3 Hal Ini Akan Mempengaruhi Penilaian Portofolio Kamu

Oleh : Writer Bro-In


Penilaian Portofolio РSebelumnya, kamu tau gak sih apa itu portofolio? apa tujuan dari kamu membuatnya? Portofolio merupakan kumpulan dari beberapa dokumen seseorang yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan dari apa yang telah dikerjakan. Biasanya portofolio ini akan dikirimkan dengan Curriculum Vitae untuk melamar suatu  pekerjaan tertentu.

Apalagi saat ini kamu sedang mencari pekerjaan, salah satu hal yang akan diliat oleh pada HRD dalam melihat kualitas kamu adalah dengan melihat portofolio yang kamu buat. Hanya dengan melihat Curriculum Vitae dan Portofolio, Tim HRD akan menyeleksi para pelamar kerja, yang mana masuk dalam kriteria dan mana yang tidak termasuk, dengan demikian portofolio menjadi salah satu aspek yang penting yang harus diperhatikan.

Jangan salah kaprah, kamu juga harus tau hal apa yang menjadi perbedaan antara Curriculum Vitae dengan Portofolio. Hal yang paling umum yang kamu harus ketahui perbedaanya adalah CV dapat digunakan berkali-kali karena sifat informasinya yang umum. Sedangkan Portofolio membutuhkan sifat yang lebih khusus terhadap pekerjaan apa yang sedang kamu lamar.

Maka dari itu, kamu harus menyesuaikan portofolio kamu sebenarnya apa yang harus ditonjolkan ketika melamar suatu pekerjaan tertentu, lalu kembali merubahnya ketika melamar dengan posisi lain.

Dalam dunia pekerjaan salah satu yang pertama dilihat dalam diri seseorang adalah pengalaman pekerjaan. Selain dimana tempat ia bekerja sebelumnya, hal apa yang pernah ia lakukan pada perusahaan sebelumnya pun menjadi hal yang tidak kalah penting. Rapot-rapot tersebut biasanya disatukan dalam portofolio.

Curriculum Vitae dan Portofolio merupakan hal yang sama-sama penting. Namun, dalam hal penilaian, harus diberikan langkah khusus dalam pembuatanya. Hal tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan penilaian yang baik di mata HRD ketika kita mengirimnya. Untuk meningkatkan penilaian portofolio, kamu dapat mengukurnya dengan 3 hal berikut ini:

Hal yang Dapat Mengukur Penilaian Portofolio

3 hal penilaian portofolio

Beruntun

Pembuatan portofolio sebagai hasil/ bukti apa yang telah kita kerjakan harus disusun secara berurut sesuai apa yang dikerjakan. Dimulai dari dimana tempat kamu bekerja, berada di posisi apa kamu, sampai program kerja apa saja yang kamu lakukan. setelahnya, kamu juga harus memberikan informasi mengenai pencapaian apa yang pernah kamu dapatkan dalam posisi tersebut.

Dapat Dibuktikan

Hal yang harus kalian tahu tentang penilaian portofolio kamu adalah dapat dibuktikan. Hal itu dapat dilengkapi dengan mengisi isi file kamu yang disertai alamat website beserta tanggal upload. Sehingga HRD dapat mencarinya dengan waktu yang singkat. Selain itu, portofolio yang dapat dibuktikan secara jelas akan meningkatkan nilai kepercayaan terhadap apa yang akan kamu lakukan di tempat yang baru.

Menarik

Hal yang mungkin susah-susah gampang adalah membuat portofolio-mu menarik. Selain kamu bisa menggunakan desain yang bagus, keterampilan dalam penempatan pencapaian-pencapaian kamu juga dapat membuat HRD tertarik. kamu bisa menceritakan proses bagaimana kamu dapat meraihnya dan kendala-kendala apa yang kamu hadapi dalam meraih pencapaian tersebut.

Hal lainya yang membuat menarik adalah seberapa penting project yang kamu kerjakan terhadap jalanya suatu perusahaan, misalnya kamu adalah desainer yang konsepnya dipilih oleh client untuk menggantikan logo perusahaanya, nilai kontraknya pun sangat besar, ini dapat mempengaruhi HRD terhadap penilaian portofolio kamu.

Nah setelah melihat tiga point yang penting dalam tahap penilaian portofolio kamu, apakah kamu sudah mengaplikasikanya? kalau belum jangan lupa ganti yah. Selain 3 hal yang penting dalam portofolio kamu, menurut kamu apalagi sih yang penting dalam penilaian portofolio kerja kita.

Tinggalkan komentar Bro