Ketahui Aspek Penting dalam Pemilihan Ban Mobil

Oleh : Writer Bro-In


Ban mobil merupakan salah satu elemen yang penting bagi sebuah mobil. Jika kamu salah memilih, maka bisa memberikan performa yang buruk bagi ban mobilmu. Untuk itu, kamu harus tau aspek penting apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih ban mobil. Tujuannya agar fungsi ban tersebut bisa menunjang penggunaan mobil dengan baik.

Terapkan 5 Aspek Penting Memilih Ban Mobil 

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

memilih ban mobil

Selalu pilih ban mobil yang sesuai dengan kebutuhan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli ban mobil adalah pilihlah sesuai kebutuhanmu. Jika kamu suka travelling yang melewati medan berlumpur dan bebatuan, maka pilihlah tipe ban yang cocok untuk offroad. Salah satunya adalah M/T atau Mud Terrain yang terkenal kuat dan kokoh.

Akan tetapi, kamu jangan memilih ban mobil dengan tipe ini jika digunakan pada pada jalanan kota karena akan licin dan daya cengkramnya lemah. Untuk itu, sebelum membeli ban mobil kamu harus benar-benar mengetahui apa saja yang akan kamu gunakan dengan mobilmu. Akankah travelling, atau sekadar digunakan di jalanan kota.

2. Perhatikan Pola Desain Alur

Aspek penting selanjutnya yang harus kamu perhatikan dalam pemilihan ban mobil adalah perhatikan pola desain alurnya. Pasalnya, pola desain alur ini sangat penting karena dapat memperbesar gesekan ban dengan jalan. Apabila gesekan yang dihasilkan kecil, maka resiko terpeleset atau tergelincir di jalan akan semakin besar.

Jika kamu tinggal di daerah bercurah hujan tinggi, maka ban mobil dengan pola desain V bisa menjadi pilihanmu. Sementara itu, jika kamu lebih sering berkendara di jalanan yang terlalu panas, maka pastikan kamu menghindari ban dengan guratan yang banyak. Untuk itu, perhatikan pola desain alur ban mobil sebelum membelinya.

3. Cek Ukuran Ban

memilih ban mobil

Pilihlah ukuran mobil yang sesuai

Aspek selanjutnya yang tak kalah penting harus kamu perhatikan sebelum membeli ban mobil adalah cek ukuran ban terlebih dahulu. Pasalnya, ada beberapa jenis tipe ban mobil yang mempunyai ukuran berbeda-beda. Hal ini akan disesuaikan dengan kebutuhan yang dipergunakannya pun berbeda.

Untuk memastikan berapa ukuran ban mobil, pastikan kamu memperhatikan terlebih dahulu kode yang telah diukur pada permukaan samping ban mobil. Biasanya terdapat kode bertuliskan 205/ 55 R16 91 V. Kode ini mempunyai arti tersendiri. Jika kamu tidak begitu paham, tidak ada salahnya jika bertanya kepada penjual ban mobil.

4. Perhatikan Ketebalan Pada Ban Mobil

Ketebalan ban sangatlah penting, untuk itu pastikan kamu memilih ban yang tebal jika suka travelling. Jangan sampai kamu memilih ban mobil yang terlalu tipis jika suka berkendara pada jalanan yang tidak rata. Pasalnya, hal demikian bisa merusak velg mobil. Selain itu juga akan berbahaya saat kamu berkendara. 

5. Amati Tahun Pembuatan

memilih ban mobil

Pilih tahun pembuatan ban mobil yang baru

Aspek terpenting selanjutnya yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja adalah amati tahun pembuatan ban mobil. Biasanya, di dalam ban tertulis kode empat digit angka seperti 1612. Maka hal itu berarti angka 16 menunjukkan waktu pembuatan ban mobil adalah di minggu kelima. Sedangkan 12 menunjukkan tahun diproduksinya ban mobil tersebut.

Untuk itu, pastikan kamu memilih ban mobil yang masih baru pembuatannya. Semakin baru, maka kualitas ban juga masih akan bagus. Tentunya ini akan sangat membantu saat berkendara. 

Itulah lima aspek penting yang harus kamu perhatikan dalam pemilihan ban mobil. Jangan sampai salah pilih, pasalnya ban merupakan aspek terpenting dalam berkendara mobil. Jika ban yang kamu pilih berkualitas, maka berkendara pun akan nyaman dan aman.

Tinggalkan komentar Bro