Ragam Manfaat Senam Kegel untuk Pria yang Perlu Diketahui

Oleh : Writer Bro-In


Selain bisa mengencangkan Miss V, senam kegel cukup banyak dipraktekkan oleh pria untuk menambah keperkasaan pria saat berada di atas ranjang. Disamping itu, ada banyak manfaat senam kegel untuk pria yang jarang diketahui orang-orang. Apa sajakah itu?

Manfaat Senam Kegel Untuk Pria

Pada dasarnya, senam kegel adalah jenis olahraga yang ditujukan untuk melatih otot dasar panggul.  Yakni sekumpulan otot yang berada di dasar panggul yang berfungsi untuk menyokong berbagai organ seperti saluran pencernaan (rektum), kandung kemih, dan rahim pada wanita.  Seiring dengan bertambahnya usia, otot dasar panggul tadi bisa melemah, melebar, dan kehilangan tegangan ototnya.

Pada pria, beberapa faktor seperti usia, diabetes, atau habis menjalani operasi pengangkatan prostat, bisa membuat otot panggulnya melemah. Oleh sebab itu, senam ini bukan hanya diperuntukkan untuk wanita saja, namun juga para pria guna meningkatkan kekuatan otot pinggulnya. Berikut ini merupakan beberapa manfaat senam kegel untuk pria yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu Mengatasi Inkontinensia Urin

manfaat senam kegel untuk pria

Inkontinensia Urin bisa dicegah dengan senam kegel

Ketidakmampuan seseorang dalam menahan urine untuk keluar disebut sebagai Inkontinensia urin. Pria yang mengidap inkontinensia urin bisa saja ‘mengompol’ ketika sedang bersin, batuk, atau bahkan mengangkat beban. Bukan hanya akan malu, seseorang yang mengalami hal ini pasti akan merasa terganggu.

Inkontinensia urin sendiri bisa diatasi dengan rutin melakukan senam kegel. Latihan senam ini akan meningkatkan tegangan pada otot serta kekuatan dari otot dasar panggul. Akibatnya, kandung kemih bisa mengontrol urin dengan lebih baik.

2. Membantu Mengatasi Inkontinensia Alvi

Berbeda dengan inkontinensia urin, inkontinensia alvi merupakan kondisi dimana seseorang tidak bisa menahan buang air besar. Senam kegel bisa mengatasi hal ini. Melalui latihan otot dasar panggul, tegangan dan kekuatan sfingter ani akan lebih kuat. Sehingga keluarnya buang air besar pun bisa dikendalikan.

3. Membantu Pemulihan Pasca Operasi Prostat

manfaat senam kegel untuk pria

Pemulihan pasca operasi pada prostat bisa dipercepat dengan senam kegel

Sebuah penelitian tentang manfaat senam kegel yang dijalankan pada pria yang baru saja menjalani operasi prostat, menunjukkan bahwa senam kegel mampu meningkatkan proses pemulihan kandung kemih pasca operasi. Bila dilakukan secara rutin, senam kegel dapat membantu memperlancar peredaran darah di area panggul. Sehingga kesehatan prostat pun bisa tetap terjaga dengan baik.

4. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Penelitian lain membuktikan bahwasanya senam kegel bisa membantu mengatasi disfungsi ereksi, yakni permasalahan seksual yang kerap dialami oleh pria. Dalam penelitian tersebut, ada sekelompok pria yang berlatih senam kegel selama 6 bulan secara rutin.  Hasilnya, 40% dari mereka kembali memiliki fungsi ereksi yang normal. 

Hal itu bisa terjadi karena senam kesel memberikan oksigenasi yang baik dan melancarkan aliran darah di sekitar panggul, sehingga bisa membantu proses ereksi. Tidak heran jika senam ini sangat dianjurkan untuk pria. Terutama untuk kebutuhan intim mereka. 

5. Mengatasi Ejakulasi Dini

manfaat senam kegel untuk pria

Ejakulasi dini bisa dicegah dengan senam kegel

Manfaat senam kegel untuk pria lainnya adalah mengatasi ejakulasi dini. Menurut International Journal of Andrology, senam kegel bisa membantu kontraksi otot dasar panggul ketika akan mencapai klimaksnya. Sehingga akan menunda adanya ejakulasi.

6. Meningkatkan Performa Seksual Pria

Senam kegel juga bermanfaat untuk meningkatkan performa seksual dari seorang pria. Latihan senam ini akan membantu orgasme menjadi lebih kuat, juga meningkatkan kekuatan ejakulasi. Kabarnya, seorang pria yang rutin melakukan senam kegel dipercaya bisa mengalami multiple orgasm

Selain itu, senam kegel juga dipercaya dapat memperbesar ukuran Mr. P, walaupun belum ada pembuktian secara ilmiahnya. Dengan menjalani latihan otot dasar panggul secara rutin, Anda akan memperoleh banyak manfaat senam kegel untuk pria pada kesehatan. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

 

Tinggalkan komentar Bro