Daftar Makanan Hangat Yang Nikmat Disantap di Musim Hujan

Oleh : Writer Bro-In


Memasuki musim penghujan, daya tahan tubuh kita akan sangat mudah diserang oleh bakteri dan berbagai penyakit. Dengan demikian, penting untuk terus memberikan tubuh asupan nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima selama musim hujan. Cuaca yang dingin dan lembab membuat suhu sekitar menjadi lebih dingin. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memakan makanan yang hangat untuk dapat menghangatkan tubuh dan memberikan antibodi selama musim hujan.

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi makanan hangat yang dapat dijadikan referensi untuk disantap selama musim hujan ini. Selain dapat menghangatkan tubuh kita. Makanan hangat juga dapat memberikan manfaat lainnya. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak ya daftar dibawah ini.

Daftar Makanan Hangat Untuk Disantap di Musim Hujan

1. Sekoteng/Wedang Ronde

Minuman hangat ini merupakan salah satu pilihan favorit disaat musim hujan. Semua minuman yang menggunakan bahan jahe pasti disukai karena dapat menghangatkan badan serta menjaga kebugaran. Kandungan jahe putih besar terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air, serat, minyak atsiri, oleorosin, gingerol, senyawa fenolik, antioksidan, dan beebrapa zat bioaktif. Jahe juga bisa jadi obat murah meriah untuk yang mulai terserang flu.

Sekoteng mirip dengan wedang ronde, terutama karena jahe menjadi komponen utama. Bedanya terletak pada isian. Sekoteng berisi kacang hijau, potongan roti, kacang tanah yang disangrai serta mutiara cina. Adapun komponen penting wedang ronde ialah jahe dan ronde, berupa bulatan putih yang kenyal digigit. Isinya kacang tanah. Wedang ronde dilengkapi kolang-kaling serta mutiara cina. Sekoteng dan wedang cukup populer di Jawa Tengah dan tersebar hampir di seluruh pulau Jawa. Kedua makanan hangat berkuah ini sangat cocok untuk menemani hari-hari hujan kamu

2. Kembang Tahu

Kembang tahu

Makanan hangat yang satu ini cukup populer di masyarakat Indonesia. Meskipun bukan berasal dari kuliner nusantara, namun kembang tahu sangat digemari oleh masyarakat karena bahannya menggunakan sari tahu dan jahe yang sangat mudah ditemukan dan dapat memberikan rasa hangat ketika menyantapnya.

Paduan sari pati tahu yang diguyur kuah jahe dan gula aren jadi camilan yang mantap untuk menghangatkan tubuh dan perut. Kembang tahu banyak ditemui di  daerah Pontianak dan Jawa Barat. Makanan yang berasal dari kuliner etnis Tionghoa biasanya dijajakan keliling kampung, dengan tampilan sederhana yang terdiri dari kembang tahu, kuah. Namun tak jarang diberi hiasan dan variasi dengan ditambahkan kacang tanah sangrai atau keju agar kekinian dan terlihat lebih menarik mata pembelinya.

3. Bakso

Siapa sih yang tidak suka bakso? Hampir semua orang indonesia menyukai bakso sebagai makanan yang sangat cocok untuk disantap ketika musim hujan ataupun cuaca dingin. Gumpalan bola daging dan kuah kaldu sapi yang khas semakin membuat selera makan meningkat pada saat turun hujan. Ditambah dengan sayuran dan bihun menjadi teman yang cocok untuk menyantap bakso.

Sekarang bakso tidak sekedar disajikan secara polos. Kini ada banyak varian rasa bakso yang dapat dinikmati. Mulai dari bakso dengan topping keju, kornet hingga cabai rawit yang sangat pedas dapat menjadi pilihan alternatif ketika menyantap bakso.

4. Bubur Ayam

Bubur ayam merupakan salah satu makanan yang paling populer di daftar ini. Bubur ayam biasanya disajikan dengan komposisi bubur hangat dengan suwiran ayam, potongan seledri, kacang, daun bawang dan kerupuk. Cara pembuatannya yang mudah serta banyak yang menjajakannya membuat bubur ayam menjadi salah satu makanan favorit bagi masyarakat.

5. Teh Talua

teh talua

Teh talua atau yang biasa disebut teh telor merupakan minuman tradisional yang berasal dari Sumatera Barat. Campuran antara teh dan telur bebek dipercaya dapat meningkatkan stamina dan memberikan rasa nyaman di perut setelah meminumnya. Untuk mengurangi rasa anyir/amis pada teh dapat menggunakan jeruk nipis. Sehingga tidak mengurangi kelezatan dari teh itu sendiri. Sangat cocok untuk menjadi teman ketika musim hujan datang.

Dengan curah hujan yang tinggi, tentu ada banyak potensi bencana dan penyakit yang datang. Untuk itu penting bagi kita agar selalu menjaga gaya hidup dan pola makan sehat. Semoga informasi tentang makanan hangat yang cocok dimakan ketika hujan dapat bermanfaat untuk memberikan rasa hangat dan daya tahan bagi tubuh ya, bro!

Tinggalkan komentar Bro