Ingin Diet Tapi Malas Masak? Coba Resep Makanan Diet Berikut,10 Menit Matang

Oleh : Writer Bro-In


Pola gaya hidup sehat merupakan salah satu tujuan hidup para millenial. Ini disebabkan banyak kaum millenial yang menjalani gaya hidup yang kurang sehat seperti bekerja di dalam ruangan dan kurangnya aktivitas olahraga. Hal ini membuat metabolisme tubuh terganggu, salah satu keluhan yang muncul adalah gejala obesitas atau kegemukan. Obesitas muncul karena gaya hidup yang tidak sehat.

Selain itu, pola makan yang tidak terkontrol dan kurang sehat menjadi penyebab terjadinya obesitas. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan diet. Tak hanya dengan olahraga, diet juga dapat dilakukan dengan mengontrol gizi dari makanan yang kita makan. Berikut kami akan memberikan resep makanan diet yang dapat dibuat dengan singkat dan mudah sehingga sangat cocok dengan kaum millenial yang dinamis.

Resep Makanan Diet Praktis, 10 Menit matang!

1. Mashed Potato

Sebagai orang Indonesia, dari kecil kita dikenalkan untuk makan nasi sebagai makanan pokok karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Namun nasi juga memiliki pengaruh negatif salah satunya dapat menyebabkan diabetes dan obesitas jika terlalu banyak. Salah satu alternatif makanan yang dapat dijadikan pengganti nasi adalah kentang. Kamu dapat membuat banyak kreasi olahan kentang sebagai pengganti nasi. Salah satunya adalah mashed potato sebagai pengganti nasi. Selain memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, cara membuatnya juga mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

masshed potato

Bahan Baku
Kentang- 300 gram
Susu cair – 125 ml
Mentega – 2 sdm
Garam – 1/2 sdt
Merica bubuk – 1/4 sdt
Lada hitam kasar, untuk taburan – secukupnya

Cara Membuat 

  • Kupas kentang lalu potong-potong. Rebus hingga empuk sekitar 15-20 menit. Angkat dan tiriskan. Langsung haluskan kentang dengan potato masher atau ulekan atau alat bantu lainnya.
  •  Bumbui dengan garam dan merica. Aduk rata sambil tekan-tekan dengan saringan halus dari besi agar hasilnya lembut dan creamy.
  • Haluskan kentang saat masih panas, agar teksturnya lembut
  • Sajikan selagi hangat

2. Telur Kukus Dengan Sayuran

Selain karbohidrat tubuh yang sedang diet juga tetap membutuhkan asupan protein. Salah satu menu diet sehat yang mudah dibuat adalah dengan bahan telur. Selain mudah didapat telur juga sangat mudah untuk diolah menjadi makanan sehat. Salah satu resep telur yang dapat dijadikan menu diet adalah telur kukus dengan sayuran. Berikut adalah resep dan cara membuatnya

Bahan Baku
Telur 1 butir
garam
merica
2 butir telur
3 butir bakso, potong kecil
1 buah wortel, potong kecil
1 batang daun bawang
4 siung bawang putih, cincang halus

Cara Membuat 

  •  Masukkan semua bahan ke dalam mangkok, kemudian aduk hingga rata. Bagi makanan menjadi dua mangkok.
  • Tambahkan garam dan lada secukupnya.
  • Siapkan kukusan yang telah berisi air, kemudian panaskan hingga mendidih.
  • Masukan dalam kukusan, dan masak selama 10 sampai 15 menit
  • Sajikan selagi hangat

3. Salad Sayuran

Jika bosan dengan menu diet yang berat, kamu bisa mencoba beberapa alternatif menu lainnya. Meskipun tergolong bukan sebagai makanan berat, namun salad sayuran memiliki manfaat yang tidak kalah dibandingkan menu lainnya. Salad sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bagus untuk metabolisme dan membantu melancarkan pencernaan tubuh. Berikut adalah resep salad sayuran yang dapat kamu buat dengan mudah.

Salad sayuran

Bahan Baku
1 buah wortel potong sesuai selera
1 ikat selada
1 buah jagung manis, dipipil
10 buah baby buncis
bunga kol secukupnya
keju cheddar secukupnya
saus thousand island secukupnya
mayones secukupnya

Cara Membuatnya : 

  • potong, dan rebus semua sayuran
  • Tata selada di atas piring lalu taruh jagung manis di atasnya.
  • Potongan wortel dan baby buncis yang sudah di rebus. Terakhir letakkan bunga kol di atasnya.
  • Siram dengan mayones dan dan saus thousand island sesuai selera.
  • Taburi dengan keju yang diparut secukupnya sebagai pemanis.

4. Jus Sayur Bayam dan Seledri

Selain makanan, menu diet juga dapat berupa minuman. Salah satu minuman yang cukup populer diminum orang yang sedang diet adalah jus bayam mengandung mayoritas air, karbohidrat, protein, kalori, vitamin A, B, C, K dan dietary fiber.

Bahan Baku
1 ikat daun bayam. Cuci bersih lalu cincang sampai sebanyak 1 gelas.
4 batang seledri, cuci bersih lalu iris tipis
1 gelas air putih
Batu es secukupnya
Sedikit garam
Air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis sesuai selera

Cara Membuatnya :

  • Masukan  bayam, seledri, air, batu es, dan garam kedalam blender secara sekaligus
  • Blender semua bahan tersebut sampai halus.
  • Tuangkan kedalam gelas saji. Tambahkan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis sesuai selera untuk menambah aroma menyegarkan. Aduk rata dan siap diminu,

5. Tumis Ayam Brokoli

Membuat menu variasi ketika diet dapat dilakukan. Ini bertujuan agar tidak jenuh ketika menjalani diet. Dengan mengkombinasikan nutrisi-nutrisi yang diperlukan. Salah satu Menu makan malam yang dapat dicoba adalah tumis ayam brokoli sayur. Potongan daging ayam yang di tumis dengan sayuran brokoli ini tentu akan menggugah selera makan kamu. Selain mengenyangkan menu tersebut bisa mudah di cerna dan bebas kalori. Jadi kamu tak perlu takut akan kegemukan, sebaliknya jika kamu memasak nya dengan benar nilai gizi yang terkandung dalam sayur dan daging ayam ini akan membantu program diet kamu. Cara masaknya yang mudah sehingga tidak membutuhkan waktu lama bagi para kaum millenial untuk dapat membuatnya. Berikut ini adalah bahan baku yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Bahan Baku
3 siung bawang putih, cincang
½ buah bawang bombay, iris memanjang
1 sdm saus tiram
½ sdt garam
1 sdt merica
1 sdm gula pasir
1 buah wortel, iris
2 buah cabai merah, iris
200 gram brokoli
100 ml air

Cara Membuat : 

  • Geprek bawang putih, lalu tumis hingga mengeluarkan aroma harum. Masukkan potongan ayam. Masak hingga ayam berubah warna atau hingga matang.
  • Tuang saus tiram, garam, penyedap rasa, jamur, merica, dan gula pasir. Masukkan wortel, lalu aduk hingga merata.
  • Masukkan cabai, lalu beri air sedikit demi sedikit. Masak hingga mendidih, kemudian masukkan brokoli. Masak hingga matang sempurna.
  • Masukkan bawang bombay, aduk hingga bawang bombay berubah layu.
  • Jika sudah matang, angkat, lalu sajikan.

Jadi gimana bro, udah tau kan resep makanan diet yang mudah dan praktis dibuatnya. Jadi ngga ada lagi alasan malas untuk diet ya bro!

Tinggalkan komentar Bro