Karantina Wilayah Jakarta Apa Yang Harus dilakukan?

Oleh : Bun Gaul


Pagi ini tanggal 30 Maret 2020, pemerintah akan ada keputusan dalam menindaklanjuti pencegahan virus Corona Covid-19. Saat artikel ini ditulis, jumlah pasien positif Corona Covid-19 di Indonesia yang tercatat secara resmi mencapai 1.285 kasus. Apakah Jakarta Lockdown? Apakah Karantina Wilayah Jakarta? Apa Yang Harus Dilakukan?

 

Minggu, 29 Maret 2020 rumor akan lockdown di Jakarta dan daerah sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi mulai diberlakukan, namun hal ini tidak terbukti benar. Rapat terbatas antara Presiden, Menteri dan pemerintah terkait akan dilaksanakan di Senin 30 Maret 2020. Termasuk pembahasan terkait aktivitas mudik Lebaran yang mulai dijalankan oleh masyarakat lebih awal. 

 

Pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19 juga akan dibahas oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan menerbitkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No KP 1629/UM.006/DRJD/2020 tentang SOP pencegahan virus di bidang transportasi darat.

 

Apa saja yang kita perlu lakukan saat Jakarta memberlakukan karantina wilayah?

Saat diberlakukan lockdown atau karantina wilayah, tetap tenang adalah suatu kewajiban setiap masyarakat. Berikut 8 hal yang perlu diperhatikan saat lockdown diberlakukan:

 

Tenangkan Pikiran

Menjaga mental dan pikiran adalah hal pertama yang perlu dilakukan. Lockdown bukan berarti akhir dari dunia atau bahkan dari kehidupan. Bayangkan hal-hal menyenangkan yang akan terjadi, misalnya bisa leyeh-leyeh, main bersama keluarga, atau melakukan hobi yang terbengkalai. Memang hal ini nggak gampang Bro. Pasti teringat gimana kerjaan, gajian, atau yang berhubungan dengan untuk bertahan hidup. Caranya? Bisa dimulai dengan secarik kertas dan tulis 3 hal yang menyenangkan karena tidak harus keluar rumah. Pikiran ini adalah langkah awal menjaga diri dari virus, Bro. Sering dengar kan kalo misalnya lagi sakit terus dokter bilang sakitnya karena stress? Kita nggak pingin kan ada penyakit yang datang karena kita panik atau stress lockdown? Amit-amit Bro!

 

Coba Bro bisa ikuti beberapa teknik memenangkan pikiran dengan meditasi online

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rumah Remedi Indonesia (@rumahremedi.id) on


Atur Pola Gerak Badan

Setelah mental dan pikiran, menjaga kesehatan tubuh adalah langkah berikutny. Dengan adanya pembatasan yang lebih ketat ini, tubuh kita akan mulai kurang aktif secara gerak. Bayangkan biasanya kita berjalan dari depan rumah ke depan portal untuk nunggu ojek online dan berjalan dari drop off point ke meja kantor, kini kita sangat terbatas. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berolahraga pagi pukul 7:30 selama 10-20 menit. Nggak usah yang ribet-ribet, Bro. Bisa cobain menu Tabata ringan:

20 detik push-up
10 detik istirahat
20 detik sit-up
10 detik istirahat
20 detik squat jump
10 detik istirahat
20 detik burpees

Atau bisa follow akun seperti ini:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Carlo Christian Tamba (@carlotamba) on

Yang pasti, tetap lakukan cuci tangan dengan baik dan benar ya Bro

 

Atur Keuangan Rumah Tangga

Buat kamu yang masih gajian akhir bulan ini. Alangkah baiknya untuk menjaga keuangan lebih cermat. Kurangi jajan dan belanja kebutuhan tertier secara online ya Bro. Meskipun misalnya kamu sudah jauh hari nabung untuk beli Laptop Gaming tercanggih, bisa dipertimbangkan untuk menunda terlebih dahulu. Karena untuk menjaga ketahanan keuangan rumah tangga atau pribadi. Dahulukan untuk kebutuhan pokok hingga 2 bulan kedepan.

 

Atur Pola Belanja

Jangan panik, nggak perlu langsung gercep ke pasar atau supermarket untuk nyetok bahan baku. Namun, kita perlu cermat untuk membeli beberapa bahan untuk keluarga paling tidak bahan-bahan seperti beras, minyak goreng, telur. Perlu diingat, bahwa kebutuhan kalori harian manusia saat ini cukup dengan mengkonsumsi nasi, telur dan kecap. Yah kamu masih bisa menyelipkan menu seperti sayuran atau daging sesuai selera dengan lebih bijaksana dan cermat karena pola belanja yang biasanya setiap hari atau seminggu 3 kali akan berganti dengan 1 kali satu minggu.

Coba deh simak resep telor cepok kecap viral, resep mudah namun bergizi!

 

Pelajari Sistem Manajemen Bahan Makanan dan Kulkas

Setelah berbelanja untuk kebutuhan satu minggu atau lebih, akan ada pola yang berubah dalam menyimpan bahan makanan ini. Contohnya adalah mengatur penyimpanan tahu atau tempe di dalam kulkas. Karena pada umumnya, kebanyakan orang menganggap tahu atau tempe hanya bertahan maksimal 3 hari. Namun jika setelah membeli, kita membersihkan dengan air bersih, merebus dengan air garam selama 4 menit atau mengukusnya, kemudian dipindahkan ke wadah kotak plastik ke kulkas akan bertahan hingga satu minggu. 

 

Bantu Anak, Adik, atau Keponakan Tetap Belajar

Pahami ke anak-anak di lingkungan kita bahwa saat ini merupakan momen yang spesial. Jangan takuti mereka dengan cerita yang menakutkan. Pahami ada virus jahat yang membuat kita bisa berkumpul bersama di rumah dengan ceria. Bantu mereka untuk tetap belajar dan melatih kreatifitas dengan menggambar, berolahraga atau bermusik.

 

Tetap Kembangkan Diri 

Pengembangan diri dengan cara upgrade skill adalah salah satu yang bisa dilakukan saat ada pembatasan wilayah atau lockdown di Jakarta. Selain membuat pikiran lebih tenang, kita dapat ilmu baru untuk diterapkan setelah semua pandemi ini berakhir. Banyak plaftorm workshop online yang menawarkan dengan harga diskon bahkan gratis. Mulai dari belajar bahasa asing untuk lebih lancar, digital marketing, atau belajar gym.

 

Fokus di Hobi

Coba Bro tinjau hobi-hobi atau proyek weekend yang terbengkalai seperti ngebangun motor tua, berkebun hidroponik, merakit gundam atau berternak ayam? Ini saat yang tepat. Selain membuat pikiran lebih tenang dan rileks, kamu punya aktivitas positif bersama orang-orang tercinta

 

Kalau kamu punya tips lain saat karantina wilayah Jakarta? Boleh share di kolom komentar ya Bro!

 

Tetap semangat

Tinggalkan komentar Bro