Ini Dia Daftar Makanan Aneh di Indonesia, Berani Coba?

Oleh : Writer Bro-In


Membahas soal kuliner memang tak ada habisnya. Apalagi Indonesia memiliki keanekaragaman kuliner yang luar biasa. Berbagai jenis makanan seolah ada, mulai dari yang biasa hingga tak biasa. Setiap daerah maupun negara memiliki ciri khasnya masing-masing. Termasuk beberapa jenis makanan aneh di Indonesia yang menarik untuk dibahas. Nah, apa saja makanan aneh tersebut? Simak informasinya berikut ini. 

Daftar 5 Makanan Aneh di Indonesia

Ada beberapa contoh jenis makanan aneh yang bisa dijumpai di Indonesia. Makanan ini disebut aneh karena dibuat dari bahan-bahan yang tidak umum. Walaupun dibuat dari bahan yang tidak biasa, nyatanya beberapa makanan aneh tersebut justru memiliki kandungan nutrisi yang tinggi loh! 

1. Sate Kuda

makanan aneh di Indonesia

Hidangan Anti Mainstream Sate Kuda

Selama ini mungkin kamu hanya mengenal sate ayam, sate kambing dan sate sapi. Tapi siapa kira kalau ternyata masih ada banyak jenis sate lainnya salah satunya sate kuda. Sate kuda ternyata memiliki manfaat yang baik khususnya bagi pria. Beberapa manfaatnya yang benar-benar terbukti adalah meningkatkan vitalitas, menyembuhkan pegal, rematik, lesu, serta dipercaya dapat menyembuhkan sakit yang berhubungan dengan pernapasan seperti asma, gatal-gatal eksim, sakit ayan, hingga epilepsi. Di Indonesia sendiri, bisnis kuliner sate kuda sudah tergolong sangat banyak dan mudah untuk ditemui. 

2. Sate Kelinci

Masih ranah sate-satean, kali ini datang dari daging kelinci. Kamu mungkin tidak membayangkan kalau hewan lucu itu memiliki daging kaya protein yang kemudian diolah menjadi sate. Jika sate kuda sangat bermanfaat bagi pria, sate kelinci justru bermanfaat bagi wanita. Namun bukan berarti pria tidak boleh ikut mengonsumsi daging putih ini ya. Lantas apa saja khasiat yang akan didapat? Di antaranya meredakan infeksi tenggorokan, asam urat, dapat menyembuhkan penyakit asma, dan baik dikonsumsi bagi yang memiliki kolesterol. Untuk mendapatkan manfaat berupa vitalitas pria, disarankan untuk makan sate torpedo kelinci jantan. 

3. Belalang Goreng

makanan aneh di Indonesia

Belalang Goreng yang Renyah

Siapa kira kalau belalang tidak bisa dijadikan olahan makanan? Di Gunungkidul, Yogyakarta kamu akan sangat mudah menemukan sajian kuliner berupa belalang goreng. Mungkin kamu berpikir kalau belalang tidak punya kandungan nutrisi apapun, padahal sebenarnya belalang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi loh. Bahkan manfaatnya tidak kalah dari daging hewan ternak lainnya, diantaranya meremajakan kulit, dapat menurunkan kolesterol, mempercepat penyembuhan luka, mencerdaskan otak, serta baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Jadi jangan ragu untuk menyantapnya saat kamu mendapat kesempatan. 

4. Teripang

Jika kamu pecinta seafood, sudah seharusnya kamu tidak asing lagi dengan olahan teripang. Meski memiliki bentuk yang menggelikan, dunia kesehatan sudah menyepakati bahwa teripang memiliki kandungan yang sangat luar biasa. Salah satunya untuk melawan kanker. Karena teripang mengandung zat sitotoksik yang dapat melawan sel kanker diantaranya kanker prostat, kanker payudara, dan kanker kulit. Protein tingginya juga cocok dikonsumsi bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung maupun yang sedang melakukan diet protein tinggi. Namun sebaiknya jangan dikonsumsi jika kamu alergi dengan makanan laut, dan akan memberi efek berbahaya bagi yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah maupun obat-obat seperti aspirin dan warfarin. Sehingga sebaiknya konsultasikan terlebih dulu pada dokter. 

5. Ulat Sagu

makanan aneh di Indonesia

Ulat Sagu untuk Dimakan

Ternyata, ulat tidak semuanya berdampak buruk bagi kesehatan, terutama ulat sagu. Ulat ini akan mudah ditemukan di wilayah Timur Indonesia. Warna badannya putih dengan kepala hitam, dan memiliki bentuk yang gemuk. Di bagian Timur Indonesia, ulat sagu ini sudah diolah sebagai makanan sehari-hari, baik untuk camilan maupun lauk saat makan. Ulat sagu memiliki banyak manfaat salah satunya mencegah berbagai penyakit seperti asma, rematik, depresi bahkan menurunkan risiko penyakit alzheimer. Dapat pula membangun otot bahkan memperbaiki suasana hati. 

Nah, itulah beberapa makanan aneh di Indonesia yang terbuat dari bahan makanan yang tidak umum. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? 

Tinggalkan komentar Bro