Berikut Tips Backpacker Murah bagi Pemula yang Low Budget

Oleh : Writer Bro-In


Mungkin istilah backpacker sudah sering Anda dengar. Kegiatan bertualang dengan kesan serba hemat dan sederhana ini menjadi hal yang menarik untuk dicoba. Kegiatan ini dapat membuat Anda belajar manajemen waktu dan meningkatkan rasa percaya diri. Namun, sebelum berangkat, ada baiknya jika kalian menyimak beberapa tips backpacker berikut ini.

Pilihan liburan ala backpacker memang lebih disukai karena biayanya yang cenderung murah dan hemat dibanding cara berlibur lainnya. Dan dengan mengikuti berbagai tips ini, perjalanan backpacker yang kalian lakukan dijamin tetap seru. Walaupun  dengan biaya yang minim atau low budget. 

Apa itu Backpacker?

Backpacker sendiri berasal dari kata backpack, tas ransel, tas punggung, atau tas gendong. Pengertiannya, backpacker adalah orang yang membawa tas tersebut. Secara lebih detail backpacker adalah kegiatan melaksanakan perjalanan dari kota ke kota, desa ke kota, desa ke desa, ke objek wisata dan ke luar negeri.

Tips Backpacker Murah bagi Pemula yang Low Budget

1. Jangan Lupa Buat Daftar Itinerary

tips backpacker

Susun Rencana Liburan dengan Matang

Agar Anda bisa maksimal menjelajahi destinasi dalam waktu terbatas, sebaiknya susun itinerary untuk persiapan backpacker. Cari tahu lokasi tempat wisata, harga tiket masuk, harga penginapan untuk menyusun hari dan jadwal kunjungan Anda. Meski backpacker terkesan santai, tapi menyusun rencana perjalanan harus dibuat agar liburan berjalan dengan lancar .

Tidak hanya itu, itinerary juga akan membuat Anda terhindar dari penggunaan uang di luar bujet serta membuang-buang waktu. Terkadang para pelancong yang tidak menyiapkan rencana perjalanan kerap bingung menentukan rute kunjungannya. Akhirnya malah menghabiskan uang dan waktu untuk hal yang tidak diperlukan. 

2. Kumpulkan Referensi Secara Lengkap

Hidup di zaman teknologi seperti sekarang, tidak perlu lagi repot mengumpulkan informasi dengan pergi ke perpustakaan. Ponsel bisa menjadi sumber informasi saat untuk mengumpulkan beberapa referensi yang dibutuhkan dalam rencana perjalanan Anda. Kumpulkanlah referensi secara lengkap dengan browsing di google.

3. Bawa Barang Secukupnya

tips backpacker

Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang

Bagian yang terpenting, kemas peralatan backpacker dengan proses sortir barang apa saja yang perlu dibawa saat liburan. Liburan dengan cara backpacker tentu akan menjadi jauh lebih mudah bila membawa barang seperlunya saja. Hindarkan membawa barang berharga yang akan menyorot perhatian.

4. Pilih Transportasi Umum

Agar liburan ala backpacker menjadi lebih adventurous sekaligus lebih murah sebaiknya gunakan transportasi umum. Melakukan riset terlebih dahulu opsi transportasi umum apa saja yang bisa Anda gunakan di destinasi yang akan dituju. Anda bisa memilih moda transportasi umum seperti kereta dan bus.

Jika memang tempat yang akan ditempuh tidak begitu jauh Anda bisa berjalan kaki. Selain menyehatkan tentunya berjalan kaki akan membuat lebih low budget karena tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Keuntungan lainnya, Anda bisa menjadi orang yang beruntung bila menemukan hal unik tersembunyi di sekitar tempat tersebut.

5. Pandai Mengatur Situasi

tips backpacker

Harus Bisa Mengatur Kondisi dan Situasi

Sebagai seorang backpacker kemungkinan besar Anda akan melewati hal-hal yang tidak menyenangkan. Sebagai antisipasi aturlah jadwal seefektif mungkin. Jangan mengisi seluruh waktu dengan kegiatan yang menguras tenaga. Jika kelelahan, bukan hanya tubuh yang merasa sakit, hal itu pun bisa mengacaukan jadwal perjalanan yang sudah diatur.

Waspadai juga iklim dan cuaca. Anda harus bisa memilih dengan pasti pakaian dan keperluan lain sesuai suasana di lokasi tujuan. Misalnya Anda tidak memerlukan membawa sweater saat ke negara di wilayah Asia Tenggara.

Yang tidak kalah penting sebagai seorang backpacker, selalu bawa hand sanitizer agar tangan tetap bersih ketika makan. Salah satu manfaat mencuci tangan adalah kamu terhindar dari berbagai virus, termasuk Corona. Yuk simak cara mencuci tangan yang benar di 6 Langkah Cuci Tangan Versi WHO Guna Cegah Virus Corona.

Demikian ulasan mengenai tips backpacker sebelum Anda melakukan liburan ala backpacker. Dengan ini perjalanan backpacker bisa tetap dilakukan dengan hemat dan menyenangkan. Selamat berllibur!

Tinggalkan komentar Bro