6 Langkah Cuci Tangan Versi WHO Guna Cegah Virus Corona

Oleh : Writer Bro-In


Cuci tangan adalah cara mudah  untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Termasuk mencegah penyebaran virus corona atau dalam bahasa medisnya disebut Covid 19 yang mulai masuk ke Indonesia sejak Maret 2020.

WHO atau organisasi kesehatan dunia menganjurkan untuk mencuci tangan dengan baik dan benar, sayangnya langkah cuci tangan yang baik dan benar belum tersosialisasi dengan baik. 

Cara mencuci tangan yang benar serta selama ini kita kenal ternyata bukanlah sebagai cuci tangan yang baik yang benar berdasarkan tutorial yang dibagikan oleh website WHO.

Umumnya kita mencuci tangan dengan langkah seperti berikut

Langkah 1:

Menyalakan keran, basahi tangan menggunakan air

Langkah 2:

Lalu tuang sabun ke telapak tangan, gosok-gosok telapak tangan hingga berbusa

Langkah 3:

Bilas dan keringkan

Nyaris mayoritas orang yang redaksi Bro-In kenal melakukan 3 langkah diatas, ata-rata memakan waktu kurang dari 10 detik. Dan 3 langkah di atas ternyata masih 1/3 dari keseluruhan langkah tata cara cuci tangan yang baik dan benar untuk membersihkan dari bakteri, virus dan kuman.

Cuci tangan sekedarnya ini hanya membersihkan telapak tangan, itu pun belum maksimal. Masih banyak area tangan yang belum bersih seperti: ujung jari, punggung tangan, kuku, sela-sela ibu jari secara bergantian.

Tutorial 6 Langkah Cuci Tangan Yang Baik dan Benar

Langkah 1: 

Menyalakan keran, basahi tangan, tutup kembali keran untuk menghemat air.

Langkah 2:

Tuang sabun ke telapak tangan, semua sabun cukup ampuh untuk membunuh bakteri, virus atau kuman. Usap dan gosok kedua telapak tangan bagian dalam seperti halnya mencuci tangan standar. Pastikan seluruh bagian terkena air dan sabun.

Langkah 3:

Selanjutnya gosok punggung tangan kiri dengan tangan kanan secara bergantian dengan menyelipkan jari-jari dan bersihkan ujung jari secara merata. Baik tangan kanan diantara jari tangan kiri dan juga sebaliknya.

Langkah 4:

Genggam jempol kiri dengan tangan kanan, gosok dengan memutar. Ganti ke tangan sebaliknya.

Langkah 5:

Bersihkan Ujung jari secara perlahan dengan cara putar  tangan kanan pada telapak tangan kiri dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci, kemudian ganti ke tangan sebaliknya.

Langkah 6:

Gosok dengan berputar ujung jemari tangan kanan pada telapak tangan kiri, kemudian ganti ke tangan sebaliknya. Kemudian gosok bagian pergelangan dan tepian telapak (antara kelingking ke pergelangan).

Langkah Terakhir:

Bilas sabun dengan air, keringkan tangan, selesai!

Mengapa perlu mencuci tangan secara lengkap seperti dengan 6 langkah?

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda asing. Tanpa sadar  benda yang disentuh oleh tangan mengandung bakteri, virus atau kuman yang tidak kasat mata. Dan tangan merupakan bagian tubuh yang sering menyentuh bagian tubuh lain yang berpotensi membawa bakteri, virus atau kuman masuk ke dalam tubuh, contohnya adalah melalui makanan yang dipegang oleh tangan dan dimasukkan melalui mulut atau mengucek mata atau mengorek telinga maupun hidung. Oleh karena itu mencuci tangan selama 20 detik 

Menurut jurnal Boyce JM, Pittet D. Guideline for Hand Hygiene in Health-Care Settings mencuci tangan selama 20 detik mengurangi bakteri, virus dan kuman secara signifikan dibanding mencuci tangan selama 10 detik. Dalam jurnal yang berbeda di tahun 2008 Applied Environmental & Biology, selama 20 hingga 30 detik membuat banyak bakteri, virus dan kuman yang terbunuh dan mengurangi risiko manusia untuk menderita penyakit. 

Dewasa ini dalam pandemi Coronavirus atau COVID 19 yang melanda dunia dan Indonesia, cuci tangan merupakan salah satu langkah sederhana untuk menghindari virus ini. 

Antiseptic Hand Sanitizer vs Sabun Cuci Tangan

Di Indonesia kita mengenal antiseptic gel atau cairan untuk pengganti cuci tangan, namun saat pandemi Coronavirus COVID 19 melanda, permintaan akan produk ini melonjak tinggi. Akhirnya produsen antiseptic tidak dapat melayani permintaan pasar sehingga sulit ditemukan di akhir Februari 2020. Apakan memakai antiseptic gel atau hand sanitizer lebih ampuh daripada cuci tangan? 

Menurut penelitian CDC Centers of Disease Control and Prevention Amerika Serikat, hand sanitizer hanya mengurangi 60% dibanding cuci tangan selama 20 detik. Ada beberapa mikroba yang tidak dapat dihilangkan dengan alkohol yang terkandung di hand sanitizer. Bahkan banyak data memaparkan bahwa hand sanitizer tidak bekerja dalam beberapa kuman saat tangan sangat kotor atau berminyak. 

Oleh karena itu mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik dengan 6 langkah diatas sangat dianjurkan. 

Tips lainnya dalam cuci tangan: menyanyikan lagu happy birthday dan mengulang 2x untuk memastikan bahwa sudah 20 detik!

Stay safe Bros!

Tonton video lengkapnya berikut ini:

Bro-In.com merupakan salah satu blog yang dikelola oleh GROVH.

Video dibuat oleh Edward Suhadi dan team CERITERA

GROVH menginisiasi agar video dan pesan ini tersampaikan melalui kata kunci di Google

Tinggalkan komentar Bro