Jenis-jenis Kertas yang Cocok Untuk Menggambar 

Oleh : Writer Bro-In


Menggambar merupakan sebuah kegiatan untuk memvisualisasikan imajinasi yang kita miliki menggunakan beragam pilihan alat serta teknik. Salah satu yang paling digemari adalah menggambar dengan menggunakan media kertas. Namun tidak sembarangan jenis kertas bisa digunakan untuk menggambar. Kamu harus benar-benar memahami jenis kertas untuk menggambar yang cocok dengan alat yang kamu gunakan. Selain kertas putih, ada juga loh jenis kertas hitam.

Katakanlah kamu ingin menggambar menggunakan pensil, maka kamu harus memilih jenis kertas yang cocok dengan pensil. Pilihan paling mudah adalah dengan menggunakan sketchbook. Tapi dalam memilih sketchbook pun kamu harus memperhatikan jenis kertas yang sesuai dengan material yang kamu gunakan. Untuk pensil sendiri, jenis kertas yang tepat adalah drawing paper atau croquis paper. Drawing paper merupakan kertas serbaguna yang bisa dipakai untuk berbagai tujuan, sedangkan croquis paper sendiri lebih dikhususkan pada menggambar sketsa.

Apa Saja Jenis Kertas untuk Menggambar yang bisa Dipilih?

Jenis kertas yang bisa kamu gunakan untuk menggambar sendiri ada banyak pilihannya, dan berikut ini beberapa pilihan jenis kertas yang bisa kamu gunakan untuk menjadi bidang imajinasimu:

Kertas Manila

jenis kertas untuk menggambar

Kertas Manila

 

 

 

 

 

 

 

Jenis kertas yang bisa digunakan untuk menggambar yang pertama adalah kertas manila. Dengan tekstur lembut, dan halus, kertas ini cocok digunakan sebagai medium untuk menggambar menggunakan pensil hitam putih. Untuk jenis ini cukup mirip dengan kertas BW dan BC, kurang cocok untuk pensil warna, dikarenakan kertas ini kurang mampu menyerap pigmen dari pensil warna serta permukaannya yang licin sehingga sulit untuk menumpuk warna.

Kertas Concorde

jenis kertas untuk menggambar

Kertas Concorde

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain Manila, kertas Concorde juga merupakan jenis kertas untuk menggambar yang cocok menggunakan pensil. Meski pada lazimnya kertas ini digunakan untuk percetakan undangan, sertifikat, dan sejenisnya, tapi karena teksturnya yang penuh dengan serat garis tak beraturan, maka akan menciptakan efek tekstur berlubang-lubang yang artistik di setiap arsirannya. 

Kertas Kopenhagen

jenis kertas untuk menggambar

Kertas Kopenhagen

Teksturnya yang sederhana menjadikan kertas Kopenhagen menjadi salah satu jenis kertas yang sesuai untuk menggambar menggunakan pensil. Menciptakan efek garis-garis lurus dari arsiran pensil yang dibuat, karena kertas ini memiliki tekstur garis kecil lurus yang searah. Sama seperti kertas manila, kertas Kopenhagen kurang cocok menggunakan pensil warna, khususnya kertas Kopenhagen yang berwarna cerah. 

Kertas Linen/Buffalo

jenis kertas untuk menggambar

Jenis Kertas Linen

Mirip seperti kertas Concorde, kertas linen lazimnya digunakan dalam pembuatan sertifikat, kartu undangan dan cetak foto. Tekstur dan motifnya pun hampir mirip dengan kertas Concorde, bedanya kertas linen terlihat padat menyerupai serat kain, dengan garis-garis pendek secara vertikal maupun horizontal. Cocok digunakan jika kamu ingin menggambar wajah. Yang perlu kamu ingat, jika kamu menggambar menggunakan kertas linen, gunakanlah sisi bagian belakang kertas. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir efek tekstur yang berlebih pada detail gambar. Pilihlah warna putih jika menggunakan pensil warna. Dan pilihlah kertas linen berwarna cream jika ingin menggambar dengan pensil hitam putih. 

Kertas Samson

jenis kertas untuk menggambar

Contoh Kertas Samson

Merupakan kertas hasil daur ulang yang biasanya berwarna kecoklatan. Tidak terlalu tebal, maupun terlalu tipis. Biasanya digunakan untuk membuat amplop surat dan paper bag. Sangat mudah didapatkan di toko-toko alat tulis. Dan kertas ini cocok digunakan untuk menggambar menggunakan pensil, yakni pensil warna maupun pensil hitam putih. 

Kertas Import

jenis kertas untuk menggambar

Contoh Kertas Impor

Banyak pilihan tapi cukup jarang ditemukan di toko alat tulis kecil. Kamu harus membelinya di toko besar atau secara online untuk mendapatkan kertas impor. Setiap brand menyediakan banyak pilihan jenis kertas menyesuaikan dengan alat menggambarnya. Brand yang memproduksi kertas impor terbaik diantaranya Daler Rowney, Canson, Winsor & Newton, Derwent, dll. Biasanya brand yang paling mudah ditemukan adalah Canson. Kertas Canson sendiri cocok dijadikan medium untuk alat berupa pensil, cat akrilik, powder/charcoal stick, dan cat air. Permukaannya lembut yang tidak membuat lukisan menjadi kusam, tapi justru akan terkesan elegan. 

Itulah beberapa jenis kertas untuk menggambar yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Sekali lagi perlu diingat bahwa pemilihan jenis kertas untuk menggambar harus disesuaikan dengan alatnya beserta tekniknya, demi mencapai hasil yang maksimal. 

Tinggalkan komentar Bro