Mudah Dilakukan Begini Cara Membersihkan Plafon Mobil

Oleh : Writer Bro-In


Plafon yang berada di atas mobil, membuat benda yang satu ini mudah kotor dan sering kali luput dibersihkan. Selain itu, bahan plafon sendiri terkadang sulit dibersihkan sehingga membuat kita terasa malas untuk sekedar membersihkannya. Lalu, bagaimana cara membersihkan plafon mobil?

5 Cara Membersihkan Plafon Mobil Sesuai Kategori Kotornya

1. Membersihkan Plafon yang Berdebu

cara membersihkan plafon mobil

Membersihkan Debu Pada Bagian Plafon 

Debu tentunya tidak asing jika membuat tampilan mobil membuat kotor. Begitu juga dengan plafon yang kotor karena banyak debu. Jika plafon mobil kamu mengalami masalah ini, cara membersihkannya cukup mudah, yaitu dengan menyikat lembut plafon tanpa menggunakan air.

Kamu bisa menyikat plafon mobil menggunakan sikat gigi. Ukuran sikat gigi yang kecil dan tidak begitu besar bisa menjangkau area yang sulit dijangkau. Cukup sikat dengan gerakan tangan searah. Lakukan secara berulang dan perlahan agar debu yang menempel pada plafon bisa hilang.

2. Membersihkan Plafon Mobil Bernoda Ringan

Cara membersihkan plafon bernoda ringan, tentunya berbeda dengan hanya membersihkan plafon yang berdebu. Kamu bisa menggunakan sikat yang lembab dengan sedikit taburan detergen. Tuang detergen pada air, pastikan jangan mengaduknya. Tunggu sampai tiga menit agar partikelnya beraksi dengan air, celupkan sikat ke dalam larutan detergen, lalu angkat.

Kamu bisa menggerakkan sikat ke atas atau ke bawah. Tujuannya agar larutan detergen yang menempel pada sikat terbuang, sehingga menyisakan sikat yang lembab. Sikat lembab inilah yang nantinya kamu gunakan untuk membersihkan plafon bernoda ringan.

Pastikan jangan sampai kamu mengaduk larutan detergen sampai berbusa. Karena sikat yang berbusa dan menyentuh plafon, nantinya malah akan menghasilkan flek yang tidak bisa hilang. Noda ringan yang ada di plafon bukannya hilang, justru akan semakin bertambah.

3. Membersihkan Plafon  Mobil dengan Noda Pekat

cara membersihkan plafon mobil

Membersihkan Plafon yang Memiliki Noda Pekat

Berikutnya adalah jika plafon pada mobil kamu bernoda pekat. Cara membersihkan plafon mobil dengan noda pekat atau membandel seperti ini bisa menggunakan cairan fabric. Tetap ingat, ada cara tersendiri untuk menggunakan cairan ini. Jangan sampai asal menuang dan menggosok pada plafon, karena nanti bisa berujung pada kesalahan teknis.

Jika plafon kamu bernoda pekat, cukup basahi kain dengan air lalu peras sampai kering. Usapkan kain yang sudah kamu peras kering tersebut pada plafon yang bernoda bandel. Pastikan kain itu benar-benar kering. Agar tidak tumbuh jamur atau bakteri karena kain yang kamu gunakan lembab.

Semprotkan cairan pembersih fabric pada kain, lalu gosok perlahan pada plafon yang bernoda pekat. Lakukan hal yang sama secara berulang sampai noda membandel pada plafon mobil kamu benar-benar hilang. Dengan begini plafon mobil akan kembali bersih! 

4. Gunakan Vacum Cleaner Sesekali

Cara berikutnya untuk membersihkan plafon mobil adalah sesekali cobalah untuk menggunakan vacuum cleaner. Penggunaan vacuum cleaner ini pun tidak bisa sembarangan, melainkan harus ada caranya tersendiri. Jika kamu asal dalam menggunakannya justru akan merusak mobil.

Pastikan kamu sudah mengatur daya serap vacuum cleaner jika ingin membersihkan mobil menggunakan alat penghisap otomatis ini. Pilih daya serap yang paling ringan, karena penggunaan daya serap tinggi justru akan merusak plafon menjadi tidak bagus.

5. Membersihkan Plafon dari Beludru

cara membersihkan plafon mobil

Bahan Beludru yang Ada Pada Plafon Mobil

Plafon mobil yang terbuat dari beludru sangat sulit dibersihkan. Dalam perawatannya sendiri kamu juga harus berhati-hati mengingat material beludru yang berlapis-lapis. Cara membersihkan plafon mobil yang terbuat dari beludru ini sendiri cukup gosok menggunakan air secukupnya. 

Pastikan kamu menggunakan air yang cukup dan benar-benar dibutuhkan. Karena bahan beludru jika terkena air akan menjadi lembab, dan plafon yang lembab akan menimbulkan masalah baru pada mobil. Atau jika kamu takut dengan pengukuran air yang digunakan, cukup lap dengan kain yang setengah basah.

Itulah 5 cara membersihkan plafon mobil yang bisa kamu coba. Meskipun terlihat rumit, tetapi dalam prakteknya membersihkan plafon mobil adalah hal yang sederhana dan mudah. Perhatikan jenis plafon dan masalah yang terjadi pada mobilmu. Jangan asal membersihkan, jika tidak ingin timbul masalah baru pada plafon mobil. Selamat mencoba! 

Tinggalkan komentar Bro