Kenali Gejala Kanker Prostat Berikut ini Sebelum Terlambat!

Oleh : Writer Bro-In


Sebelum mengetahui gejala kanker prostat, ada baiknya untuk mengetahui lebih jauh tentang prostat. Prostat merupakan kelenjar kecil yang berada di bagian dasar kandung kemih pada pria. Pada kelenjar tersebut adalah tempat sistem reproduksi pada pria yang memiliki posisi mengelilingi saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis. 

Selain itu, prostat juga memiliki fungsi sebagai tempat produksi semen, semen adalah cairan yang dikeluarkan bersama sperma ketika ejakulasi. Penyakit terkait gangguan pada prostat yang sering dialami oleh kebanyakan kalangan pria yaitu kanker prostat. Kanker prostat yaitu kanker yang menyerang kalangan pria dan berkembang di dalam kelenjar prostat. 

Gejala kanker prostat ditandai dengan gangguan buang air kecil dan sebagian besar penyakit ini menyerang pria berusia di atas 50 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan menyerang pria berusia muda. Kanker tersebut cenderung berkembang secara perlahan sehingga sulit terdeteksi di awal. Untuk selengkapnya dapat kamu simak di bawah ini mengenai gejala kanker prostat.

Gejala Kanker Prostat yang Perlu Disadari

gejala kanker prostat

Menyadari berbagai gejala dari kanker prostat

Kanker prostat dapat mengakibatkan sel-sel kelenjar prostat menjadi sel ganas yang dapat menyebabkan prostat membesar, keras, dan memiliki benjolan. Penyebab seseorang terserang penyakit ini karena beberapa hal. Diantaranya yaitu faktor usia karena pria berusia di atas 50 tahun lebih rentan terserang penyakit ini.

Serta faktor lainnya yang dapat memicu mengidap penyakit ini yaitu memiliki riwayat keluarga yang mengidap kanker prostat. Pada tahap awalnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala apapun. Beberapa gejala akan muncul saat prostat mengalami pembengkakan yang mulai mempengaruhi uretra. Berikut ini beberapa gejala yang timbul pada penderita kanker prostat:

  1. Sering buang air kecil terutama pada malam hari.
  2. Terasa nyeri dan panas pada bagian penis ketika buang air kecil atau saat ejakulasi.
  3. Kandung kemih terasa penuh.
  4. Terdapat darah di urine atau air mani.
  5. Tekanan ketika mengeluarkan urine berkurang.
  6. Kesulitan menahan buang air kecil.

Sedangkan untuk faktor penyebab terjadinya penyakit kanker prostat ada beberapa hal. Penyebab utama dari kanker prostat yaitu terjadinya mutasi atau pertumbuhan genetik pada sel-sel di kelenjar prostat. Penyebab mutasi pada sel-sel tersebut belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa faktor pemicu yang dapat meningkatkan risiko terserang penyakit ini, yaitu:

  1. Faktor usia yang semakin bertambah.
  2. Mengalami obesitas.
  3. Memiliki pola makan yang tidak sehat.
  4. Terpapar bahan kimia.
  5. Memiliki riwayat keluarga penderita kanker prostat.
  6. Menderita penyakit seksual yang menular.

Cara Mengobati dan Mencegah

 

gejala kanker prostat

Langkah pengobatan dan pencegahan kanker prostat

Dalam proses pengobatan pada kanker prostat tergantung pada stadium yang diderita oleh penderita. Pada penderita stadium awal akan dilakukan pengobatan dengan melakukan operasi pengangkatan prostat (Prostatektomi). Namun, pada kasus penderita tertentu biasanya juga diperlukan proses radiasi untuk pengobatannya. 

Pada penderita kanker prostat stadium lanjut, operasi tidak dapat dilakukan sebagai penyembuhan. Sebagai gantinya akan dilakukan metode pengobatan dengan menggunakan kemoterapi dan pemberian obat hormonal. Penderita harus mengkonsumsi obat hormonal tersebut secara terus menerus dalam jangka panjang. 

Jika dalam pemeriksaan ditemukan metastasis ke bagian tulang, maka diperlukan juga radiasi di daerah tulang. Pada penderita stadium lanjut, pengobatan tidak bertujuan untuk menghilangkan kanker pada prostat melainkan menghambat proses pertumbuhan dari kanker agar tidak semakin membesar. Berikut ini cara mencegah terserang penyakit kanker prostat:

  1. Melakukan pola hidup sehat.
  2. Mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup setiap hari.
  3. Berolahraga secara rutin, paling tidak 3 kali dalam seminggu.
  4. Menjaga berat badan agar tetap ideal.

Jika kamu merasa mengalami gejala kanker prostat seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Lebih baik lagi jika kamu mulai untuk melakukan hidup sehat untuk mencegahnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati, maka segera lakukan pencegahan mulai sekarang!

Tinggalkan komentar Bro