Langkah dan Cara Membuat Startup yang Harus Diperhatikan 

Oleh : Writer Bro-In


Akhir-akhir ini, kita seringkali mendengar kata startup.  Startup sendiri adalah sebuah bentuk bisnis yang dirintis di bidang teknologi. Sekarang banyak dijumpai startup seperti  e-commerce, fintech, dan teknologi. Pada dasarnya, membuat startup bukanlah suatu hal yang sulit.  Apa saja cara membuat startup yang bisa kamu lakukan?

Kenali 5 Cara Membuat Startup Berikut Ini

1. Cari Ide dari Permasalahan Sehari-Hari

cara membuat startup

Cari ide startup yang berasal dari masalah yang ada disekitar

Pada dasarnya, sebuah perusahaan startup merupakan sebuah instansi yang melibatkan teknologi di dalamnya. Tujuannya untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ditemukan dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, kamu bisa mengangkat sebuah ide dalam permasalahan sehari-hari.

Contohnya adalah cikal bakal aplikasi Uber karena Travis Kalanick dan Garrett Camp kesulitan untuk memesan taksi. Dari permasalahan inilah, keduanya berinisiatif untuk menciptakan sebuah startup yang bergerak dalam bidang transportasi. Hingga saat ini muncul berbagai aplikasi di bidang transportasi yang bisa ditemukan dengan mudah. 

2. Carilah Co-Founder yang Kamu Kenali

Setelah muncul sebuah ide, kamu bisa menemui seseorang untuk membangun startup bersama.  Hal ini menjadi sangat penting di fase awal pembangunan startup. Pasalnya, kamu tidak bisa menjalankan dan mengaturnya sendirian. Untuk itu, tidak ada salahnya menunjuk seseorang.

Dalam hal ini, pastikan jika kamu mengenal baik orang yang akan kamu jadikan sebagai co-founder. Pilihlah orang terdekat dari lingkunganmu yang juga berkompeten untuk mebangun strartupmu. Dengan begitu proses mendirikan startup bisa lebih mudah untuk dijalankan. 

3. Kembangkanlah Secara Bertahap

cara membuat startup

Pilihlah partner atau co-founder yang memang sudah kamu kenal

Mungkin banyak diantara kita yang berpikiran ketika membangun startup membutuhkan hal-hal yang sulit, atau ribet. Misalnya saja dana yang besar, tim yang handal, dan para pekerja profesional. Sebenarnya, ini bukanlah satu-satunya jalan. 

Kamu bisa membangun startup dengan membuat aplikasi atau website yang sederhana (tahap beta) dengan dana yang seminimal mungkin. Sebagai catatan, kamu bisa mengembangkan website ini seiring berjalannya waktu dan permintaan. Kamu juga bisa mengikuti berbagai seminar dan workshop yang berkaitan dengan startup. 

Mengikuti workshop akan sangat bermanfaat untukmu. Dari workshop ini kamu bisa mendapatkan pemahaman membangun startup dari berbagai sisi, mulai dari membangun konsep, Human Resource, Finance, hingga Programming. Selain itu kamu juga bisa mendapat banyak relasi yang bisa membantu.

4. Bangun Relasi dan Berkolaborasi

Sama halnya seperti manusia, makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Maka start up juga membutuhkan berbagai pihak yang bisa mendukung agar survive & sustainable. Apalagi jika kamu benar – benar membangun startup dari nol.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu membutuhkan banyak relasi. Apalagi yang sama-sama terjun di dunia startup. Dengan begitu kamu bisa memiliki banyak opsi kesempatan untuk berkolaborasi dengan pihak lain untuk menghasilkan kerja sama yang sama-sama menguntungkan.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperluas networking ini adalah dengan bekerja di sebuah Coworking Space. Di sini, kamu bisa bertemu dengan banyak relasi yang berasal dari berbagai latar belakang profesi yang berbeda. Dengan begitu network yang kamu miliki bisa lebih luas lagi.

5. Minta Feedback dari Konsumen

cara membuat startup

Minta testimoni maupun kritik dan saran dari konsumen

Untuk mengembangkan sebuah bisnis, begitu juga dengan startup tidak bisa dijauhkan dari feedback user startup. Untuk itu, kamu harus bisa memahami apa saja yang diminta dan dibutuhkan oleh audience. Hal ini sangat berperan dalam kemajuan usaha yang kamu jalankan.

Misalnya saja adalah, pada beta atau pre-launching. Dengan cara ini kamu bisa terus membangun startup anda dengan customer-oriented yang mempunyai kesempatan besar untuk memiliki customer yang loyal terhadap startup. Sehingga dalam ini ikut andil besar mengembangkan startup.

 

Itulah lima cara membangun startup yang bisa kamu terapkan. Pada dasarnya, semua akan berjalan dengan mudah jika dibarengi dengan ketekunan dan juga kesabaran. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba! 

Tinggalkan komentar Bro