Cara Mengoperasikan Mesin Cuci Otomatis 

Oleh : Writer Bro-In


Mencuci saat ini sudah tidak perlu lagi menggunakan cara lama yaitu, menggunakan tangan. Kamu bisa beralih dengan menggunakan mesin cuci demi efektifitas waktu. Kamu dapat mengerjakan aktivitas lain sementara mesin cuci melakukan tugasnya. Ada banyak pilihan mesin cuci, mulai dari yang manual, semi otomatis, sampai yang benar-benar otomatis. Karena banyaknya jenis mesin cuci itulah, banyak orang yang mencari tutorial bagaimana cara mengoperasikan mesin cuci otomatis sehingga dalam penggunaannya bisa maksimal.

cara mengoperasikan mesin cuci otomatis

Pedoman penggunaan itu tergolong penting untuk disimak, karena meskipun kini telah banyak merk mesin cuci otomatis, tapi tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menggunakannya. Mungkin, kamu juga masih bingung apa saja fungsi dari tombol-tombol yang tertera dalam mesin cuci otomatis, serta apa saja maksud dari kode yang kadang muncul di display mesin cuci. 

Bagaimana Cara Mengoperasikan Mesin Cuci Otomatis ?

cara mengoperasikan mesin cuci otomatis

Mesin Cuci Polytron PAW-7003

Berikut ini merupakan cara mencuci menggunakan mesin cuci dengan tipe 1 tabung top. Namun sebelum itu, kamu harus memahami penggunaan control panel atau tombol-tombol yang terdapat di mesin cuci, semisal Polytron PAW-7003.

  • Tombol power on/off digunakan untuk menghidupkan mesin cuci. Sedangkan, start/pause digunakan untuk memulai atau menghentikan sementara operasi mesin cuci.
  • Tombol delay start digunakan untuk memberikan waktu tunda. Kamu harus menentukan waktu yang diinginkan sebelum menekan tombol start/pause.
  • Tombol water level/washing agent digunakan untuk memilih tingkat air yang disesuaikan dengan jenis serta berat pakaian. Saat kamu menekan tombol ini maka bergantian secara berurutan water level dari High – Medium – Low – Less – Miniwash. Penambahan jumlah detergen disesuaikan dengan tingkat air yang kamu pilih, dapat dilihat icon di sebelah indikator water level.
  • Display informasi akan menampilkan waktu sisa pencucian, kode display masalah dan informasi status operasi fungsi untuk program self-detecting.
  • Tombol Process pencucian dapat ditekan sesuai pilihan prosedur yang diinginkan. Default untuk wash – rinse – spin, 1 kali untuk wash saja, 2 kali untuk spin saja, 3 kali untuk wash – rinse, 4 kali untuk rinse – spin, 5 kali untuk marine – wash – rinse – spin.
  • Tombol Program untuk memilih program pencucian yang disesuaikan dengan jenis pakaian serta kebutuhannya. Program strong untuk pakaian kotor, standard untuk pakaian biasa, speed untuk pakaian tidak terlalu kotor dan soft untuk pakaian berkualitas tinggi seperti wool.

Sebelum mengoperasikan mesin cuci, pastikan water inlet sudah terpasang dengan baik. Periksa juga pakaiannya, bolehkah dicuci dengan mesin cuci dan pastikan tidak ada barang-barang yang terbuat dari logam. Kelompokkan pakaian sesuai jenis operasi pencuciannya. Pastikan kran air sudah dibuka, dan pipa pembuangan air telah diarahkan ke bawah dengan ujung yang berada pada lantai. Dan pastikan kabel daya telah tersambung ke stop kontak. 

Mencuci Biasa

cara mengoperasikan mesin cuci otomatis

Mencuci dengan Pencucian Biasa

Taruh baju ke dalam washing barrel, lalu tambahkan sabun cuci baju secukupnya. Tekan tombol on/off. Mesin cuci akan secara otomatis diatur ke program pencucian standard. Kemudian, tekan tombol start/pause. Mesin cuci akan secara otomatis memilih program wash – rinse – spin. Tutuplah penutup bagian atas mesin cuci. 

Pencucian dengan Pilihan

cara mengoperasikan mesin cuci otomatis

Pencucian Pilihan

Letakkan baju yang akan dicuci kemudian tekan tombol on/off. Selanjutnya tekan tombol Program, sesuaikan jenis pakaian yang akan dicuci (Strong/Standard/Speedy/Soft). kemudian tombol Process ditekan, ada beberapa prosedur yang bisa kamu pilih saat mencuci. Tekan tombol water level untuk memilih tingkat air berdasarkan berat pakaian dan bahan kainnya. Masukkan jumlah detergen berdasarkan ikon yang tertera di indikator tingkat air yang kamu pilih. Tekan tombol start/pause. Tutuplah top cover.

Tertentu dengan Waktu

cara mengoperasikan mesin cuci otomatis

Mencuci Tertentu dengan Waktu

Masukkan pakaian, lalu tekan tombol on/off. Tekan tombol Program untuk menyesuaikan dengan pakaian yang akan kamu cuci. Tekan tombol Process untuk memilih prosedur pencucian yang sesuai dengan pakaian. Untuk menyesuaikan jumlah detergen dan tingkatan air pastikan untuk menekan tombol Water level. Tekan tombol delay start. Setelah masuk ke status waktu tertentu yang sudah kamu atur, display akan menampilkan nilai waktu awal adalah 1. Tekan tombol delay/start. Pada status pengaturan waktu tertentu, setiap kali kamu menekan tombol delay start, waktu akan otomatis bertambah 1 jam. 

Nah, itulah cara mengoperasikan mesin cuci otomatis 1 tabung top bermerk Polytron PAW-7003. Pastikan untuk tidak memasukkan tangan ke tabung pencucian saat pencucian berlangsung karena dapat mengakibatkan tangan kamu terluka. 

Tinggalkan komentar Bro