Rekomendasi Salep Luka Jatuh Dari Motor yang Manjur 

Oleh : Writer Bro-In


Kejadian tak terduga seperti jatuh dari motor mungkin pernah terjadi pada kamu saat sedang mengendarai motor. Baik saat belajar mengendarai motor maupun saat melakukan perjalanan menggunakan motor ke suatu tempat. Jatuh dari motor yang berat hingga menimbulkan luka serius di luar maupun dalam tubuh perlu dibawa ke rumah sakit untuk diberi penanganan lanjut dari dokter. Sementara untuk yang ringan, seperti menimbulkan lecet di kulit, kamu cukup dapat merawat luka menggunakan salep. Ada banyak sekali jenis salep luka jatuh dari motor yang bisa digunakan. 

Cara Penanganan Pertama Luka Jatuh dari Motor

salep luka jatuh dari motor

Penanganan Pertama Luka

Sebelum mengaplikasikan salep pada luka, kamu harus melakukan penanganan pertama pada luka supaya luka tidak terinfeksi. Di saat kamu ataupun saudara dan temanmu mengalami jatuh dari motor, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah menghentikan pendarahan. Untuk luka yang termasuk ringan, cara menghentikan pendarahan terbilang mudah. Kamu hanya perlu menekan atau menutup luka menggunakan kapas maupun kain bersih yang steril. 

Setelah itu bersihkan kotoran yang menempel di sekitar luka menggunakan pinset yang sudah disterilkan dengan alkohol maupun obat antiseptik khusus luka. Pastikan tidak mendorong pinset ke dalam luka. 

Jika sudah, maka cuci dengan air bersih. Gunakan sabun yang tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia seperti pewangi atau pengawet. Jika luka berada di sekitar area mata, lebih baik jangan gunakan sabun. Mencuci luka juga sebaiknya menggunakan air mengalir dari kran yang dingin. Air dingin dinilai lebih baik untuk penanganan luka daripada menggunakan air hangat. Dengan mencuci luka, maka akan dapat membantu mengurangi resiko terjadinya infeksi. 

Lalu keringkan dengan lembut menggunakan kain lap yang steril. Jangan menggosoknya terlalu keras, karena hal ini dapat menyebabkan kemungkinan luka melebar, bahkan merusak jaringan kulit. Dan lebih baik jangan menggosok pada bagian luka terbuka, gosoklah area sekitar luka untuk meminimalisir risiko pendarahan kembali.

Pastikan saat bersentuhan dengan luka, tangan kamu harus dalam keadaan bersih setelah dicuci menggunakan sabun dan air mengalir ataupun hand sanitizer. Sebaiknya gunakan sarung tangan medis, jika memang tidak ada, menggunakan tangan kosong saja tidak apa-apa. 

Setelah luka telah diberi penanganan pertama, selanjutnya datanglah ke klinik terdekat untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai obat yang tepat untuk luka kamu. Atau dengan menggunakan salep luka yang dapat kamu beli di apotik terdekat.

3 Rekomendasi Salep Luka Jatuh Dari Motor

1. Bacitracin / Enbatic

salep luka jatuh dari motor

Salep Enbatic untuk Luka

Ini merupakan salep yang harus menggunakan resep dokter untuk membelinya. Harga per tubenya terjangkau, hanya 11 ribu saja. Mengandung antibiotik yang dapat digunakan pada dewasa maupun anak-anak. Namun perlu diperhatikan bahwa salep ini tidak untuk luka yang cukup besar dan dalam. Kamu juga harus berhati-hati saat menggunakannya supaya tidak mengenai bagian seperti mulut, mata, hidung atau bahkan hingga tertelan.

2. Bioplacenton

salep luka jatuh dari motor

Bioplacenton

Salep Bioplacenton digunakan untuk mengobati sekaligus mempercepat penyembuhan luka. Umumnya digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, tapi salep ini juga bisa digunakan untuk penyembuhan luka terbuka akibat jatuh dari motor. Harga per tubenya 14 ribu dan bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotik terdekat.

3. Meilibahenling

salep luka jatuh dari motor

Meilibahenling

Salep ini disebut sangat ampuh dalam mengobati luka akibat jatuh dari motor, lecet, hingga akibat kecelakaan. Kandungan glycerine, minyak ular serta aloe picked oilnya terbukti sangat efektif mengatasi luka. Harganya memang cukup mahal, sekitar 55 ribu. 

Luka jatuh dari motor akan cepat sembuh apabila kamu melakukan perawatan dengan baik dan telaten. Kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi salep luka jatuh dari motor yang telah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat ya! 

 

Tinggalkan komentar Bro