Cara Merawat Air Radiator yang Bagus untuk Mobil Tua

Oleh : Writer Bro-In


Merawat air radiator mobil merupakan keharusan yang perlu diperhatikan. Pasalnya, air radiator merupakan komponen utama pada sistem pendinginan. Air radiator yang bagus untuk mobil tua juga akan menambah kemudahan dan umur mobil tersebut. Untuk itu, simaklah cara merawat air radiator untuk mobil tua berikut.

Terapkan 5 Cara Merawat Air Radiator yang Bagus untuk Mobil Tua 

1. Perhatikan Volume Air pada Air Radiator

air radiator yang bagus untuk mobil tua

Selalu perhatikan volume air pada radiator mobil

Tips pertama yang bisa kamu terapkan untuk merawat air radiator adalah dengan memperhatikan volume air pada radiator. Masalah utama yang sering terjadi pada mobil tua adalah seringnya terjadi overheat. Keadaan dimana temperatur mesin meningkat drastis. Overheat ini sendiri terjadi dikarenakan kurangnya volume air pada radiator mobil. 

Kurangnya volume air ini akan menimbulkan terjadinya tekanan pada penutup radiator yang kemudian disalurkan dan menekan reservoir atau tabung cadangan, sehingga menyebabkan sistem radiator terjadinya vakum. Untuk itu, pastikan kamu selalu mengecek batas aman volume air radiator ini. Dimana indikator batas amannya berada di . tengah-tengah indikator full dan low.

2. Kuras Tangki Air Radiator Secara Rutin

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk merawat air radiator yang bagus untuk mobil tua adalah dengan rutin membersihkan atau menguras tangki radiator. Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Menguras tangki radiator ini sendiri bertujuan agar tangki terhindar dari korosi atau pengkaratan.

Kamu bisa menguras tangki air radiator mobil minimal dalam waktu 2 minggu sekali. Dengan rutin membersihkan air radiator ini maka akan membuat temperatur mobil terjaga dengan baik. Selain itu juga membuat mobil terhindar dari masalah yang umumnya terjadi seperti overheat.

3. Gunakan Radiator Coolant

air radiator yang bagus untuk mobil tua

Gunakan pendingin radiator atau radiator coolant

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk merawat radiator mobil adalah dengan menggunakan radiator coolant.  Radiator coolant ini sendiri memang dikhususkan untuk menjaga temperatur mesin mobil. Selain itu juga mengangkat kotoran dan karat yang menumpuk di tangki radiator.

Melihat beberapa fungsi radiator coolant di atas, tidak ada salahnya jika kamu menggunakannya pada mobil tua yang kamu punya. Tujuannya untuk menjaga air radiatornya agar tetap bagus dan berfungsi dengan baik. Dengan begitu mobil tua yang dimiliki juga bisa menjadi semakin awet.

4. Hindari Pemakaian Air Keran

Tips lain yang bisa merawat radiator mobil dengan baik adalah dengan menghindari pemakaian air keran pada radiator mobil. Ini merupakan salah satu hal yang sering diabaikan oleh sebagian orang. Padahal, air keran yang mengandung zat besi dapat menyebabkan korosi pada tangki radiator mobil.

Tidak hanya itu, satu hal lagi yang harus kamu ketahui adalah air radiator tidak hanya berfungsi sebagai pendingin mesin. Air radiator juga bertindak sebagai pencegah terjadinya karat pada saluran air radiator. Untuk itu, mulai sekarang hindarilah pemakaian air keran untuk radiator mobil.

5. Jangan Lupa Tutup Radiator

air radiator yang bagus untuk mobil tua

Selalu pastikan bagian radiator mobil telah tertutup

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk merawat air radiator yang bagus untuk mobil tua adalah pastikan kamu sudah menutup radiator pada mobil. Jangan sampai kamu lupa untuk menutup radiator agar cairan radiator coolant tidak bocor saat menahan temperatur mesin yang panas.

Selain tutup radiator, beberapa hal penting lainnya yang harus kamu lakukan untuk  memastikan sistem radiator mobil telah terjaga dengan baik adalah dengan memperhatikan saluran air radiator dan reservoir atau tabung cadangan air pada radiator.

Itulah lima cara merawat air radiator yang bagus untuk mobil tua yang bisa kamu terapkan. Selain memperhatikan poin-poin di atas, pastikan juga kamu selalu melakukan pengecekan onderdil mobil secara rutin untuk melihat apa saja yang terjadi pada mobilmu. Dengan begitu, mobil tua bisa lebih terjaga dan tetap baik meski sudah berumur tua. 

 

Tinggalkan komentar Bro