4 Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet

Oleh : Writer Bro-In


Rantai menjadi salah satu komponen penting dalam motor yang harus selalu diperhatikan. Mengingat, keberadaannya bisa mempengaruhi kualitas kita selama berkendara di jalan. Dikarenakan perannya yang vital, perawatannya juga harus diperhatikan dengan baik agar rantai bisa awet. Lalu, bagaimanakah cara merawat rantai motor yang benar?

Cara Merawat Rantai Motor

1. Bersihkan Rantai Secara Rutin

cara merawat rantai motor

Selalu rutin membersihkan bagian rantai

Selain ban, rantai menjadi salah satu area yang paling mudah kotor dalam motor. Ini dikarenakan motor seringkali terkena pasir, debu, air, hingga lumpur pekat sekalipun. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memberikan perhatian yang lebih intens pada bagian motor yang satu ini.

Berperan sebagai pemilik dari motor, Anda harus rutin membersihkan bagian rantai yang kotor. Tujuannya guna menghindari adanya potensi rantai berkarat dan beberapa masalah lain pada rantai. Pada tahap ini, Anda bisa menggunakan berbagai macam produk pembersih untuk membantu mengembalikan kinerja dari motor agar lebih optimal.

2. Gunakan Pelumas Khusus

Tidak bisa dipungkiri, seringkali orang lebih memilih untuk menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motornya. Jelas, hal ini adalah salah satu cara yang salah dalam hal perawatan rantai. Pasalnya, pengolesan oli bekas pada rantai motor akan menimbulkan kerusakan yang nantinya berakhir dengan rantai motor tidak awet. 

Hal tersebut bisa terjadi lantaran sebenarnya cairan oli bekas sudah terkontaminasi oleh kotoran yang ada di mesin sebelumnya. Alih-alih membuat rantai motor menjadi bersih dan terawat. Hal tersebut justru akan merusak rantai. 

Penggunaan oli bekas malah akan membuatnya menjadi kotor dan cepat rusak. Karenanya, pastikan agar Anda hanya menggunakan pelumas yang memang dikhususkan penggunaannya untuk rantai motor. Oli tersebut bisa ditemukan di toko-toko otomotif ataupun bengkel.

3. Periksa Kondisi Rantai dan Lakukan Penyetelan Secara Berkala

cara merawat rantai motor

Selalu pastikan mengecek kondisi rantai motor secara berkala

Sesaat sebelum menggunakan motor untuk berkendara, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan terhadap kondisi rantai motor. Lihatlah apakah rantai motor masih kencang atau sudah kendur. Apabila kendur, maka cobalah untuk melakukan penyetelan ulang. 

Dan jika pun prosedur penyetelan rantai tidak bisa dilakukan sendiri, maka ada baiknya untuk membawa motor tersebut ke bengkel terdekat. Perlu diketahui, rantai yang kendor atau terlalu kencang bisa menyebabkan pengendara dan dan orang lain disekitarnya dalam kondisi berbahaya. Oleh karena itu, lebih baik jika hal tersebut diantisipasi sejak awal daripada membuat kita mengalami hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

4. Menggunakan Rantai Motor Original

Penggunaan rantai motor yang original atau asli akan lebih disarankan bila dibandingkan dengan spare part KW. Memang bila dilihat dari harganya, rantai motor KW jauh lebih terjangkau. Tapi perlu dipahami, kualitas yang ditawarkan juga tidaklah sebanding dengan yang asli.

Seperti pepatah lama yang terus eksis hingga kini, harga sebanding dengan kualitas. Harga yang murah umumnya akan memberikan kualitas biasa atau bahkan cenderung buruk. Sedangkan barang yang dipatok dengan harga mahal akan memberikan kualitas yang lebih mumpuni. Karenanya, tidak ada salahnya bila Anda merogoh kocek sedikit lebih dalam agar bisa memperoleh produk rantai yang resmi dari brand motor tersebut. 

Selain 4 cara merawat rantai motor diatas, penggunaan sepeda motor dalam berkendara juga ikut mempengaruhi usia rantai dari sebuah motor. Bila pengendara kerap melajukan kendaraannya melewati jalanan berlumpur atau jalan yang rusak, tentu akan membuat rantai motor menjadi lebih cepat rusak.

Tinggalkan komentar Bro