Cara Mengatasi Mobil Overheat, Lakukan 5 Langkah Mudah ini!

Oleh : Writer Bro-In


Sebelum membahas tentang cara mengatasi mobil overheat, apakah kamu tahu apa itu overheat pada mobil? Overheat adalah kondisi dimana suhu pada mesin mobil mengalami panas yang berlebihan. Kondisi tersebut di dipicu karena sistem pendingin pada mesin mobil tidak berfungsi dengan semestinya. 

Mungkin saja terjadi kerusakan di bagian sistem pendingin pada mesin mobil. Seperti kipas radiator yang tidak berfungsi, radiator tersumbat, menggunakan air radiator yang salah, dan thermostat mengalami kerusakan. Terjadinya overheat juga bisa terjadi ketika sistem pendingin mengalami kebocoran.

Selain itu juga ada pemicu lain, seperti mesin mobil kamu kurang cukup oli sehingga menyebabkan overheat. Tidak hanya dipicu dari kerusakan pada sistem pendingin mesin, overheat dapat terjadi juga ketika kamu melajukan mobil dengan kecepatan yang tidak wajar. Ketika jarum pada mesin RPM bergerak mendekati huruf H, dapat dipastikan bahwa suhu pada mesin akan semakin bertambah. 

Jika kamu mendapati jarum tersebut bergerak hingga di titik huruf H, dapat dipastikan jika mobil yang kamu kendarai akan mogok di tengah jalan. Maka sebaiknya, ketika kamu melihat jarum pada RPM hampir bergerak ke huruf H, sebaiknya kamu mengurangi kecepatan dan mulai menepikan mobil kamu di pinggir jalan hingga kondisi suhu pada mesin kamu kembali stabil. 

5 Cara Mengatasi Mobil Overheat Saat Perjalanan

Namun, bagaimana jika mobil kamu terlanjur mengalami overheat? Apa yang harus dilakukan? Supaya kamu tidak merasa panik dan kebingungan ketika mobil mu mengalami overheat, sebaiknya simak cara mengatasi mobil overheat di pembahasan ini!

1. Menepikan Mobil ke Pinggir Jalan Atau Tempat Aman

cara mengatasi mobil overheat

Tepikan dahulu mobil di pinggir jalan

Langkah pertama adalah menepikan mobil. Ketika jarum pada mesin RPM mendekati huruf H dan muncul  asap putih keluar dari kap mesin. Segera cari tempat persinggahan sementara untuk berhenti sejenak jika dalam keadaan darurat dapat juga menepi di pinggir jalan dengan menyalakan lampu hazard.

2. Matikan Mesin Mobil

Setelah kamu berhasil menepikan mobil yang mengalami overheat, langkah selanjutnya yaitu mematikan mesin mobil. Hal ini bertujuan supaya kerusakan yang terjadi akibat mengalami overheat tidak semakin parah. Sehingga komponen mesin lainnya tidak mengalami kerusakan. 

Lalu tunggu hingga jarum penunjuk pada mesin RPM turun dari posisi huruf H yang menandakan bahwa suhu pada mesin kembali normal. Dalam mendinginkan suhu mesin mobil, kamu memerlukan waktu sekitar 10 hingga 20 menit. Tujuannya untuk memastikan suhu pada mesin benar-benar turun.

3. Buka Kap Mesin Mobil dan Periksa Radiator

cara mengatasi mobil overheat

Periksa keadaan radiator mobil

Setelah mematikannya mesin mobil, sebaiknya kamu membuka kap mesin mobil. Jika dirasa suhu pada mesin masih belum normal, sebaiknya jangan sekali-kali mencoba membuka tutup radiator pada mesin. Jika kamu memaksakan diri untuk membukanya bisa saja uap yang memiliki tekanan tinggi dari radiator melukai wajah atau tubuhmu. 

Jadi pastikan dulu keadaan suhu pada radiator telah normal dan lakukan pengecekan jika dirasa suhunya sudah normal. Ketika kamu tidak menemukan kebocoran pada radiator, kemungkinan yang terjadi radiator mobil kamu hanya kekurangan air. Jika dalam kondisi mendesak, kamu dapat mengganti air radiator dengan air biasa.

4. Lakukan Pengecekan Pada Oli Mesin

Selain karena terjadinya kerusakan pada sistem pendingin mesin. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kekurangan oli pada mesin mobil juga menjadi penyebaran terjadinya overheat pada mobil. Lalu langkah selanjutnya untuk mengatasi mobil overheat yaitu melakukan pengecekan pada oli mesin mobil. 

Jika oli terlalu sedikit yang ditandai di bawah huruf E pada dipstick oli maka hal tersebut yang menjadi penyebab mobil mengalami overheat. Jadi kamu perlu mencukupi kebutuhan oli pada mesin mobil kamu untuk menanganinya. Tambahlah oli untuk mesin mobil, dengan begitu overheat bisa diatasi. 

5. Panggil Bantuan Jika Tidak Memungkinkan Melanjutkan Perjalanan

cara mengatasi mobil overheat

Minta bantuan jika tidak memungkinkan

Jika dirasa kerusakan pada mesin mobil terlalu parah, sebaiknya memanggil bantuan untuk memperbaiki mobil kamu. Jangan memaksa untuk mengendarainya, jika sudah tahu mobil tersebut mengalami kerusakan parah di bagian-bagian komponen mesin. Sebab, ini justru bisa berakibat buruk untuk mesin mobil. 

Nah, itulah langkah awal cara mengatasi mobil overheat. Sebaiknya kamu selalu melakukan pengecekan secara berkala pada kondisi mesin mobil agar perjalanan kamu tidak terkendala. Serta selalu berhati-hati dan lakukan cara mengatasi mobil overheat di atas ketika terjadi overheat pada mobilmu.

Tinggalkan komentar Bro