Waktu Tidur Yang Cukup Guna Cegah Penyebaran Virus Corona

Oleh : Bun Gaul


Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pencegahan virus Corona Covid-19, pada artikel sebelumnya, kami menuliskan tutorial mencuci tangan yang baik dan benar sebagai salah satu upaya pencegahannya. Pada artikel kali ini kami akan mencoba membagikan satu tips untuk mencegah tertular virus Corona Covid-19 dengan memperbaiki pola tidur.

Menurut WHO, 4 tips dalam menjaga agar tidak terinfeksi virus ini adalah mencuci tangan, menjaga jarak atau mengurangi kontak fisik, konsumsi makanan dan minuman bergizi dan berolahraga yang cukup. Namun ada satu tips yang bisa dilakukan dengan mudah untuk meningkatkan imunitas, yaitu memperbaiki pola tidur.

Tips Tidur Yang Cukup Agar Bebas Dari Corona

tidur yang cukup

Tidur Rutin 7 Jam Sehari

Berdasarkan paper yang ditulis oleh Sleep Foundation.org, tidur yang cukup adalah 7 jam sehari, dan memberikan manfaat untuk mengurangi berbagai macam risiko gangguan kesehatan. Singkatnya, mempunyai pola tidur dengan durasi 7 jam sehari dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau tingkat imunitas. Karena saat tidur 7 jam, tubuh memperbaiki jaringan tubuh dan meningkatkan pertahanannya.

Tahapan Tidur

Pada orang yang normal menjalani kebiasaan dengan waktu tidur yang cukup, pasti merasakan bahwa tidur yang cukup dapat memberikan dampak berupa kinerja yang lebih produktif dan mempengaruhi suasana hati. Tidur yang cukup juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan jangka panjang menurut paper yang diterbitkan Sleep Foundation.org . 

Namun, jika perubahan pola tidur yang tidak seimbang seringkali mengganggu aktivitas. Khususnya pada era modern seperti sekarang. Bahkan kata kunci “cara mengatasi tidur” adalah salah satu kata kunci yang paling dicari di Google dengan jumlah pencarian yang lumayan tinggi.

Proses tidur pada diri kita dapat dibagi menjadi 3 tahapan. Tahapan pertama adalah tahap menjelang tidur dan otak bergerak dari gelombang alpha menuju gelombang theta. Biasanya banyak orang di Indonesia menyebutnya dengan ‘kriyip-kriyip’ yang diserap dari bahasa jawa yang artinya tidur ayam atau setengah tertidur. Biasanya penderita gangguan tidur, hanya tertidur di tahap ini saja dan mempunyai gangguan untuk melanjutkan ke tahap kedua dan ketiga.

Tahap kedua tidur adalah tahap Deep Sleep, di tahap ini Deep Sleep mempunyai manfaat untuk menyegarkan fisik. Oleh karena itu bagi penderita gangguan tidur, seringkali merasa kelelahan karena tidak mendapatkan manfaat dari Deep Sleep.

Tahap ketiga adalah REM Sleep atau Rapid Eye Movement Sleep, yang mempunyai manfaat untuk peremajaan mental dan emosional.

Pola Tidur Manusia Modern

Sayangnya, manusia di era modern sekarang banyak yang menyepelekan pola tidur.  Masih banyak orang yang merusak pola tidur dengan bermain gadget saat malam hari. Sehingga pola tidur terganggu dan durasi tidur kurang dari 6 jam setiap harinya. 

Fakta ini sejalan dengan kenyataan saat penerapan social distancing untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19, justru pemakaian social media bertambah saat jam tidur. Hal ini diasumsikan karena kebanyakan orang tidak bekerja di pagi hari. Alih-alih tidur, malah bermain smartphone. 

Hal ini dirasa kurang bijaksana karena kurang tidur akan menurunkan daya tahan tubuh dan membuat kesempatan virus untuk berkembang di dalam tubuh kita lebih besar

Ubah Pola Tidur Saat Pandemi Covid-19

Untuk meningkatkan daya imun dalam tubuh agar mampu melawan virus Corona, salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan mengubah pola tidur dengan menambah waktu tidur selama satu jam. 

Berikut ini cara ubah pola tidur untuk mencegah virus Corona

  • Mundurkan waktu tidur 1 jam
    Jika mempunyai kebiasaan tidur jam 1 malam, mulai diubah memundurkan 1 jam yaitu pukul 12.
  • Lakukan 3 hari kebiasaan baru ini
    Untuk mengubah pola tidur dibutuhkan 3 hari pertama komitmen agar dapat konsisten ke masa yang akan datang
  • Letakkan Handphone 30 menit sebelum tidur
    Kurangi dulu main sosmed dan nonton streaming sebelum tidur. Menurut studi dari Harvard Medical School sinar biru yang dipancarkan oleh handphone mempunyai efek untuk mengganggu hormon melatonin yang mengatur siklus tidur.
  • Buat ritual yang menyenangkan sebelum tidur
    Pakai piyama, minum susu coklat, dengerin lagu atau baca buku yang ringan adalah beberapa contoh kegiatan yang menyenangkan sebelum tidur. Intinya tubuh perlu relaksasi dulu sebelum tidur. Oleh karena itu tidak disarankan main sosmed yang ujung-ujungnya malah menimbulkan kecemasan yang berlebihan

Dengan tidur 8 jam, cuci tangan dengan 6 langkah, mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, menjaga kontak fisik dan berolahraga cukup adalah upaya yang terbaik dalam mencegah virus bertumbuh di dalam tubuh kita. 5 upaya ini bukan pilihan namun kita mendorong kamu untuk menjalankan kelima upaya ini.

Stay safe and may all beings be healthy, Bro!

Tonton video lengkapnya berikut ini:

Bro-In.com merupakan salah satu blog yang dikelola oleh GROVH.

Video dibuat oleh Edward Suhadi dan team CERITERA

GROVH menginisiasi agar video dan pesan ini tersampaikan melalui kata kunci di Google

Tinggalkan komentar Bro