Ketahui Manfaat dan 3 Teknik Lari Jarak Pendek untuk Tubuh Sehat

Oleh : Writer Bro-In


Lari jarak pendek menjadi salah satu cabang olahraga atletik yang banyak diminati di Indonesia. Untuk memenangkan lomba dalam lari jarak pendek, tentu setiap pelari membutuhkan teknik lari jarak pendek yang tepat. Lalu, apa manfaat melakukan lari jarak pendek untuk tubuh?

3 Teknik Lari Jarak Pendek

Untuk menjadi pelari profesional, maka Anda terlebih dahulu harus memahami dengan pasti teknik dasar dalam lari jarak pendek. Hal ini diperlukan supaya bisa melakukan lari jarak pendek dengan benar baik dari segi posisi dan lainnya. Berikut ini beberapa teknik dasar yang dapat dilakukan saat lari jarak pendek:

1. Teknik Start

Teknik awalan ini menjadi salah satu gerakan yang menentukan apakah pelari tersebut berhasil mencapai garis finis dengan cepat atau tidak. Atlet harus menguasai teknik ini guna lebih nyaman saat berlari. Melakukan teknik ini dengan benar menjadi hal yang penting. 

2. Gerakan Berlari

teknik lari jarak pendek

Teknik Gerakan Berlari

Untuk teknik dasar yang selanjutnya adalah gerakan tubuh saat sedang berlari. Ini menjadi salah satu penentu penting yang menentukan kemenangan pelari. Dalam hal ini, dibutuhkan koordinasi serta keseimbangan sehingga kecepatan pelari dapat stabil. 

Teknik yang dapat dilakukan adalah dengan memposisikan badan sedikit condong ke depan. Ini bertujuan agar lebih nyaman dan tidak mudah lelah. Selanjutnya lakukan tolakan dengan kuat saat berlari. Jangan lupa untuk menggunakan langkah lebar dengan gerakan tangan menuju dagu. Tingkatkan kecepatan dalam setiap langkah hingga mencapai stabil. 

3. Gerakan Finish

Cara melakukan gerakan ini adalah dengan tidak mengurangi kecepatan saat akan tiba di garis finish. Selanjutnya, condongkan badan anda ke bagian depan. Badan yang condong ke depan ini diharapkan bahwa badan akan dapat menyentuh pita berlebih dahulu. Ini memperbesar peluang untuk menang. 

Manfaat Melakukan Lari Jarak Pendek untuk Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat pertama dari lari jarak pendek adalah menjaga kesehatan tubuh. Seperti olahraga pada umumnya, lari jarak pendek juga merupakan olahraga yang sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya, ketika melakukan olahraga ini semua bagian tubuh juga ikut bergerak dan hal ini tentunya membuat tubuh menjadi bebas dari gangguan kesehatan apapun. 

2. Melatih Kecepatan

teknik lari jarak pendek

Lari Jarak Pendek Bisa Melatih Kecepatan

Prinsip dari lari jarak pendek adalah mencapai garis akhir secepat mungkin. Hal ini yang membuat olahraga ini cocok dilakukan bagi Anda yang ingin melatih kecepatan diri. Lakukan teknik berlari ini dengan rutin agar kecepatan Anda dapat lebih baik dan meningkat dari sebelumnya. 

3. Meningkatkan Kelincahan

Selain kecepatan, olahraga ini juga meningkatkan kelincahan tubuh. Apalagi bagi Anda yang berprofesi sebagai pemain sepakbola atau basket. Maka, latihan tepat yang dapat membantu meningkatkan kelincahan Anda dalam bermain dilapangan, salah satunya dapat dilakukan dengan lari jarak pendek ini. 

4. Sebagai Sarana Menurunkan Berat Badan

teknik lari jarak pendek

Lari Jarak Pendek Bisa Membantu Proses Penurunan Berat Badan

Jenis lari yang satu ini juga dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, dalam waktu singkat dapat dipastikan banyak lemak yang terbakar akibat olahraga ini. Oleh karena itu, ketika sedang menjalankan diet, juga dianjurkan untuk lari jarak pendek agar tubuh bisa semakin ideal. 

5. Melatih Ketahanan Otot

Lari jarak pendek juga membantu untuk melatih ketahanan otot. Pasalnya, semua bagian tubuh turut mengambil bagian saat Anda sedang berlari. Dan secara otomatis, otot juga akan semakin terlatih dan lebih kuat dari sebelumnya. 

Demikian di atas merupakan informasi mengenai manfaat dan 3 teknik lari jarak pendek yang dapat Anda lakukan. Teknik di atas dapat Anda ikuti agar menang ke garis finish di barisan pertama. Jangan lupa untuk selalu berolahraga dan jaga kesehatan ya!

Tinggalkan komentar Bro