Keunggulan Android 10 Terbaru yang Keren dan Intuitif!

Oleh : Writer Bro-In


Android akhirnya meluncurkan OS terbaru mereka di tahun 2019 yang dinamai dengan Android 10. Terdapat banyak keunggulan Android 10  ini yang sangat dinanti-nanti oleh para pengguna android. Sayangnya tidak semua jenis ponsel yang mendapatkan sistem operasi baru ini. Jenis ponsel pertama yang mendapatkannya adalah Pixel. Lalu merambah hingga Essential Phone, Redmi K20 Pro, Nokia, dan beberapa jenis ponsel Huawei.

Awalnya, seri terbaru ini akan dinamai dengan Android Q sebagai lanjutan dari penamaan OS secara alfabetis setelah Android Pie. Selain itu, sudah banyak yang memprediksi jika Google akan memberikan sistem operasi mereka dengan nama kudapan layaknya pada sistem sebelumnya. Tapi rupanya Google menyederhanakan nama OS mereka dengan angka, sehingga para pengguna android pun akan sadar apakah versi OS yang mereka pakai adalah yang terbaru atau bukan. 

Apa Saja Keunggulan Android 10?

keunggulan android 10

Seri Terbaru Android

Jauh sebelum peluncurannya, sudah banyak pihak yang yakin jika seri terbaru dari android ini akan menawarkan berbagai kelebihan yang akan semakin memudahkan para penggunanya. Dan berikut ini merupakan berbagai keunggulan android 10 yang sangat intuitif untuk digunakan: 

1. Sudah Didukung dengan Jaringan Seluler 5G

Kamu mungkin mengira kalau jaringan seluler tercepat adalah 4G, tapi kini sudah ada jaringan seluler generasi kelima alias 5G. Jaringan seluler 5G menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi dengan latensi rendah. Sebagai OS Android terbaru, Google mengadopsi 5G untuk dukungan teknologi seluler terbarunya. 

2. Adanya Fitur Sharing Shortcuts

Fitur ini akan mempermudah kamu dalam membagikan file ke suatu aplikasi dengan lebih spesifik dan cepat. Yang tentunya tidak akan membuat kamu ribet lagi untuk membagikan file.

3. Tersedianya Fitur Live Caption

Fitur ini memberi manfaat di mana saat memutar video, maka audionya dapat diterjemahkan dalam teks secara real-time. Dan teks terjemahan itu akan terpampang di depan video seperti CC dalam Youtube. Kamu tidak perlu khawatir membutuhkan jaringan data/internet, karena penerjemahan ini dapat dilakukan secara offline. Adanya fitur ini akan membantu para tunarungu saat menonton sebuah video.

4. Fitur Dark Theme atau Dark Mode

keunggulan android 10

Mode Gelap Pada Android

Adanya fitur tema / mode gelap ini cocok bagi kamu yang tidak suka dengan kecerahan layar ponsel yang menyilaukan mata. Dengan diaktifkannya fitur ini, kamu juga akan menghemat daya / baterai perangkat. Google juga telah menggunakan API baru sehingga aplikasi-aplikasi di ponsel dengan Android 10 ini secara otomatis akan ikut menggunakan mode gelap ketika fitur ini diaktifkan. 

5. Fitur Focus Mode

Di mana sistem akan dapat mengidentifikasikan serta memblokir aplikasi tertentu yang dinilai cukup mengganggu, bahkan dapat pula membisukan notifikasinya. 

6. Fitur Gesture Navigation

Fitur ini menawarkan sistem navigasi gerakan dengan operasi layar penuh yang lebih komprehensif. Pengguna juga diberikan opsi untuk menyesuaikan sensitivitas guna menghindari kesalahan. 

7. Fitur Security & Privacy

keunggulan android 10

Keamanan dan Privasi yang Semakin Mantap

Kamu tidak perlu khawatir privasi kamu akan diserang oleh aplikasi penyusup atau malware, karena dengan fitur ini maka lokasi, kontak, riwayat penelusuran serta informasi data privasi lainnya akan dibatasi dan diproteksi. 

8. Parental Controls

Fitur ini sangat membantu orangtua untuk mengontrol penggunaan smartphone pada anak-anak. 

9. Smart Reply

Fitur ini akan memudahkan kamu dalam mengetik balasan chat. Saat kamu mengetik, maka akan muncul prediksi kata, bahkan hingga emojinya. Nilai plusnya, fitur ini dapat bekerja di semua aplikasi chat yang terpasang di smartphone dengan sistem android.

10. Fitur Suggested Action

Di mana dengan fitur ini saat seseorang mengirimkan alamat padamu, maka secara otomatis OS yang berjalan akan mengarahkannya ke Google Maps.

Demikian ulasan mengenai keunggulan Android 10 yang ternyata benar sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Untuk jenis ponsel Nokia 1, Nokia 2.1, Nokia 3.1, Nokia 5.1 dan Huawei baru akan mendapatkan Android 10 ini pada kuartal kedua di tahun 2020. Nah, apakah ponsel Anda juga termasuk yang mendapatkan update?

 

Tinggalkan komentar Bro