Cara Menyobek Celana Jeans untuk Membuat Ripped Jeans yang Keren

Oleh : Writer Bro-In


Celana dengan bahan jeans menjadi salah satu yang banyak digemari oleh kaum mudah Indonesia. Bahkan saat ini ada trend fashion yang membuat celana jeans tampak robek.Model jeans seperti ini populer dengan istilah ripped jeans. Lalu bagaimana cara menyobek celana jeans untuk dapat membuatnya sebagai ripped jeans yang keren?

5 Cara Menyobek Celana Jeans yang Tepat

Membuat celana ripped jeans tentu tidak bisa dianggap mudah. Karena jika salah merobek bagian celana, maka bisa merusak celana jeans tersebut. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat celana ripped jeans di rumah:

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

cara menyobek celana jeans

Mempersiapkan Berbagai Alat dan Bahan untuk Membuat Ripped Jeans

Sebelum membuat celana ripped jeans, maka siapkan bahannya terlebih dahulu. Bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah celana jeans, cutter atau gunting, parutan keju, amplas, pinset, dan sabut cuci piring. Untuk celana jeans yang dipilih alangkah baiknya yang sudah sering dipakai. 

Jeans yang sering dipakai akan lebih tipis sehingga mudah dibuat menjadi ripped jeans. Selain itu, celana yang sudah lama digunakan memiliki serat yang renggang sehingga akan mudah untuk dirobek. Untuk warna jeans yang digunakan alangkah baiknya menggunakan washed jeans untuk memberikan kesan rusty. 

2. Buat Pola Robekan

Jika semua alat sudah siap, maka selanjutnya Anda dapat merentangkan celana tersebut di atas permukaan yang datar. Selanjutnya, anda dapat membuat pola robekan. Pola ini sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tidak merobek celana terlalu lebar. Selain itu, ini juga mengurangi kegagalan saat membuat ripped jeans

3. Pertipis Bagian yang Dibuat Pola

cara menyobek celana jeans

Mulai Tipiskan Bagian Celana

Cara utama dalam merobek celana jeans adalah dengan mempertipis celana tersebut. Anda dapat menggunakan amplas untuk menipiskan permukaan celana. Amplas ini akan membantu Anda untuk melonggarkan serat pada jeans tersebut. Ini akan mempermudah proses selanjutnya. 

Selain dengan menggunakan amplas, Anda juga dapat menggunakan parutan keju. Dengan mengikuti bagian ini, maka Anda akan mendapatkan serta yang lebih alami. Dan ripped jeans yang keren bisa didapatkan dengan mudah. 

4. Mulai Buat Robekan pada Celana

Sebelum merobek celana, maka alangkah baiknya jika anda melapisi bagian dalam celana. Anda dapat menggunakan papan atau bahan lainnya yang tebal. Ini berfungsi agar robekan yang Anda buat tidak tembus hingga ke bagian belakang. Jangan lupa untuk menggunakan bahan yang datar sehingga pisau atau cutter mudah untuk merobeknya. 

Selanjutnya, Anda dapat mulai merobek sesuai dengan pola yang telah dibuat. Untuk membuat robekan menggunakan cutter atau gunting. Bagi Anda yang menggunakan gunting, maka Anda perlu mencubit sedikit pada bagian celana.

5. Buat Serat

cara menyobek celana jeans

Membuat Serat Ripped Jeans

Bagian ini menjadi yang sangat penting untuk melihat apakah ripped jeans Anda berhasil atau tidak. Anda dapat menggunakan parutan keju untuk melihat hasil serat. Jika ingin membuat lubang pada bagian serat tersebut, maka anda dapat menggunakan gunting. Anda juga dapat menggunakan pinset untuk mengeluarkan serat yang ada. 

Tarik setiap benang biru sehingga menyisakan benang berwarna putih. Ini akan menghasilkan ripped jeans yang keren. Jangan lupa untuk menjahit bagian pinggir robekan. Ini bertujuan agar robekan yang dibuat tidak melebar. Anda dapat menjahit menggunakan tangan maupun mesin jahit.

Demikian di atas merupakan beberapa cara menyobek celana jeans yang dapat anda lakukan. Dengan mengikuti cara di atas, maka anda akan mendapatkan ripped jeans. Cara di atas tentu sangat mudah untuk dilakukan di rumah. 

Tinggalkan komentar Bro