Memahami Lebih Dalam Makna Lagu Imagine John Lennon

Oleh : Writer Bro-In


Jika membicarakan tentang lagu terbaik sepanjang masa, lagu Imagine karangan John Lennon sudah pasti menjadi jawabannya. Bagi kamu yang belum pernah dengar lagu ini, kamu akan mengira ini hanyalah suatu lagu tentang cinta belaka. Namun siapa sangka, lagu Imagine rupanya adalah lagu perdamaian. Dari sinilah pentingnya kamu memahami lebih dalam makna lagu Imagine John Lennon ini. 

Lagu ini dirilis pada tahun 1971, yang kemudian menduduki tangga musik ke-3 di Billboard Hot 100 dan urutan ke-6 di Britania Raya. Di tahun 2004, lagu ini kemudian terpilih sebagai lagu ketiga terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone. Bahkan mantan presiden Amerika Serikat yakni Jimmy Carter mengungkapkan bahwa lagu “Imagine” diperdengarkan di hampir 125 negara yang pernah dikunjunginya sampai-sampai sama seringnya seperti lagu kebangsaan. Lantas, apa yang makna lagu “Imagine” John Lennon ini yang membuatnya sangat berpengaruh di dunia? 

Lirik Lagu Imagine dan Terjemahannya

makna lagu imagine John Lennon

Lagu yang Banyak Didengarkan di Banyak Negara

Jika hanya melihat dari liriknya saja, kemungkinan kamu masih bisa salah memahami maknanya. Pada kenyataannya ini adalah sebuah harapan tulus dari seorang John Lennon yang menginginkan adanya perdamaian di dunia ini. Dan ide utamanya terletak di kata ‘imagine’, dimana pendengar diminta untuk membayangkan. Berikut merupakan lirik dari ‘imagine’ dari John Lennon:

Imagine, there’s no heaven (bayangkan, tidak ada surga)

It’s easy if you try (mudah jika kau berusaha)

No hell below us (tidak ada neraka di bawah kita)

Above us only sky (hanya ada langit di atas kita)

Imagine all the people (bayangkan semua orang)

Living for today (hidup untuk hari ini)

Imagine there’s no countries (bayangkan tidak ada negara-negara)

It isn’t hard to do (tidaklah sulit melakukannya)

Nothing to kill or die for (tidak ada yang dibunuh atau terbunuh)

And no religion too (dan tidak ada agama juga)

Imagine all the people (bayangkan semua orang)

Living life in peace (menjalani hidup dalam kedamaian)

You may say I am dreamer (kau mungkin menyebutku pemimpi)

But I’m not the only one (tapi aku bukan satu-satunya)

I hope someday you will join us (kuharap suatu hari kau akan bergabung dengan kami)

And the world be as one (dan dunia pun akan menjadi satu/bersatu)

Imagine no possessions (bayangkan tidak ada harta benda)

I wonder if you can (aku bertanya-tanya apakah kamu bisa)

No need for greed or hunger (tidak perlu serakah atau kelaparan)

A brotherhood of man (persaudaraan manusia)

Imagine all the people sharing the world (bayangkan semua orang berbagi dunia)

Makna Lagu Imagine John Lennon

makna lagu imagine John Lennon

Menyimpan Makna yang Sangat Dalam

Pada bait pertama, kamu sebagai pendengar seolah diminta untuk membayangkan seandainya surga dan neraka tidak ada, dan hanya ada langit yang berada di atas. Dapat diinterpretasikan bahwa kita sebagai manusia harus hidup dengan saling peduli dan berbuat baik ke sesama, tanpa memikirkan imbalan apa pun. Kemudian bayangkan, jika semua orang menjalani hidup yang damai dengan saling peduli dan mengasihi untuk hari ini.

Kemudian di bait kedua, kamu diminta membayangkan seolah tidak ada yang namanya negara di dunia ini, sehingga tak ada lagi perpecahan yang mengharuskan orang-orang dari satu negara membunuh orang-orang dari negara lain demi kejayaan negara mereka sendiri. Lebih jauh lagi, sebagian besar perang yang pernah terjadi di masa lalu bahkan saat ini, adalah karena perselisihan antar negara dan kelompok agama. Yang mana pasti memakan banyak korban jiwa, sehingga John Lennon pun meminta pendengarnya membayangkan jika semua orang menjalani hidup dalam kedamaian, pasti dunia akan lebih indah. 

Pada bait chorus, John Lennon seolah menyadari bahwa orang-orang akan menyebutnya sebagai pemimpi, tapi dia tahu bahwa tidak hanya dia seorang yang memimpikan dunia dengan kedamaian itu. Sehingga ia hanya bisa berharap, suatu hari nanti orang-orang itu akan bergabung dengannya dan para ‘pemimpi’ lainnya, sehingga kemudian dunia akan bersatu. 

Dan di bait selanjutnya, Lennon menambahkan perkara harta benda, yang kerap menjadi sumber dari adanya peperangan di muka bumi. Sekali lagi meminta pendengar untuk membayangkan jika tidak ada harta benda di dunia ini, apakah mungkin keserakahan dan kelaparan akan musnah dari muka bumi? Yang kemudian akan menciptakan persaudaraan di antara manusia, dan bayangkan semua orang saling berbagi dunia beserta isinya bersama-sama.  

Pentingnya Memahami Makna Lagu Imagine

Lagu dengan makna yang dalam ini memang perlu dipahami lebih lanjut supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Yoko Ono, selaku istri dari Lennon dan penginspirasi terbesar Lennon dalam pembuatan lirik lagu ini menyebutkan bahwa awalnya mereka sendiri tidak menyangka bahwa lagu ini akan menjadi lagu yang sangat berpengaruh di seluruh dunia, karena mereka menulisnya dengan mempercayai setiap bait yang tertulis karena mencerminkan perasaan Lennon dan Ono.

Demikian penjelasan mengenai makna lagu Imagine John Lennon. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Tinggalkan komentar Bro