Ketahui Jenis Motor Custom yang Populer di Indonesia

Oleh : Writer Bro-In


Motor Custom saat ini memang sedang menjamur dan menjadi trend di kalangan pecinta motor. Tidak hanya menjadi trend bagi para bikers tulen yang sudah bergelut lama dengan dunia motor, nyatanya custom ini juga sudah menjadi gaya hidup dan menjangkiri bikers pemula. Apa saja jenis motor custom di Indonesia?

Cari Tahu 5 Jenis Motor Custom di Indonesia

1. Cafe Racer

jenis motor custom

Modifikasi motor cafe racer

Jenis motor custom yang pertama adalah cafe racer yang paling dikenali dalam dunia permotoran. Style jenis ini sendiri mengadopsi gaya dari motor balap jaman dulu yang unik. Ciri khas yang paling menonjol dari style jenis ini adalah menggunakan stang tipe jepit nunduk, jok rata – single seater, tangki bahan bakar ramping memanjang.

Cafe racer sendiri sebenarnya dioptimalkan dalam segi kecepatan, dan kesederhanaannya dalam berkendara. Dengan menggunakan gaya berkendara yang sangat nunduk tentunya akan kurang nyaman dipakai untuk berkendara jarak jauh atau touring. Jadi kurang cocok bagi para pengendara jarak jauh. 

2. Brat Cafe

Jenis motor custom berikutnya yang mudah sekali ditemui di antara para bikers di Indonesia adalah braft cafe yang tampilannya memang hampir mirip dengan aliran Cafe Racer. Hanya saja, terdapat perbedaan di antara keduanya seperti perbedaan di bagian jok belakang. Seperti hilangnya hornet dan diganti menggunakan jok datar memanjang seperti papan skateboard.

Jenis motor custom yang satu ini, cukup elegan dan cocok untuk kamu yang baru mencoba dunia permotoran. Pasalnya, bagian jok yang didesain seperti skateboard membuatmu tidak terlalu lelah duduk menunduk seperti pada model cafe racer. Sehingga lebih nyaman dipakai.

3. Bobber

jenis motor custom

Jenis modifikasi Bobber yang sangat minimalis

Jenis style motor custom selanjutnya adalah aliran bobber yang muncul sekitar tahun 1920 an di Amerika. Munculnya aliran ini sendiri pada awalnya hanya untuk moge Harley Davidson saja yang dimodifikasi dengan style Bobber. Namun sekarang ini sudah umum digunakan untuk berbagai merk & tipe motor.

Ciri khas yang paling menonjol dalam aliran ini sendiri adalah melepas fender depan, memperpendek bagian belakang (wheelbase), stang rendah, ban donat untuk depan-belakang dan melepas semua kelebihan aksesoris. Sehingga motor terlihat lebih minimalis. Motor ini sangat cocok bagi siapa saja termasuk orang dengan tubuh tidak terlalu tinggi.

4. Bratstyle

Jenis style motor custom selanjutnya berasal dari bengkel modifikasi di Tokyo Jepang Penemunya bernama Go Takamine. Jika dilihat lebih seksama lagi, aliran ini hampir mirip dengan bobber dimana kesederhanaan adalah filosofinya.

Akan tetapi, pada jenis bobber ini lebih menggunakan ban gendut motif klasik di depan belakang, stang semi hanger, dan tangki chopper. Serta memakai rangka yang sudah tidak rigid alias menggunakan suspensi dan jok yang lebih panjang. Jenis motor ini bisa buat boncengan.

5. Scramble

jenis motor custom

Motor modifikasi yang cocok bagi pecinta tantangan dan medan berat

Jenis style motor custom selanjutnya sangat cocok untuk kamu yang suka riding dan melakukan perjalanan menantang di alam bebas, berpetualang ke tempat yang kondisi jalannya jelek dan melakukan offroad. Jenis scrambler ini bisa jadi salah satu aliran custom motor yang patut untuk kamu pertimbangkan. Sebab sangat cocok untuk medan berat.

Penggunaan bentuk ban dengan motif kotak (tahu), knalpot di samping body, serta ground clearance yang tinggi. Tujuannya untuk memudahkan manuver di segala medan sesuai jiwa motor petualang. Sehingga dengan menggunakan motor ini kamu masih bisa eksis dan berpetualang bebas di alam tanpa batas.

Itulah lima jenis motor custom yang bisa ditemui di Indonesia. Untuk itu, bagi kamu para bikers pemula, tidak ada salahnya mencoba salah satu jenis style motor custom di atas dan rasakan bagaimana sensasinya bermotor dengan tampilan stylish yang kekinian.

 

Tinggalkan komentar Bro