode gmail android

Gmail Mode Gelap

Tak mau kalah dengan aplikasi-aplikasi lainnya, Gmail pun akhirnya ikut menambahkan fitur model gelap untuk aplikasinya. Baik untuk android maupun iOS. Namun untuk bisa menggunakan fitur ini, kamu harus memastikan bahwa smartphone kamu telah menggunakan Android 10 atau iOS 13. 

Setelah memastikan bahwa perangkat yang kamu miliki memang sudah kompatibel dengan fitur mode gelap, terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan dark mode gmail android.

Pertama, kamu perlu mendownload terlebih dahulu aplikasi Gmail versi terbaru, lalu install. Setelah itu, silahkan ketuk tiga garis saling bertumpuk yang berada di bagian paling kiri atas aplikasi Gmail, kemudian gulir ke bawah sampai menemukan Setting. Setelah menemukan menu setting, cari tulisan Theme dan klik pada menu itu. Kemudian, pilih Dark Mode dan aplikasi Gmail kamu pun secara otomatis akan berubah menjadi dark mode.

Cara lain untuk mengaktifkan dark mode pada aplikasi Gmail adalah cukup dengan mengaktifkan dark mode dari Android 10. Google telah merancang dark mode ini akan secara otomatis diikuti oleh beberapa aplikasi pada android yang sudah menggunakan Android 10. Jadi kamu tidak perlu lagi harus mengaktifkan dark mode aplikasi satu persatu. 

Tidak semua ponsel sudah menggunakan Android 10. Jenis ponsel yang pertama kali mencobanya adalah Google Pixel dan Essential Phone. Untuk jenis ponsel lain seperti Huawei baru akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2020. 

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan dari Fitur Mode Gelap?

dark mode gmail android

Fitur Dark Mode Android

Dark Mode menjadi banyak peminatnya tentu bukan tanpa alasan. Ada banyak kelebihan yang diberikan saat pengguna smartphone menyalakan mode ini, meskipun juga disertai dengan kekurangan.  

1. Daya atau Baterai Lebih Tahan Lama

Ini hanya berlaku untuk ponsel yang menggunakan layar OLED, berdasarkan artikel yang dilansir oleh Forbes. Di mana saat dark mode diaktifkan maka sebagian besar piksel di layar ponsel akan mati yang menjadikan penggunaan daya lebih hemat. Kelebihan ini tidak berpengaruh sama sekali pada ponsel yang masih menggunakan layar LCD. Ponsel-ponsel yang sudah menggunakan layar OLED ini antara lain iPhone versi terbaru yaitu iPhone X, iPhone XS, lalu Samsung Galaxy seri S, serta Pixel. 

2. Lebih Nyaman di Mata

Bagi kamu yang kurang nyaman dengan cahaya ponsel yang terlalu menyilaukan, mengaktifkan dark mode dapat membuat kamu lebih nyaman.

3. Tampilan Lebih Menarik

Dengan latar belakang warna hitam, teks maupun tampilan visual khususnya warna putih akan jadi menonjol, sehingga memberikan tampilan visual yang menarik.

Walaupun memiliki beberapa kelebihan yang disukai banyak orang, nyatanya fitur mode gelap ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut adalah fitur ini bukan untuk semua orang, atau dengan kata lain tidak cocok untuk semua orang.

Hasil dari riset Universitas Passau menyebutkan bahwa kegiatan membaca teks cepat dan mendeteksi kesalahan penulisan akan lebih cepat jika menggunakan layar putih atau day mode. Dan menurut penelitian dari University of British Columbia menyatakan bahwa dark mode ternyata akan menyulitkan bagi orang dengan mata silinder atau yang memiliki astigmatisme. Dikarenakan orang dengan mata silinder biasanya memiliki kesulitan dalam mendeteksi garis lurus, membedakan warna, pandangan jadi kabur dan mata yang lebih sensitif terhadap cahaya. 

Nah, itulah informasi mengenai dark mode gmail android dan bagaimana cara mengaktifkannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian ya! 

 

Tinggalkan komentar Bro