Pahami Berbagai Jenis Helm Motor yang Sesuai Kegunaannya

Oleh : Writer Bro-In


Helm menjadi salah satu komponen terpenting yang harus kita pakai saat sedang berkendara. Jangan pernah menyepelekan untuk menggunakan helm motor, meskipun melakukan perjalanan jarak dekat. Pasalnya, helm inilah yang akan melindungi kepala kita dari benturan. Tahukah kamu, dibalik fungsi helm, ada banyak jenis helm motor yang sesuai kegunaannya?

Kenali 5 Jenis Helm Motor Sesuai Kegunaannya Berikut

1. Helm Full Face

jenis helm motor

Jenis helm fullface yang memberi perlindungan penuh pada kepala dan wajah

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan helm full face yang sering digunakan oleh pembalap motor saat sedang bertanding. Helm full face ini sendiri dibuat untuk melindungi seluruh area kepala mulai dari bagian belakang, depan wajah hingga dagu. Akan tetapi, kekurangan helm jenis ini adalah sudut pandang pengendara menjadi tak terlalu bebas.

Tidak hanya diperuntukkan oleh pembalap saja, kamu juga bisa menggunakan helm ini. Sebab, helm ini standar dan cocok untuk digunakan ketika berkendara dengan jarak dan jauh. Helm ini bisa memberikan perlindungan yang maksimal, membuat kepala kita terlindungi dari hujan, angin, serangga, panas, bahkan hingga kerikil dan debu yang beterbangan di jalan.

2. Helm Open Face

Berbeda dengan jenis helm pertama yang lebih menutup seluruh permukaan wajah, helm open face ini justru membiarkan bagian wajah terbuka tanpa perlindungan. Jenis helm open face ini sendiri sering digunakan oleh para pengguna motor klasik. Sebab, bentuknya yang klasik dan juga sederhana.

Meskipun terlihat klasik dan sangat sederhana, sebenarnya helm jenis ini tidak terlalu sesuai jika digunakan untuk berkendara jarak jauh. Sebab, selain bagian wajah yang benar-benar dibiarkan begitu saja tanpa perlindungan, motor klasik juga tidak cocok untuk medan yang sulit. Perlindungan untuk kepala dan wajah menjadi kurang maksimal dengan helm ini. 

3. Helm Off Road

jenis helm motor

Jenis helm offroad untuk medan yang sulit

Jenis helm yang ketiga adalah off road. Helm jenis ini sering digunakan untuk para pembalap motor cross atau trail yang biasa mengendarai motor di medan yang terjal dan sulit. Tingginya resiko yang ditanggung oleh seorang pembalap ketika sedang berlaga di arena, membuat helm ini memang cocok untuk dipakai.

Helm ini sendiri memberikan proteksi lebih dari hanya sekadar melindungi kepada dari angin dan debu. Bagian dagu pada helm yang dibuat menonjol dan kacamata yang digunakan secara khusus dimaksudkan untuk melindungi pengendara dari kemungkinan cedera. Tentunya akibat kecelakaan yang memang sangat besar risikonya dalam kegiatan balap dengan motor cross.

4. Helm Dual Sport

Selanjutnya adalah helm dual sport yang merupakan gabungan dari helm full face dan off road. Melihat dari bentuk penggabungan ini, dual sport sendiri cocok digunakan untuk berkendara dengan jarak yang sangat jauh maupun di medan yang sulit. Sebab ia mampu melindungi bagian kepala dan wajah dari berbagai halangan seperti angin, hujan, debu bahkan diharapkan mampu mengurangi risiko cedera jika terjadi kecelakaan.

Selain itu, jenis helm model ini juga memberikan proteksi penuh pada bagian kepala. Helm jenis ini cocok sekali untuk kamu yang suka melakukan perjalanan traveling. Apalagi dengan medan yang cukup menantang dan terjal. 

5. Helm Half Face

jenis helm motor

Merupakan modifikasi dari helm open face

Jenis helm yang terakhir adalah half face yang merupakan modifikasi dari helm open face yang ditambahkan kaca pelindung di bagian depan untuk melindungi wajah. Helm ini merupakan jenis helm yang sering dipakai oleh masyarakat kebanyakan. Dengan adanya kaca pada bagian wajah, maka akan melindungi wajah dari debu maupun serangga mengganggu.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh helm jenis ini adalah adanya kaca yang bisa dibuka dan ditutup, sehingga pengendara tidak akan merasakan engap. Selain itu, bagian bawah helm yang sedikit terbuka mampu memberikan sirkulasi udara yang baik bagi pengendaranya. Tentu hal ini membuat helm ini lebih memberikan kenyamanan pada penggunanya. 

Itulah lima jenis helm berdasarkan kegunaannya yang harus kamu tahu. Diharapkan dengan mengetahui berbagai jenis helm motor ini, kamu bisa memilih helm berdasarkan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat! 

 

Tinggalkan komentar Bro