Wajib Catat! Ini Tips Merawat dan Membersihkan Sepatu Sneaker Putih

Oleh : Writer Bro-In


Sepatu sneaker putih kini telah menjadi salah satu fashion icon yang cukup digemari karena warna putih yang terkesan netral dan fleksibel. Tidak hanya cocok untuk fashion hangout bareng temen, sneaker warna putih juga cocok dipakai untuk menghadiri acara yang bersifat semi formal seperti pernikahan. Memadupadankannya pun tidak sulit, sneaker putih cocok disandingkan dengan baju warna apa pun. 

Tips Merawat dan Membersihkan Sepatu Sneaker Putih

Sayangnya selayaknya sepatu warna putih lainnya, sepatu sneaker yang berwarna putih sangat rentan terkena noda. Noda sekecil apa pun akan terlihat apabila mengenai sepatu berwarna putih. Sehingga memerlukan perawatan dan pembersihan yang ekstra. Namun hal ini tidak perlu menjadi beban pikiran yang serius karena disini akan dijelaskan bagaimana cara merawat dan membersihkan sepatu sneaker warna putih. 

1. Hindari Menggunakan Mesin Cuci

sepatu sneakers putih

Jangan Membersihkan Sepatu dengan Mesin Cuci

Supaya sepatu sneaker warna putih tetap awet, ada baiknya kamu jangan mencucinya menggunakan mesin cuci. Sebagai gantinya, cuci secara manual dengan menggosoknya menggunakan sikat. Mencuci sepatu di mesin cuci akan membuat sepatu jadi rusak akibat terbentuknya goresan-goresan. 

2. Membersihkan Sepatu Menggunakan Sikat Lembut

Apabila suatu waktu sepatu sneaker putih kamu terkena noda, maka segera bersihkan dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi atau sikat lembut. Bagi noda berminyak, maka gunakan sampo, dengan menggosok nya perlahan lalu dibilas dengan air. Dan jika berupa noda membandel, maka bersihkan dengan cuka. Caranya adalah dengan menggosok cuka pada bagian yang terkena noda membandel secara perlahan sampai benar-benar hilang. 

3. Menggunakan Pemutih

Pemutih sebenarnya tidak disarankan, tapi untuk sepatu dengan material canvas justru disarankan untuk menggunakan pemutih yang dicampur dengan air bersih. Perbandingan pemutih dan air bersih itu harus 1:5, karena apabila terlalu banyak pemutih, maka dapat menyebabkan sepatu jadi berubah warna. 

4. Menggunakan Cairan Pembersih Khusus Sepatu Putih

sepatu sneakers putih

Gunakan Cairan Khusus Sepatu

Saat ini sudah banyak produk berupa cairan pembersih khusus sepatu yang dapat kamu temukan baik online maupun offline. Harganya memang cukup mahal, karena rata-rata dijual sepaket bersama sikatnya juga. Beberapa produk pembersih sepatu yang direkomendasikan untuk sepatu putih antara lain Skoon Cleaner, Jewel Canvas Sneaker Cleaner serta Pin Shoes Cleaner.

5. Jangan Lupakan Tali Sepatu

Biasanya kita terlalu fokus membersihkan sepatu dan mengabaikan tali sepatunya. Padahal, tali sepatu juga wajib dibersihkan karena mudah terkena noda sehingga membuat warna menjadi kusam. Membersihkannya jangan dengan menggunakan mesin cuci, apalagi mencampurnya dengan pakaian lain yang berwarna selain putih. Karena hal itu dapat menyebabkan perubahan warna pada tali sepatu. Lantas bagaimana? Yakni dengan merendamnya ke dalam air hangat yang sudah diberi sabun. Setelah 10 menit, ambil dan sikat menggunakan sikat gigi sampai kotorannya rontok. 

6. Hindari Sinar Matahari Langsung

Setelah mencuci sepatu, ada baiknya sneaker putih tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung. Untuk mempercepat pengeringan, gunakan gumpalan koran yang disisipkan ke dalam sepatu. Sehingga penyerapan air akan lebih cepat dan sepatu juga akan kering lebih cepat. Jika kamu menjemur sepatu di bawah sinar matahari yang terik dan dalam waktu yang lama, maka akan membuat warna sepatu cepat berubah kecoklatan.

7. Membersihkan Menggunakan Pasta Gigi

sepatu sneakers putih

Bersihkan dengan Pasta Gigi

Jika sneaker putihmu sudah terlanjur menguning, maka lakukan pemutihan dengan menggunakan pasta gigi. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi secukupnya pada bagian sepatu yang menguning, lalu gosok perlahan dengan sikat gigi, tunggu selama beberapa saat, baru dibilas dengan air. 

Demikian cara merawat dan membersihkan sepatu sneaker putih. Karena memerlukan perawatan ekstra, maka sebaiknya harus dibersihkan secara rutin dan berkala. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar Bro