Makanan Penambah Massa Otot untuk Otot yang Kekar dan Kuat

Oleh : Writer Bro-In


Memiliki otot yang kekar merupakan salah satu nilai kelebihan tersendiri yang membuat banyak orang berusaha untuk mewujudkannya. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga. Selain olahraga, kita juga bisa menambah massa otot dengan mengonsumsi makanan penambah massa otot. 

Kenali 5 Jenis Makanan Penambah Massa Otot Berikut Ini

1. Telur

makanan penambah massa otot

Konsumsi telur juga sangat baik untuk menambah massa otot

Jenis makanan pertama yang bisa membantu untuk menambah massa otot adalah telur. Telur direkomendasikan karena kandungan asam amino di dalamnya. Sumber asam amino tertinggi yang terdapat dalam telur didapuk menjadi makanan pembentuk otot yang lezat dan efektif, dengan harga yang terjangkau.

Asam amino sendiri sangat penting untuk membantu berbagi fungsi pada tubuh, termasuk membangun, menjaga, dan memperbaiki serat-serat otot. Sehingga bisa membantu secara efektif untuk menambah massa otot. Meskipun begitu, kamu hanya boleh memakan 1 butir telur per harinya.

2. Susu

Sudah tidak diragukan lagi berbagai kandungan dan manfaat susu untuk kesehatan tubuh. Protein adalah zat yang banyak terkandung pada susu. Dengan protein tersebut, proses penambahan massa otot juga akan sangat terbantu dengan konsumsi susu.

Untuk membentuk massa otot menggunakan susu ini, pastikan kamu memilih susu dengan kandungan rendah lemak. Kandungan rendah lemak ini akan menjaga tubuh dan menyerap berbagai kebaikan yang terkandung di dalamnya. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi susu sebagai minuman pendamping setelah berolahraga.

Kamu juga bisa menggunakan alternatif lain dari susu rendah lemak, seperti mengkonsumsi yoghurt. Minuman ini bisa menjadi alternatif yang sangat baik. Bahkan yoghurt juga mengandung probiotik dan sudah teruji baik untuk kesehatan perut dan pencernaan.

3. Kacang-Kacangan

makanan penambah massa otot

Jenis kacang almond untuk membantu pembentukan otot

Jenis makanan yang bisa membantumu untuk menambah massa otot adalah berbagai makanan dari kacang-kacangan. Kandungan vitamin, antioksidan, serat, dan lemak baik yang terdapat di dalam kacang tentunya akan membantumu untuk membentuk massa otot tubuh. Salah satu jenis kacang yang baik dikonsumsi dalam hal ini adalah kacang almond. 

Kacang Almond sendiri mengandung vitamin E, magnesium, protein, dan fosfor.  Fosfor inilah yang mempunyai fungsi untuk membantu tubuh menggunakan karbohidrat serta lemak sebagai energi saat seseorang beristirahat maupun berolahraga. Tak heran jika kacang Almond sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. 

4. Buah-Buahan dan Sayuran

Jenis makanan berikutnya yang tidak bisa kamu lupakan untuk membentuk massa otot tubuh adalah jenis buah-buahan dan sayuran. Pasalnya, buah dan sayuran adalah fondasi dari seluruh menu sehat, termasuk 4sehat 5 sempurna. Untuk itu, berbagai jenis buah dan sayuran wajib masuk ke dalam list makanan yang kamu konsumsi untuk membentuk massa otot. 

5. Daging Ayam

makanan penambah massa otot

Olahan daging ayam untuk menambah massa otot

Kandungan protein yang terdapat dalam daging ayam, juga menjadikannya sebagai salah satu makanan pembentuk massa otot. Protein dalam daging ayam sendiri cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan daging sapi. Dalam menjalankan program pembentukan massa otot menggunakan daging ayam, pastikan tetap memilih daging ayam yang sedikit lemak. 

Pastikan juga kamu mengolahkan dengan direbus, bukan digoreng. Pasalnya, cara pengolahan daging ayam dengan menggorengnya dapat meningkatkan asupan lemak yang dihasilkan dari minyak goreng. Asupan lemak yang berlebih ini tidak baik bagi tubuh.

Itulah lima jenis makanan penambah massa otot yang bisa kamu konsumsi. Selain mengonsumsi menu di atas, pastikan kamu juga mengimbanginya dengan berolahraga secara rutin untuk membentuk otot yang kamu inginkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar Bro