5 Cara Cuci Baju Dengan Tangan Agar Baju Tetap Awet dan Tidak Rusak

Oleh : Writer Bro-In


Mencuci pakaian saat ini banyak menggunakan mesin cuci mengingat semakin banyak orang yang menggunakan mesin cuci. Akan tetapi, dalam beberapa kasus baju tidak dapat dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Oleh sebab itu, maka Anda juga harus mengetahui bagaimana cara cuci baju dengan tangan yang benar. 

Cara Cuci Baju dengan Tangan Tanpa Merusak Baju

Bagi yang terbiasa mencuci baju menggunakan tangan, tentu sudah tahu bagaimana cara mencuci yang benar. Akan tetapi, bagi yang kesehariannya menggunakan mesin cuci tentu masih bingung mengenai cara mencuci menggunakan tangan. Bagi yang masih bingung cara cuci baju dengan tangan, maka berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Masukkan Baju Setelah Ember Terisi Air dan Detergen

cara cuci baju dengan tangan

Jangan Masukkan Baju Sebelum Ember Terisi Air dan Detergen

Kebanyakan orang tentu berpikir bahwa memasukan baju atau air terlebih dahulu tidak ada bedanya. Dan cenderung memasukkan baju sebelum ember terisi air dan detergen. Padahal, hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa baju anda bersih dengan maksimal dan terjaga kualitasnya. 

Saat air dan detergen dicampurkan terlebih dahulu, maka detergen dapat larut di dalam air. Hal ini menunjukkan bahwa partikel aktif detergen telah siap menyerap kotoran pada kain. Hal ini akan membuat kerja detergen jauh lebih maksimal dibandingkan dengan memasukan baju terlebih dahulu.

2. Kucek dengan Lembut

Banyak orang yang tidak sabar dalam menghilangkan pakaian di noda. Akibatnya, mereka menggunakan sikat untuk menghilangkan noda tersebut. Padahal, ini berakibat fatal pada kualitas baju yang dimiliki. Pasalnya, baju yang disikat dapat merusak serat pada kain. 

Bagi Anda yang memiliki noda membandel pada baju, maka dapat merendam baju tersebut dalam air detergen. Tunggu dan diamkan hingga beberapa saat. Setelah 15 menit baru kemudian kucek baju tersebut dengan lembut. 

3. Jangan Bilas pada Air Mengalir

cara cuci baju dengan tangan

Jangan Biasakan Untuk Membilas Baju dengan Air Mengalir

Saat Anda membilas baju dengan menggunakan air mengalir, maka serat kain yang ada pada baju akan tertarik. Ini akan membuat baju anda menjadi lebih melar. Hal ini juga mengakibatkan serat kain yang ada pada baju menjadi tidak baik lagi kualitasnya. 

Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda dapat menyediakan air di dalam ember.  Kemudian dapat membilas baju tersebut dengan meremas lembut pada baju yang ada. Bilaslah hingga sabun pada baju hilang.

4. Jangan Memeras Baju dengan Terlalu Kuat

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat baju cepat kering adalah dengan memelintir baju tersebut. Hal ini akan membantu air cepat keluar dari baju tersebut. Akan tetapi, hal ini juga dapat membuat baju Anda cepat rusak. 

Memelintir baju terlalu kuat dapat membuat baju cepat melar dan rusak. Anda dapat mengatasinya dengan meremas dan memelintir pelan atau membiarkan air pada baju tersebut menetes dengan sendirinya. Cara ini akan lebih baik untuk serat yang ada pada baju. 

5. Membalik Pakaian Saat Menjemur

cara cuci baju dengan tangan

Biasakan untuk Membalik Baju Saat Menjemurnya

Hal ini menjadi salah satu cara untuk menjaga kualitas baju. Pasalnya, baju yang terkena sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna pada kain pudar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ini adalah dengan membalik baju saat dijemur. Selain itu, juga disarankan untuk tidak menjemur baju di bawah sinar matahari langsung. 

Demikian di atas merupakan beberapa cara cuci baju dengan tangan yang dapat dilakukan. Dengan menggunakan cara ini maka, serat kain yang ada pada baju akan tetap terjaga dan tidak membuat baju rusak. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semua ya!

Tinggalkan komentar Bro