Tips dan Cara Membersihkan Jok Mobil Semi Kulit yang Efektif

Oleh : Writer Bro-In


Merawat dan membersihkan jok mobil merupakan salah satu langkah yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja. Pasalnya, jok mobil juga menjadi salah satu interior penting yang bisa membuat nyaman saat kita berkendara. Oleh karena itu, simaklah tips dan cara membersihkan jok mobil semi kulit berikut ini:

Lakukan 5 Cara Membersihkan Jok Mobil Semi Kulit

1. Perhatikan Pembersih yang Akan Digunakan

cara membersihkan jok mobil semi kulit

Selalu perhatikan pembersih yang akan dipakai

Cara merawat jok mobil berbahan semi kulit yang pertama adalah perhatikan terlebih dahulu jenis noda membandel pada jok mobil mu. Jika hanya debu biasa, kamu bisa membersihkannya dengan kemoceng. Kamu juga bisa membersihkannya dengan kanebo dan basahi dengan air yang bersih agar debu yang menempel pada jok mobil bersih kembali.

Akan tetapi, jika noda yang menempel adalah bekas membandel, kamu bisa membilasnya dengan air yang sudah diberi pembersih terlebih dahulu. Dalam hal ini, pastikan jika pembersih yang kamu gunakan aman untuk jok mobil yang berbahan semi kulit. Pasalnya, jika kamu salah memilih pembersih bisa berakibat pada bahan jok mobil mu.

2. Gunakan Hair Spray untuk Membersihkan Noda Tinta

Jika jok mobil mempunyai noda tinta yang membandel dan susah dihilangkan dengan cara pertama, kamu bisa menggunakan hairspray untuk membersihkannya. Jika kamu tidak mempunyai hairspray, alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan obat gosok yang berbasis alkohol yang telah dicampur menggunakan air.

Untuk merawat dan membersihkan jok mobil berbahan semi kulit dengan cara ini, kamu cukup menyemprotkan hairspray ke atas noda. Kemudian serap dengan hati-hati menggunakan kain lembab yang bersih. Tujuannya agar noda tinta yang menempel pada jok tidak semakin meluas.

3. Gunakan Garam untuk Membersihkan Noda Minyak dan Gincu

cara membersihkan jok mobil semi kulit

Bisa menggunakan garam untuk menghilangkan noda

Noda makanan yang berminyak memang kerap kali membuat jok mobil terlihat kotor. Apalagi jika gincu yang kita pakai malah menempel dan membuat warna jok mobil terkontaminasi. Untuk itu, kamu bisa membersihkannya menggunakan garam atau cornmeal pada noda tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bantuan formula pengencer cat dan kain katun. Campur pengencer cat dengan air menggunakan perbandingan yang sama. Jika sudah, kamu bisa mencelupkan lap katun ke dalam larutan tersebut untuk kemudian digosokkan pada noda.

Jika kamu memilih menggunakan formula pengencer minyak ini, pastikan jika produk yang kamu pilih tidak akan merusak bahan jok semi kulit pada mobilmu. Karena berbagai produk mempunyai kadar bahan yang berbeda-beda. Jadi, selalu pastikan bahannya lebih dulu ya! 

4. Gunakan Air Dingin untuk Membersihkan Noda Bekas Muntahan

Mual hingga berujung muntah merupakan hal yang biasa terjadi bagi sebagian orang yang tidak tahan dengan udara di dalam mobil ber-AC. Noda muntahan ini sendiri, jika tidak segera dibersihkan bisa masuk ke dalam bagian terdalam jok mobil dan merusak tampilannya. Selain itu, juga menghadirkan bau menyengat.

Untuk itu, segeralah membersihkan jok mobil yang terkena muntahan untuk mengantisipasi hal-hal di atas terjadi. Kamu bisa segera membersihkannya dengan air dingin untuk mengencerkan noda bekas muntahan. Setelah itu, kamu bisa mencuci daerah yang terkena muntahan dengan sabun lembut dan air hangat untuk menetralkan baunya.

Kamu juga bisa menggunakan pasta hasil campuran baking soda dengan air untuk membantu menyerap bau bekas muntahan dengan cepat. Dengan begitu proses pembersihan bisa berjalan makin mudah. Jok mobil pun bisa kembali bersih. 

5. Rutin Membersihkannya

cara membersihkan jok mobil semi kulit

Selalu rutin bersihkan jok mobil

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk merawat jok mobil berbahan semi kulit selanjutnya adalah rutin membersihkannya. Kamu bisa rutin membersihkannya setelah mobil digunakan atau seminggu sekali. Dengan begitu jok mobil bisa lebih awet dan bersih. 

Itulah lima cara merawat jok mobil berbahan semi kulit yang bisa kamu terapkan. Menjaga kebersihan jok mobil juga bisa menambah kenyamanan saat kamu berkendara. Maka dari itu, jangan lupa selalu membersihkannya ya! 

 

Tinggalkan komentar Bro