Ini Dia 5 Cara Mencuci Celana Jeans agar Jeans Tetap Awet

Oleh : Writer Bro-In


Celana jeans menjadi salah satu pakaian yang paling banyak digunakan saat ini. Celana jeans juga cocok dipadukan dengan atasan yang membuat tampilan menjadi lebih keren. Meskipun celana jeans banyak digunakan akan tetapi banyak diantara pemiliknya yang belum paham mengenai cara mencuci celana jeans yang benar.

Cara Mencuci Celana Jeans agar Tetap Awet

Salah cara mencucinya, maka kualitas celana jeans Anda akan menurun. Maka dari itu, diperlukan cara mencuci yang benar untuk menjaga kualitas kainnya. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencuci celana jeans agar kualitasnya tetap terjaga:

1. Jangan Menggunakan Mesin Cuci

cara mencuci celana jeans

Hindari Menggunakan Mesin Cuci

Saat mencuci celana jeans, maka disarankan untuk tidak menggunakan mesin cuci. Pasalnya, mesin cuci dapat menyebabkan celana jeans anda melar dan pudar. Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas kain dan warnanya akan lebih dianjurkan untuk mencuci dengan tangan. 

Untuk mengatasi masalah jeans yang berat jika dicuci dengan tangan, maka Anda dapat merendam celana jeans tersebut selama 5 hingga 10 menit menggunakan deterjen. Selanjutnya, anda dapat membilas celana jeans tersebut menggunakan air bersih dan dijemur. Cara yang satu ini lebih aman dibandingkan anda mencuci dengan menggunakan mesin cuci. 

2. Menjaga dan Memperkuat Warna dengan Air Dingin dan Cuka

Warna celana jeans semakin lama tentu akan semakin pudar dan tampak kusam. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan cuka. Cairan yang satu ini dapat digunakan untuk mengembalikan serta memperkuat warna celana jeans anda. Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa takarannya pas sehingga tidak merusak warna jeans anda. 

Nah, untuk menghindari kerusakan pada warna pudar, maka cara mencuci celana jeans yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan air dingin. Air hangat dapat menyebabkan warna asli celana jeans tersebut rusak. Sehingga penggunaan air dingin akan lebih dianjurkan. 

3. Jangan Menggunakan Sikat

cara mencuci celana jeans

Rendam Celana Jeans untuk Menghilangkan Kotoran Menempel

Kebanyakan orang menggunakan sikat untuk memastikan noda pada pakaian hilang dengan sempurna. Noda yang menumpuk memang sulit dihilangkan jika hanya menggunakan tangan saja. Namun, sikat justru akan merusak kain jeans. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan merendam celana jeans. Ini berfungsi untuk melunakkan kotoran tersebut. 

Jika kotoran tidak mau hilang, maka Anda dapat menggunakan sikat pada bagian kotor saja. Jangan sikat di seluruh bagian celana. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan mesin cuci jika noda sangat susah hilang. Pastikan Anda mencuci celana jeans tersebut dalam kondisi terbalik sehingga tidak merusak warna celana jeans tersebut.

4. Hindari Sinar Matahari Langsung

Bagi Anda yang ingin menjaga warna celana jeans, maka alangkah baiknya untuk menghindari sinar matahari langsung saat menjemurnya.  Sinar matahari langsung tidak hanya membuat celana jeans anda menjadi pudar. Akan tetapi juga dapat membuat tekstur celana menjadi kasar. 

Anda dapat menjemurnya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu, pastikan Anda menjemur celana jeans tersebut dalam kondisi terbalik. Hal ini akan membantu Anda menjaga warna jeans dari kerusakan. 

5. Jangan Terlalu Sering Dicuci

cara mencuci celana jeans

Hindari Mencuci Celana Jeans Terlalu Sering

Tanpa disadari terlalu sering mencuci celana jeans justru dapat merusak celana jeans. Oleh karena itu, jangan terlalu sering mencuci celana Anda. Cukup cuci selama 1 minggu sekali, hal itu akan jauh lebih baik untuk celana jeans Anda. 

Demikian merupakan beberapa cara mencuci celana jeans sehingga kualitas celana tersebut tetap terjaga.  Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda untuk mencuci jeans dengan baik. Sehingga kualitas jeans juga tetap terjaga. 

Tinggalkan komentar Bro